PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID PENGENALAN RAGAM PROFESI BERDASARKAN RUMPUN ILMU TERAPAN

Khilda Wulidatin Noor, Dede Rahmat Hidayat, Wirda Hanim

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan aplikasi android pengenalan ragam profesi yang dapat dikenalkan dengan mengelompokkan profesi berdasarkan rumpun ilmu terapan yang ada di Indonesia sesuai dengan Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi Pasal 10 ayat (2) yang berbunyi: “....(a) rumpun ilmu agama; (b) rumpun ilmu humaniora; (c) rumpun ilmu sosial; (d) rumpun ilmu alam; (e) rumpun ilmu formal; dan (f) rumpun ilmu terapan, dengan aplikasi android. Ragam profesi adalah suatu kegiatan yang dilakukan seseorang untuk menafkahi diri dan keluargannya dimana profesi tersebut diatur oleh etika profesi dimana etika profesi tersebut hanya berlaku sesama profesi tersebut. Selain itu pengenalan ragam profesi sejak usia Sekolah Dasar merupakan pilihan strategis dalam mempersiapkan generasi masa depan, ragam profesi sangat dibutuhkan oleh siswa sejak usia Sekolah Dasar, sebagai referensi cita-cita. Mengikuti perkembangan zaman, pengenalan ragam profesi dapat diterapkan dalam teknologi. Metode yang digunakan adalah Research and Development, yang mengembangkan aplikasi android berdasarkan rumpun ilmu terapan.  Hasil yang akan diperoleh dari penelitian ini berupa produk-produk yaitu berupa permainan si-onet ragam profesi, dalam bidang karir. Jenis permainan arcade puzzle berbentuk 3 dimensi yang mempunyai konsep sederhana namun tetap menarik untuk dimainkan. Diharapkan agar siswa dapat mengenal dan memilih gambaran terkait kehidupan yang akan datang.

Keywords


Ragam Profesi; Aplikasi Android; Siswa Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

References


Brown, D., & Associates. (2002). Career Choice and Development Fourth Edition. San Fransisco: Wiley & Sons, Inc.

Organisation for Economic Co-opeartion and Development. (2004). Career Guidance: A Handbook for Policy Makers. Paris: OECD.

Hartung, P. J., Porfeli, E. J., & Vondracek, F. W. (2005). Child Vocational Development: A Review and Reconsideration. Journal of Vocational Behavior, 66(2005), 385-419

Zunker, V. G. (2006). Career Counseling: A Holistic Approach Seventh Edition. USA: Thompson Brooks/Cole.

Adriansyah, S. (2012). Aplikasi Media Pembelajaran Paud Untuk Pengenalan Profesi Berbasis Android. Jurnal Informatika. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

Salahudin, A. (2010). Bimbingan dan Konseling. Bandung: CV Pustaka Setia.

Azhari. (2016). Pengembangan Media Komik Sebagai Sarana Pengenalan Karir Siswa Kelas IV SDN 1 Babatan Surabaya. Jurnal UNESA.

Beck, A. (2016). Using The Board Game “The Last Straw: A Board Game The Social Determinants of Health” as an Engaged Pedagogical Method in The Sociology Classroom. Illinois: Proquest LLC.

Rossiter, John R, Larry Percy. (1998). Advertising Comunication and Promotion Management, Edisi kedua. Singapura: McGraw-Hill.

Super, D. E. (1990). A life-Span, life-Space Approach. Career Choice and Development. In Brown, D. & Brooks, L. San Fransisco: Jossey-Bass Publisher.

Kartadinata, S., & Sugandi, N. (2002). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar. Bandung: CV Maulana.

Adriana, D. (2011). Tumbuh Kembang & Terapi Bermain pada Anak. Jakarta: Salemba Medika.

Undang-undang Republik Indonesia Nomor 12 Tahun 2012 Tentang Pendidikan Tinggi.

Rina, B. (2016). Perancangan Aplikasi Mobile Pengenalan Ragam Profesi Sebagai Referensi Cita-cita Untuk Anak Usia 10-12 Tahun, Seri Kesehatan Profesi Dokter Hewan dan Ahli Gizi. Jurnal Teknik ITS, 5(2).

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Cet. 4. Jakarta: Rajawali Pers.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i1.925

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.