Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa

Patriana Patriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah, memperoleh gambaran kondisi kepercayaan diri siswa, menghasilkan model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa dan mengetahui efektifitas pelaksanaan bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan subjek penelitian berjumlah 8 orang yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok di sekolah masih belum optimal karena masih belum menggunakan pendekatan atau teknik-teknik yang khusus membahas peningkatan kepercayaan diri. Gambaran kepercayaan diri siswa berada pada kategori sedang, oleh sebab itu perlu ditingkatkan. Dalam penelitian ini juga menghasilkan sebuah model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa, yang terdiri dari 6 komponen, yakni rasional, visi dan misi, konsep kunci, isi model, kualifikasi konselor dan tahapan bimbingan kelompok. Selain itu, hasil penelitian ini juga membuktikan bahwa model bimbingan kelompok dengan teknik modeling untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa terbukti efektif untuk meningkatkan kepercayaan diri. Hal ini ditunjukkan denganhasil uji wilcoxon dari perhitungan skala kepercayaan diri pada skor total siswa sebelum diberi perlakuan (pre test) dan setelah diberi perlakuan (post test) diperoleh nilai probabilitas dibawah 0,05 (0,006<0,05). Disarankan kepada guru bimbingan dan konseling untuk selalu meningkatkan kompetensi sebagai praktisi BK, dan model bimbingan kelompok dengan teknik modeling dapat dijadikan salah satu model layanan dalam membantu siswa meningkatkan kepercayaan dirinya.


Keywords


Bimbingan Kelompok; Teknik Modeling; Kepercayaan Diri

Full Text:

PDF

References


Hakim, T. (2005). Mengatasi Rasa tidak Percaya Diri, Jakarta: Puspa Swara.

Asrori, M. (2005). Perkembangan Peserta Didik. Malang: Wineka Media.

Olson, M. H., & Hergenhahn, B.R. (2013). Pengantar Teori-Teori Kepribadian Edisi Kedelapan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan, pendekatan Kuantitatif , kualitatif dan R &D. Bandung: Alfabeta.

Borg, W. R., & Gall, M.D. (2007). Educational Research, an Introduction Fourth Edition. New York: Logman. Inc.

Feist, J., & Feist, G. J. (2008). Theories Of Personality. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Asrori, M. (2013). Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v4i2.939

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.