Novel Lost In The USA Karya Fathi Bawazier sebagai Media Pendidikan Karakter di SMA

Chika Octavionita Permata Sion Putri, Zainal Arifin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan nilai pendidikan karakter dalam novel Lost In The USA karya Fathi Bawazier dan novel Lost In The USA karya Fathi Bawazier sebagai media pendidikan karakter pada pembelajaran sastra di SMA. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Data dalam penelitian ini berupa kalimat atau paragraf khususnya yang memuat nilai-nilai pendidikan karakter. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu teknik pustaka, simak, dan catat. Keabsahan data digunakan teknik triangulasi teori dan triangulasi sumber data. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik dialektik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 16 nilai pendidikan karakter meliputi 1) pendidikan karakter religius, 2) jujur, 3) disiplin, 4) mandiri, 5) kreatif, 6) kerja keras, 7) tanggung jawab, 8) rasa ingin tahu, 9) gemar membaca, 10) menghargai prestasi, 11) bersahabat atau komunikatif, 12) peduli lingkungan, 13) peduli sosial, 14) cinta damai, 15) toleransi, dan 16) demokratis. Novel ini memiliki kriteria yang sesuai dengan bahan ajar sastra yang baik yaitu dari segitu bahasa, kematangan jiwa, dan latar belakang budaya. Dengan terdapatnya nilai pendidikan karakter pada Novel Lost In The USA karya Fathi Bawazier, maka dapat menjadi media pendidikan karakter pada pembelajaran sastra untuk para peserta didik di SMA.


Keywords


nilai pendidikan karakter; novel; pembelajaran sastra

Full Text:

PDF

References


Achsani, F. (2018). Cerita Anak Sebagai Media Pembentukan Karakter Anak. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 1(2), 53-64. https://doi.org/10.30872/diglosia.v1i2.9

Albertus, D. (2015). Pendidikan Karakter Utuh dan Menyeluruh. Yogyakarta: Kanisius.

Barizi, A., & Riko. (2021). Nilai Pendidikan Karakter dalam Novel Sabtu Bersama Bapak Karya Adhitya Mulya. Disastra: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 3(1), 21-34. http://dx.doi.org/10.29300/disastra.v3i1.3130

Bawazier, F. (2016). Lost In The USA. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama

Dewi, R. L., Rohmadi, M., & Suhita, R. (2020). Analisis Strukturalisme Genetik Dan Nilai Karakter Novel Maryam Karya Okky Madasari Sebagai Bahan Ajar Sastra Di Sekolah Menengah Atas. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 8(1), 173-179. https://doi.org/10.20961/basastra.v8i1.41992

Faradela, N. M., Suharto, V. T., & Huda, M. B. (2019). Pendidikan Karakter Dalam Novel "Bumi Cinta" Karya Habiburrahman El Shirazy Dan Implementasinya Untuk Materi Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMKN 2 Madiun Kelas X Semester II. Widyabastra, 7(2), 36-46. Diperoleh dari http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/widyabastra/article/view/5941

Huda, M., Khasanah, W., & Setyaningsih, V, I. (2021). Pemetaan Materi Sastra Dalam Buku Pelajaran Bahasa Indonesia Sekolah Menengah Pertama. KREDO: Jurnal Ilmiah Bahasa dan Sastra, 4(2), 293-310. https://doi.org/10.24176/kredo.v4i2.5900

Kemendikbud. (2016). Silabus Mata Pelajaran SMA/MA/SMK/MAK Mata Pelajaran Bahasa Indonesia. Jakarta: Kemendikbud.

Kemendikbud. (2020). Rencana Strategis Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan 2020-2024. Jakarta: Kemendikbud.

Mustikasari, N., Suryanto, E., & Hastuti, S. (2019). Kajian Sosiologi Sastra Dan Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Pasung Jiwa Karya Okky Mandasari Serta Relevansinya Sebagai Materi Ajar Di Sma. BASASTRA Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 7(1), 68-77. https://doi.org/10.20961/basastra.v7i1.35505

Narwanti, S. (2014). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Famila.

Nurgiantoro, B. (2018). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Nurhuda, T. A., & Herman, J. W. (2017). Kajian Sosiologi Sastra Dan Pendidikan Karakter Dalam Novel Simple Miracles Karya Ayu Utami Serta Relevansinya Pada Pembelajaran Sastra Di SMA. DIDAKTIKA, 18(1), 103-117. http://dx.doi.org/10.22373/jid.v18i1.3090

Nugrahani, F. (2017). Pendidikan Karakter Melalui Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Materi Membaca Novel Sastra. Edudikara, 2(2), 113-124. https://doi.org/10.32585/edudikara.v2i2.40

Pusvita, W. D. (2017). Nilai-Nilai Pendidikan Karakter Pada Novel Ayah Karya Andrea Hirata. LEKSEMA, 2(1), 51-63. doi: 10.22515/ljbs.v2i1.652

Qomariah, U. (2020). Evaluasi Tujuan Pembelajaran Dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP): Implementasi Standar Proses Pada Pembelajaran Sastra. Diglosia: Jurnal Kajian Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 3(3), 277-294. https://doi.org/10.30872/diglosia.v3i3.74

Rahmanto, B. (2004). Metode Pengajaran Sastra. Yogyakarta: Kanisius.

Samani, M., & Hariyanto. (2012). Konsep Dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Rosda Karya.

Sunanda, A., & Zainal, A. (2020) Pengantar Teori Sastra. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Wardana, N. E. (2009). Makna Totalitas Dalam Karya Sastra. Surakarta: UNS Press.

Wardani, Y. F., & Sri, S. (2018). Nilai Pendidikan Karakter Dalam Novel Rindu Karangan Tere Liye: Tinjauan Psikologi Karakter. AKSIS, 2(2): 246:247. https://doi.org/10.21009/AKSIS.020207

Warsiman. (2016). Membumikan Pembelajaran Sastra Yang Humanis. Malang: UB Press.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v7i1.2557

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.