Nilai Pendidikan dalam Syair Kesenian Tundang Mayang Karya Eddy Ibrahim

Nurfitriana Maulidiah, Herman J Waluyo, Slamet Subiyantoro

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan nilai-nilai pendidikan dalam syair kesenian Tundang Mayang karya Eddy Ibrahim. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah syair kesenian Tundang Mayang yang berjudul Pesparawi Bangun Kebersamaan, Pancasila itu Sakti dan Formula Tepat Mendidik Anak Menjadi Cerdas. Sumber data dalam penelitian ini adalah video pementasan Tundang Mayang dalam acara Beleter di TVRI Kalimantan Barat. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data simak-catat dan wawancara. Validitas data menggunakan triangulasi sumber. Teknik analisis data dengan analisis interaktif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa nilai pendidikan yang terdapat dalam syair Tundang Mayang adalah nilai pendidikan moral, nilai pendidikan religi, nilai pendidikan sosial, dan nilai pendidikan budaya.


Keywords


nilai pendidikan; Tundang Mayang; Kalimantan Barat

Full Text:

PDF

References


Aisah, S. (2015). Nilai-nilai Sosial yang Terkandung dalam Cerita Rakyat “Ence Sulaiman” pada Masyarakat Tomia. Humanika, Vol. 3, No.

Anwar, K. (2011). Pembelajaran Sastra Lisan: Upaya Pelestarian Mutiara yang Terlupakan. Seminar Internasional Pemikiran-Pemikiran Inovatif Dalam Kajian Bahasa, Sastra, Seni, Dan Pembelajarannya, 1–14. Bandung: UPI Bandung.

Bagley, W. (1911). Educational Values. Macmillan.

Bertens, K. (2005). Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Burns, S. (2000). Values and Visions: Values Education in a Pluralist Society. In dan S. M. Mal Leicester, Celia Modgil (Ed.), Classroom Issues: Practice, Pedagogy, and Curriculum. Routledge Falmer.

Elneri, N., Thahar, H. E., & Abdurahman. (2018). Nilai-nilai Pendidikan dalam Novel Mamak Karya Nelson Alwi. Jurnal Puitika, Volume 14, 1–13.

Gusal, L. . (2015). “Nilai-Nilai Pendidikan dalam Cerita Rakyat Sulawesi Tenggara Karya La Ode Sidu.” Jurnal Humanika.

Haricahyono, C. (1995). Dimensi-Dimensi Pendidikan Moral. Semarang: IKIP Semarang Press.

Kurnianingsih, A., & Abidin, Y. (2018). Pantun dalam Kesenian Tundang Mayang Pada Masyarakat Melayu Pontianak (Kajian Linguistik Fungsional Sistemik). In Prodi Pendidikan Bahasa Indonesia SPs UPI Gedung Pascasarjana (Ed.), Seminar Internasional Riksa Bahasa XII (pp. 55–62). Bandung: UPI Bandung.

Moleong, L. . (2004). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurgiyantoro, B. (2005). Teori Pengkajian Fiksi. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Rahmawati, E., Hanafi, H., & Hanafi, F. (n.d.). Nilai-Nilai Pendidikan yang Terkandung Dalam Ritual Kangkilo pada Masyarakat Muna Desa Warambe. Bastra (Bahasa Dan Sastra), Vol. 4, No.

Raudati, H., & Adisaputera, A. (2018). Nilai-Nilai Edukatif Pantun dalam Tunjuk Ajar Melayu Karya Tenas Effendy (Kajian Sosiologi Sastra). Asas: Jurnal Bahasa, Vol 7, No.

Rosyadi. (1995). Nilai-nilai Budaya dalam Naskah Kaba. Jakarta: Cv Dewi Sri.

Sari, N., Syam, C., & Muzammil, A. R. (2019). Analisis Struktur dan Makna Pantun dalam Kesenian Tundang Mayang dalam Masyarakat Melayu Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, Vol. 8, No.

Sari, P. M., Djau, N. S., & Muniir, A. (2019). Eksistensi Kesenian Tundang Mayang Sanggar Pusaka Desa Sungai Burung Kabupaten Mempawah. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(10), 1–8.

Wicaksana, A. (2014). Pengkajian Prosa Fiksi. Sleman: Garudhawaca.

Wiguna, M. Z., Yuda, R. K., & Uli, I. (n.d.). Analisis Nilai-nilai Pendidikan dalam Pantun Melayu Sambas. Jurnal Pendidikan Bahasa, Vol. 6, No, 114–129.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i2.1966

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.