Penerapan Google Meet sebagai Media Pembelajaran pada Masa Pandemi di Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Politik
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui persepsi mahasiswa dalam penerapan google meet sebagai media pembelajaran pada Mata Kuliah Korespondensi Bahasa Indonesia dan mata kuliah lainnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini, yaitu metode diskriptif kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini adalah mahasiswa Program Diploma III Fakultas Ilmu Sosial dan Politik Universitas Tanjungpura. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara tertutup dan terbuka melalui google form. Hasil penelitian bahwa penggunaan google meet lebih efiktif dari pada aplikasi lainnya karena dosen dan mahasiswa dapat saling berintraksi dan berdiskusi tentang materi atau topik permasahan terkait surat–menyurat dengan adanya power point yang dibagikan dengan layar mereka merasa sangat terbantu. Penggunaannya juga lebih mudah, dari segi tampilan menarik. Meskipun, dikatakan efektif tetapi masih ada kendala dalam penggunaan google meet, yaitu permasalahan jaringan internet meski demikian mahasiswa tetap setuju diterapkannya google meet sebagai media pembelajaran dan dapat didukung dengan media lain, yaitu Google Classroom dan WhatsApp serta lainnya.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisyah, S., & Sari, D. (2021). Efektivitas Penggunaan Platform Google Meet Terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Mathedu (Mathematic Education Journal), 4(1), 45 - 49. https://doi.org/https://doi.org/10.37081/mathedu.v4i1.2313.
Adawiyah, Robiatul, Siti Maghfirotun Amin, Muslimin Ibrahim, & Sri Hartatik. (2021). Ketuntasan peningkatan. Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran Tematik Melalui E-LKPD dengan Bantuan Aplikasi Google Meet JURNAL BASICEDU Volume 5 Nomor 5 Tahun 2021 Halaman 3393 - 3398 Research & Learning inElementaryEducationhttps://jbasic.org/index.php/basicedu
Darmuki, A. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbicara Mahasiswa Menggunakan Media Aplikasi Google Meet Berbasis Unggah Tugas Video Di Youtube Pada Masa Pandemi Covid-19 . Jurnal Educatio FKIP UNMA,6(2),655-661. https://doi.org/10.31949/educatio.v6i2.687
Maulia & Hadi Purnama. (2021). Efektifitas Google Meet sebagai media pembelajaran daring selama pandemi Covid-19 Pada mahasiswa Digita PR TELKOM UNIVERSITYe-Proceeding of Management: Vol.8, No.2 April 2021. Page 2069
Muniroh, S. H., Rojanah, S., Raharjo, S., & Tangerang, U. M. (2020). Media Google Meet Ditinjau Dari Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19, 2, 410–419.
Nalurita, Sari (2021) Pemanfaatan Google Meet pada mata kuliah teknik poyeksi bisnis semester gasal tahun pelajaran 2020/2021 di UNSURYA. Jurnal Ilmiah Manajemen Surya Pasca Scientia.Volume 10.Nomor 1. Januari 2021
Pernantah, P., Nova, N., & Ramadhani, A. (2021). Penggunaan Aplikasi Google Meet dalam Menunjang Keefektifan Belajar Daring Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 3 Pekanbaru. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 21(1), 45-50. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/pedagogi.v21i1.991
Rozi, F Achmad, Inqidloatul Amaniyah, Ika Rahmawati, & Siti Lailiyah. (2021) MODELING: Jurnal Program Studi PGMI 8, no. 1 (March 28, 2021): 28-42. Accessed June 2, 2022. http://jurnal.stitnualhikmah.ac.id/index.php/modeling/article/view/717
Sawitri, D. (2020). Penggunaan Google Meet Untuk Work from Home Di Era Pandemi Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Prioritas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(01), 13-21.
Septantiningtyas, N., Juhji, J., Sutarman, A., Rahman, Abd., Saadah, N., & Nawisa, N. (2021). Implementation of Google Meet Application in the Learning of Basic Science in the COVID-19 Pandemic Period of Student Learning Interest. Journal of Physics : 2nd Bukittinggi International Conference on Education (BICED). doi:10.1088/1742-6596/1779/1/012068
Walidin, dkk. (2015). Metode Penelitian Kualitatif dan Grounded Theory. PTK Ar-Raniry Press: Banda Aceh.
Wiratama, Novita Angga. (2020). Penerapan Google Meet dalam perkuliah daring mahasiswa PGSD Pada mata kuliah konsep dasar PKN SD saat Pandemi covid 19. JTEE, Volume 4 no 2,14 Des 2020.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v7i1.3090
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
e-ISSN: 2477-846X
p-ISSN: 2477-5932
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0342
Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6285747889416
Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JP-BSI Indexed by:
JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.