Kontribusi Pendidikan Karakter terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia pada Era Revolusi Industri 4.0

Ratu Wardarita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi pendidikan karakter terhadap pembelajaran bahasa Indonesia pada era revolusi industri 4.0. Metode yang digunakan dalam penelitan ini adalah metode deskriptif kualitatif melalui kajian teoretis. Berdasarkan  hasil penelitian ini dapat disimpulkan  bahwa pendidikan karakter mempunyai kontribusi yang sangat besar terhadap pembelajaran bahasa Indonesia yang dapat dirinci berdasarkan empat pembelajaran keterampilan berbahasa  yaitu keterampilan menyimak, berbicara, membaca, dan menulis. Adapun nilai-nilai pendidikan karakter yang terkandung di dalam keempat keterampilan tersebut adalah jujur, perhatian, berani, percaya diri, disiplin, kerja keras, rasa ingn tahu, analitis, komitmen, peka, kontrol diri, teliti, beretos kerja tinggi, dinamis, produktif, ulet, gotong royong, toleransi, demokratis, tanggung jawab, bereksplorasi, antusias, aktif, kreatif, kritis, inisiatif, problem solving, produktif, cekatan,  berani mengambil risiko, visioner, perhatian, bersungguh-sungguh, berorientasi pada prestasi, rapi, tegas, luwes, hati-hati, bangga pada diri sendiri/kelompok. Era revolusi industri 4.0  memberikan tantangan dan peluang tersendiri bagi dunia pendidikan. Perubahan perilaku pada generasi milenial sekaligus perubahan-perubahan lain yang terjadi secara cepat, masif, dan berdampak besar juga turut memengaruhi perkembangan pendidikan pada masa depan. Guru sebagai aktor utama dalam dunia pendidikan harus segera berbenah dan selalu berupaya meningkatkan kompetensinya.


Keywords


pendidikan karakter; pembelajaran bahasa Indonesia; era revolusi industri 4.0

Full Text:

PDF

References


Abidin, Yunus (2015). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika, Aditama.

Akhadiah, Sabarti, Maidar G. Arsjad, dan Sakura H. Ridwan (1999). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Kemendiknas. (2010). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemendiknas.Kemendiknas.

Lickona, T. (1992). Educating for Character. New York: Bantam Books.

Moleong, J. (2011). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Nystrand, Martin (ed.). (1982). What Writers Know. London: Academic Press Inc.

Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Perbukuan, Badan Penelitian dan Pengembangan, Kementerian Pendidikan Nasional.

Rabiah, S. (2019). International Conference Computer Science and Engineering, Journal of Physics: Conference Series, IOP Publishing doi:10.1088/1742-6596/1339/1/012069

(https://iopscience.iop.org/article/10.1088/1742-6596/1339/1/012069/pdf)

Rojaki “Pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0” dalam Majalah Suara Guru, Mei—Juni 2019 halaman 35.

Rosyidi, Unifah “Disrupsi di Tubuh PGRI“ dalam Majalah Suara Guru, Mei—Juni 2019 halaman 14.

Samani, Muchlas dan Hariyanto. (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Satinem. (2015) Pendidikan Bahasa Indonesia sebagai Wahana Pembentuk Karakter Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Bulan Bahasa, Unit Penerbitan FKIP Universitas Bengkulu, pp. 320-330. ISBN 978-602-8043-50-2 https://core.ac.uk/download/pdf/35343361.pdf

Trilling, Bernie dan Charles Fadel. (2009). 21st Century Skills, Learning for Life in Our Times. San Fransisco: Josey-Bass A Woley Imprint.

Wardarita, Ratu. (2019). Kemampuan Menulis Karya Ilmiah Pendekatan Pembelajaran Kontekstual dan Penalaran Verbal (Edisi Revisi). Yogyakarta: Elmatera.

White, Ronald V. (1983). Guidelines for Writing Activities. A Magazine for Language Teachers (Singapore: Seameo Regional Language Center.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jp-bsi.v5i1.1656

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

e-ISSN: 2477-846X 

p-ISSN: 2477-5932

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Editor in Chief: [email protected] / Wa: +6281256252769

Coordinator: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JP-BSI Indexed by:

          

Creative Commons License

JP-BSI (Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.