PENGEMBANGAN APLIKASI EVALUASI PROSES LAYANAN DASAR (APPRODA) BERBASIS WEBSITE

Firmansyah Firmansyah, RA Murti Kusuma, Aip Badrudjaman

Abstract


Upaya meningkatkan profesialisme guru, konselor perlu melaksanakan evaluasi untuk memperoleh penyelenggaraan layanan dasar sesuai dengan harapan siswa serta berkualitas. Pelaksanaan evaluasi program bimbingan dan konseling melalui kegiatan layanan dasar dijadikan konselor sebagai pengembangan program bimbingan dan konseling di sekolah. Namun dalam upaya tersebut, pelaksanaan evaluasi belum dilaksanakan dengan baik dengan angka kesuksesannya sebesar 18,75% dan hanya 49,62% yang melaksanakan evaluasi proses. Melihat dari kecilnya angka kesuksesan dan pelaksanaan evaluasi proses, maka perlu diketahui masalah yang dihadapi oleh guru dalam pelaksanaan evaluasi proses layanan dasar. Berdasarkan observasi dan studi kebutuhan yang melibatkan guru BK SMA Negeri 43 Jakarta sebanyak 14 guru diketahui bahwa guru BK belum sepenuhnya melakukan karena keterbatasan waktu, rasio guru BK dengan siswa yang tidak ideal serta kekurang pahaman dalam mengevaluasi proses layanan dasar bimbingan dan konseling. Dengan ditemukannya permasalahan tersebut, perancangan sebuah alat bantu dalam pelaksanaan evaluasi proses layanan dasar dapat membantu menyelesaikan masalah yang dihadapi oleh guru BK. Perancangan alat bantu dalam pelaksanaan evaluasi proses layanan dasar menggunakan aplikasi berbasis website dengan jaringan aktif (online) bernama Aplikasi Evaluasi Proses Layanan Dasar (APPRODA). Berdasarkan hasil validasi ahli media dan materi, APPRODA masuk dalam kategori sangat layak dan layak dengan didapat nilai presentase sebesar 92,94%  dan 71,42% sehingga APPRODA telah memiliki kesesuaian dengan materi dan media yang baik dan dapat diuji coba pada pengguna. Dalam uji coba, APPRODA melibatkan tenaga pendidik (guru BK) dengan hasil presentase sebesar 97,25% sehingga APPRODA dikategorikan sangat membantu dalam evaluasi proses layanan dasar.


Keywords


Perancangan; Evaluasi Proses Layanan Dasar BK; Website

Full Text:

PDF

References


Kesici, S. (2007). Middle School Students' Guidance and Counseling Needs. Kuram ve Uygulamada Egitim Bilimleri, 7(3), 1325.

Gysbers, N. C, & Henderson, P. (2006). Developing and Managing: Your School Guidance and Counseling Program. American counseling Association: Alexandria.

Dimmitt, C. (2009). Why Evaluation Matters: Determining Effective School Counseling Practices. Professional School Counseling, 12(6), 395-399.

Isaacs, M. L. (2003). Data-Driven Decision Making: The Engine of Accountability. Professional School Counseling, 6(4), 228-295.

Rachmalia, N. (2006). Evaluasi Guru Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan, Bimbingan Konseling Universitas Negeri Jakarta.

Yusuf, M. (2011). Tingkat Pelaksanaan evaluasi program Bimbingan dan konseling & Faktor penghambat evaluasi program BK (Survey pada guru Bimbingan konseling di SMAN Wilayah Jakarta Timur. Skripsi. Jurusan Bimbingan Konseling, Fakultasi Ilmu Pendidikan UNJ.

Carey, J., & Dimmitt, C. (2004). The Web and School Counseling. Computers in the Schools, 21(3-4), 69-79.

Furqon & Badrujaman, A. (2014). Model Evaluasi Layanan Dasar Berorientasi Akutabilitas. Jakarta: PT. Indeks.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan Dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah. (2014). Indonesia. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Dimmit, C. (2010). Evaluation in School Counseling: Current Practices and Future Possibilities. Counseling Outcome Research and Evaluation, 1, 44-56.

Abdulloh, R. (2016). Easy & Simple Web Programming, Jakarta : PT Elex Media Komputindo.

Neilsen, J. (2003). Usability 101 : Introduction to Usability. Diakses Januari 2019 dari http://useit.com/alretbox/20030825.html.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v4i2.892

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.