IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI TEKNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL (AT) TERHADAP PEMANFAATAN INTERNET PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 METRO

Karwono Karwono, Marliza Muchtar, Hadi Pranoto

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi layanan informasi teknik AT terhadap pemanfaatan internet peserta didik. Target tujuan jangka panjang setelah penelitian ini adalah membuat layanan informasi teknik AT tidak hanya terhadap pemanfaatan internet saja namun bisa perluas dengan permasalahan lain yang dapat diselesaikan dengan teknik AT dan layanan Informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Action Research atau Penelitian Tindakan yang diterapkan dalam Layanan Bimbingan dan Konseling dapat disebut PTL (Penelitian Tindakan Layanan). Subjek Penelitian kelas VIII F SMP Negeri 2 Metro. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan catatan lapangan. Teknik-teknik observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi terus terang. Sedangkan teknik catatan lapangan untuk melihat kegiatan setiap siklusnya dan persentase kegiatan layanan klasikal berlangsung di kelas. Hasil implementasi layanan informasi teknik AT terhadap pemanfaatan internet tiap siklusnya terjadi meningkat dengan baik.


Keywords


Layanan Informasi; Analisisi Transaksional (AT); Pemanfaatan Internet

Full Text:

PDF

References


Corey, M. S., Corey, G., & Corey, C. (2013). Groups: Process and practice. Cengage Learning.

Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.

Kadir, A. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Jakarta: ANDI.

Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 100-111.

Arikunto, S. (2011). Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Aditya Media.

Pranoto, H. (2013). Efforts to Improve Learning Motivation of Student with Content Mastery in SMP Negeri 1 Metro. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 3(1), 31-41.

Tohirin. (2009). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Bebasis Intergrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v4i1.795

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.