Strengthening of Social Competency through Learning Independence of Islamic Education of Reciprocal Teaching Models with Metacognitive Approach of Primary School Students
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdullah bin Muhammad bin “Abdurrahman bin Ishaq Alu Syaikh. (2009). Tafsir Ibnu Katsir, jilid 1, Cetakan ketujuh, Terjemahan, Bogor: Pustaka Iman Syafi’i.
Armai, A. (2019). Paradigma Pendidikan Agama Islam. Bahan Ajar Perkuliahan S2 PAI IAIN Pontianak.
Calhoun, L. (1995). The Philosophy of Discreditation An Essay On Actuality And Possibility. Journal of Social Philosophy, 26(2). 66-72.
Kemendikbud. (2013). Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Menengah kejuruan/Madrasah Aliyah kejuruan. Jakarta: Kemendikbud.
Kemendikbud. (2017). Model Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Pertama/Madrasah Tsanawiyah (SMP/MTs). Jakarta: Kemendikbud.
Mahendra, B.S. (2013). Hubungan antara kompetensi sosial dengan prestasi Akademik pelajaran sosiologi tahun pertama pada siswa MA Mamba’ul Ulum Desa Awang-Awang Kecamatan Mojosari Kabupaten Mojokerto. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, Retrieved from http://etheses. Uin-Malang.ac.id./1824/
Marheni, A. (1998). Hubungan Antara Temperamen dan Inteligensi dengan Kompetensi Sosial Anak. Tesis (tidak diterbitkan). Yogyakarta: Program Pasca Sarjana UGM.
Muhaimin. (2007). Pengembangan Kurikulm Pendidikan Agama Islam. Jakarta: PT. Raja grafindo.
Muhtadi, A. (2020). Penanaman Nilai-Nilai Agama Islam Dalam Pembentukan Sikap Dan Perilaku Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu Luqman Al-Hakim Yogjakarta. Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan FIP UNY.
Ramadhan, R.M. (2018). Tingkat Metakognitif Siswa Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Masalah. Studi Kasus di SDN Kendangsari I dan II Surabaya). Tesis. Surabaya: Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. (Unpublished).
Reni A. (2009). Studi Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematik Dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Kelompok Siswa Yang Belajar Reciprocal Teaching Dengan Pendekatan Metakognitif Dan Kelompok Siswa Yang Belajar Dengan Pembelajaran Biasa. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Sekolah Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Indonesia. (Unpublished).
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.
Suharsaputra, Uhar. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Tindakan. Bandung: PT Refika Aditama.
Sukino, A. (2013). Ilmu Pendidikan Islam. Pontianak: STAIN Pontianak Press.
Supardan, D. (2011). Mengintif Bahaya Kekerasan Sebagai Acaman Pendidikan Karakter Bangsa: Anatomi Perspektif Ilmu-Ilmu Sosial. In “Pendidikan karakter: nilai inti bagi upaya pembinaan kepribadian bangsa”. Bandung: Widya Aksara Press.
Suryadi, K. (2011). Kompetensi Sosial Masyarakat Majemuk Modal Sosial Untuk Membangun Karakter Bangsa. In “Pendidikan karakter: nilai inti bagi upaya pembinaan kepribadian bangsa”. Bandung: Widya Aksara Press.
Syarif. (2014). Wujud di Balik Teks, Studi Al-Quran dengan Pendekatan Hikmah. Bandung: Nusa Media.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jetl.v5i2.2159
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
JETL (Journal of Education, Teaching, and Learning)
e-ISSN : 2477-8478
p-ISSN : 2477-5924
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788
Publisher Contact: [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JETL Indexed by:
JETL (Journal of Education, Teaching, and Learning) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.