Model Flipped Classroom dan Media Quizizz dalam Penguatan Pendidikan Karakter Mahasiswa
Abstract
Di era digital saat ini peran model dan media pembelajaran sangat penting dipergunakan dalam dunia pendidikan guna menumbuhkan penguatan pendidikan karakter bagi mahasiswa. Metode yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif. Pengambilan sampel analisis data kualitatif menekankan pada makna yang akan diperoleh sehingga menjadi suatu kesimpulan. Metode deskriptif digunakan untuk menggambarkan secara dekat pendidikan karakter mahasiswa melalui model flipped classroom dan media quizizz. Hasil dari penelitian ini adalah pembelajaran Penelitian Pendidikan dengan menggunakan model pembelajaran flipped classroom dan media quizizz sangat efektif dipergunakan, karena dapat membantu motivasi mahasiswa untuk memahami materi yang sedang dipelajari dan dapat menjadi penguatan dalam pendidikan karakter mahasiswa pada masa era digital saat ini.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Asrizal, dkk. (2018). Penerapan Model Pembelajaran Penemuan Mengintegrasikan Laboratorium Virtual dan Hots untuk Meningkatkan Hasil Pembelajaran Siswa SMA Kelas XI. Prosiding Seminar Nasional Hibah Program Penugasan Dosen Ke Sekolah (PDS), 49–57.
Gunawan, I. (2012). Pendidikan karakter. Alfabeta.
Hasanudin, Cahyo, dan A. F. (2019). Analisis Gaya Belajar Mahasiswa pada Pembelajaran Flipped Calssroom. Pendidikan Edutama, 6(1), 31–36.
Maolidah, Irna Septiani, dkk. (2017). Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Flipped Classroom pada Peningkatan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa. EDUTCEHNOLOGIA, 3(2), 160–170.
Ningsih, T. (2015). Implementasi Pendidikan karakter (Abdul Wachid B.S. dan Arif Hidayat (ed.); 1st ed.). STAIN Press, Purwokerto.
Sari, Suci Perwita, dkk. (2021). Pengembangan Pembelajaran Blended Learning Berbasis Model Flipped Learning untuk Meningkatkan 6C For HOTS Mahasiswa PGSD UMSU. BASICEDU, 5(5), 3461–3471. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i5.1334
Sundari, H. (2015). Model-model Pembelajaran dan Pemerolehan Bahasa Kedua/Asing. Jurnal Pujangga, 1(2), 106–117.
Susanti, dan H. P. (2019). Flipped Classroom Sebagai Strategi Pembelajaran Pada Era Digital. Health&Medical Journal, 1(2), 54–58.
Zhafira, Nabila Hilmy, D. (2020). Persepsi Mahasiswa Terhadap Perkuliahan Daring Sebagai Sarana Pembelajaran Selama Masa Karantina Covid-19. Jurnal Bisnis Dan Kajian Strategi Manajemen, 4(1), 37–45.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v7i2.3594
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
e-ISSN: 2477-846X
p-ISSN: 2477-5932
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0342
Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769
Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JP-BSI Indexed by:
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.