PENGEMBANGAN PROGRAM PENDIDIKAN SEKSUAL DALAM LAYANAN BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN MEMANFAATKAN MEDIA SOSIAL

Brigitta Juliana Heryanti Tumilisar, Susi Fitri, R. A. Murti Kusuma Wirasti

Abstract


Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk menghasilkan modul kurikulum pendidikan seksual yang memanfaatkan media sosial agar dapat digunakan bagi guru BK SMP yang mengalami kekurangan waktu layanan bimbingan klasikal. Pengembangan kurikulum pendidikan seksual ini diadaptasi dari International Technical Guidance on Sexual Education (ITGSE) yang merupakan panduan pendidikan seksual yang dikembangkan oleh UNESCO.  Rancangan penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE dengan langkah-langkah: Analysis, Design, Develop, Implement, dan Evaluate. Penelitian ini menghasilkan tiga buku panduan pendidikan seksual bagi guru SMP dalam melakukan layanan bimbingan klasikal yang kegiatannya menggunakan metode blended learning. Buku panduan ini diujicobakan pada ahli media, ahli materi, dan pengguna buku yaitu guru BK SMP. Hasil uji coba menunjukan bahwa buku panduan ini layak untuk digunakan tanpa ada revisi.


Keywords


Pendidikan Seksual; Media Sosial; ITGSE; Blended Learning

Full Text:

PDF

References


Santrock, J. W. (2014). Adolescence (fifteenth ed.). New York: McGraw-Hill Education.

Salirawati, D., Pertiwi, K. R., & Endarwati, M. L. (2014). Survei Terhadap Pemahaman Pendidikan Seks Dan Sikap/Perilaku Seks Di Kalangan Remaja Di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Penelitian Humaniora, 19(1), 85-95.

Benita, N. R. (2012). Pengaruh Penyuluhan terhadap Tingkat Pengetahuan Kesehatan Reproduksi pada Remaja Siswa SMP Kristen Gergaji. Semarang: Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro.

Sugiyanto, Z., & Suharyo. (2011). Analisis Praktik Pendidikan Kesehatan Reproduksi Remaja oleh Guru Bimbingan dan Konseling pada SMP yang berbasis Agama di Kota Semarang. Jurnal Dian, 11(2), 97-108.

Lala, H. (2015). Evaluasi Program Kesehatan Reproduksi Remaja “DAKU!” (Dunia Remajaku Seru) di SMU. Jurnal Pendidikan Sains, 3(2), 90-97.

Barak, A., & Fisher, W. A. (2001). Toward an internet‐driven, theoretically‐based, innovative approach to sex education. Journal of Sex Research, 38(4), 324-332.

Lou, C., Zhao, Q., Gao, E., & Shah, I. H. (2006). Can the Internet Be Used Effectively to Provide Sex Education to Young People in China? Journal of Adolescent Health, 39(5), 720-728.

Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approach. New York: Springer.

Ridwan. (2004). Belajar mudah penelitian untuk guru-karyawan dan peneliti pemula. Bandung: Alfabeta.

Nations Educational, Scientifc and Cultural Organization (UNESCO). (2009). International technical guidance on sexuality education. France: the United Nations Educational, Scientifc and Cultural Organization (UNESCO).

Gladding, S. T. (2015). Konseling: Profesi yang menyeluruh. Jakarta: Indeks.

Grand-Clement, S. (2017). Digital Learning: Education and Skills in the Digital Age. Rand Corporation (pp. 1-23). Santa Monica: Rand.

Safko, L. (2010). The Social Media Bible: Tactics, Tools & Strategies For Business Success. New Jersy: John Wiley & Sons, Inc.

White, B., King, I., & Tsang, P. (2011). Social Media Tools and Platforms in Learning Environments. Heidelberg: Springer.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v4i2.891

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Indexed By

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Plagiarism Tools

     

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.