URGENSI BIMBINGAN KONSELING DALAM PENDIDIKAN NONFORMAL KHUSUSNYA PENDIDIKAN KESETARAAN (EQUIVALENCY EDUCATION)

Galuh Mulyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan pentingnya layanan bimbingan dan konseling juga mengetahui permasalahan yang ada pada jalur pendidikan nonformal khusunya pendidikan kesetaraan. Keadaan di lapangan siswa pendidikan kesetaraan didominasi oleh anak dengan usia 17-20 tahun, beberapa faktor yang membuat siswa berada pada pendidikan kesetaran adalah kemiskinan, D.O (droup out) dan letak geografis. Metode dalam penelitian ini adalah study pustaka (library research). Hasil penelitian ini adalah terdapat permasalahan dalam pendidikan kesetaraan meliputi: 1) masalah pribadi dan sosial dalam pendidikan kesetaraan, 2) permasalahan belajar dalam pendidikan kesetaraan 3) permasalahan karir dalam pendidikan kesetaraan.


Keywords


Bimbingan Konseling; Pendidikan Nonformal; Pendidikan Kesetaraan

Full Text:

PDF

References


Supriadi, B. (2010). Kualitas Pendidikan Luar Sekolah Dalam Bidang Pariwisata. Jurnal PESONA. ISSN 1410.7252.

Asran, M. (2011). Pemetaan Masalah-Masalah Pendidikan Nonformal Di Kalimantan Barat: (Implikasi Terhadap Peningkatan Akses Layanan Pendidikan Bermutu). Jurnal Visi Ilmu Pendidikan, 5(2).

Raharjo, T. J., & Suminar, T. (2016). Penerapan Pedagogi dan Andragogi pada Pembelajaran Pendidikan Kesetaraan Kelompok Belajar Paket A, B, dan C Di Kota Semarang. Edukasi, 1(1).

Harahap, N. (2014). Penelitian Kepustakaan. Jurnal Iqra, 8(1).

Gibson, R. L., & Mitchell, H. M. (2011). Bimbingan dan konseling. Yogyakarta: Pustaka pelajar.

Prayitno & Amti, E. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan & Konseling. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Batuadji, K., Atamimi, N., & Sanmustari, R. B. (2009). Hubungan Antara Evektifitas Fungsi Bimbingan Dan Konseling Dengan Persepsi Siswa Terhadap Bimbingan dan Konseling Di Sekolah Menengah Pertama Stella Duce I Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 36(1), 18-34.

Permana, E. J. (2015). Pelaksanaan Layanan Bimbingan dan Konseling Di Madrasah Aliyah Negeri 2 Banjarnegara. Psikopedagogia: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 4(2), 143-151.

Yustiani, G., Abdulhak, I., & Pramudia, J. R. (2015). Peran Tutor Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Mandiri (Studi Pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Geger Sunten Lembang). Jurnal Pendidikan Nonformal dan Informal, 7(2).

Fuadah, N. (2011). Gambaran Kenakalan Siswa Di SMA Muhammadiyah 4 Kendal. Jurnal Psikologi Esa Unggul, 9(01).

Husain, R. (2015, May). Pengembangan Model Pembelajaran Kolaboratif Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Warga Belajar Paket C (Studi Di Skb Kota Gorontalo). In Prosiding Seminar Nasional Jurusan PGSD FIP UNP Tahun 2015 (Vol. 1, No. 1).

Putra, R. A., Kamil, M., & Pramudia, R. J. (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Mandiri Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik (Studi pada Program Pendidikan Kesetaraan Paket C di PKBM Bina Mandiri Cipageran). Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 1(1).

Rimbarizki, R. & Susilo, H. (2017). Penerapan Pembelajaran Daring Kombinasi Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Paket C Vokasi Di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Pioneer Karanganyar. J+ PLUS UNESA, 6(2).

Nofita, N. A. (2013). Hambatan-Hambatan Warga Belajar Dalam Proses Pembelajaran Program Paket C Di Kecamatan Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan. Sepktrum: Jurnal pendidikan Luar Sekolah (PLS), 1(1), 144-160.

Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi Karir Membantu Peserta Didik Dalam Meningkatkan Pemahaman Karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i1.932

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.