Sekolah Literasi: Mengembangkan Pembelajaran Berorientasi Kemahiran Berbahasa

Heru Kurniawan, Supriyono Supriyono

Abstract


Pengembangan Sekolah Literasi (SL) yang mampu menyelenggarakan kegiatan pembelajaran yang berorientasi pada kemahiran berbahasa membaca dan menulis bertumpu pada empat pondasi penting. Pertama, Sekolah Literasi memberikan akses ilmu pengetahuan dengan baik melalui kegiatan yang disebut dengan membaca. Sekolah Literasi memiliki peranan penting dalam meningkatkan budaya membaca peserta didik. Kedua, Sekolah Literasi harus bisa mengembangkan ilmu pengetahuan untuk berfikir di dalam menyelesaikan peersoalan persoalan, baik itu persoalan yang ada di dalam pelajaran pada dirinya sendiri, di sekolah, maupun di luar sekolah. Ini artinya, pembelajaran dalam konteks literasi harus bisa mengembangkan kemampuan berfikir siswa. Ketiga, Sekolah Literasi bisa menyelenggarakan pembelajara yang mampu menciptakan peserta didik yang trampil di dalam kegiatan menulis dan apabila peserta didik sudah memiliki budaya membaca yang bagus, peserta didik sudah mampu mengembangkan kemampuan berpikir yang bagus dan siswa sudah terampil di dalam menulis. Keempat, Sekolah Literasi memapu mengembangkan karakter baik. Melalui literasi peserta didik akan bisa mengembangkan karakter baiknya, akhlaknya yang baik. Kata Kunci: Sekolah Literasi, Pembelajaran, dan Pembelajaran, dan Kemahiran Berbahasa.


Keywords


sekolah literasi, berbahasa, literasi

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus. (2017). “Developing Literacy Learning Model Based On Multi Literacy, Integrated, and Differentiated Concept At Primary School” dalam Publikasi Artikel Jurnal.

Arifin, Zaidin. (2019). “Optimism In Literature Learning In Schools In The Industry 4.0” dalam Publikasi Artikel Jurnal.

B. R. Hergenhahn Matthew H. Olson. (2016). Theories Of Learning. Jakarta: Prenada.

Djojosuroto, Kinayati. (2015). Fisafat Bahasa. Yogyakarta: Pustaka Book.

Frey, Nancy and Douglas Fisher. (2018). Literacy 2.0: Reading and Writing in 21st Century Classrooms. New York: NY Press

Hamidah, dkk. (2017). Filsafat Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Nila Pustaka.

Hidayat, Ahmad Asep. (2017). Filsafat Bahasa. Bandung: Rosda Karya.

Miles, Matthew B. & A. Michael Huberman. (2017. Analisis Data Kualitatif. Jakarta: Universitas Indonesia Press.

Moleong, Lexy. (2019). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.

Muhadjir, Noeng. (2018). Metodogi Penelitian. Yogyakarta: Rakesarasin.

Nurgiyantoro, Burhan, dkk. (2019). “Mapping Junior High School Students’ Functional Literacy Competence” dalam Publikasi Artikel Jurnal.

Nasution. (2015). Metode Research: Penelitian Ilmiah. Bandung: Bumi Aksara.

Pusat Penelitian Kebijakan Pendidikan dan Kebudayaan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2019). Indeks Aktivitas Literasi Membaca 34 Provinsi. Jakarta: Kemdikbud.

Samani, Muchlas. (2016). Menggagas Pendidikan Bermakna. Yogyakarta: Arruz Media.

Setiawan, Rosie. (2019). Membaca Nyaring. Bandung: Mizan.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suwandi, Sarwiji. (2020). Pendidikan Literasi. Bandung: Rosda Karya.

Suwandi, Sarwiji. (2021). Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Industri 4.0. Bandung: Rosda Karya.

Trelease, Jim. (2020). Read Aloud. Bandung: Noura Books.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v6i2.2881

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.