IMPLEMENTASI LAYANAN INFORMASI TEKNIK ANALISIS TRANSAKSIONAL (AT) TERHADAP PEMANFAATAN INTERNET PESERTA DIDIK SMP NEGERI 2 METRO
Abstract
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui implementasi layanan informasi teknik AT terhadap pemanfaatan internet peserta didik. Target tujuan jangka panjang setelah penelitian ini adalah membuat layanan informasi teknik AT tidak hanya terhadap pemanfaatan internet saja namun bisa perluas dengan permasalahan lain yang dapat diselesaikan dengan teknik AT dan layanan Informasi. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Action Research atau Penelitian Tindakan yang diterapkan dalam Layanan Bimbingan dan Konseling dapat disebut PTL (Penelitian Tindakan Layanan). Subjek Penelitian kelas VIII F SMP Negeri 2 Metro. Pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dengan cara observasi dan catatan lapangan. Teknik-teknik observasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi terus terang. Sedangkan teknik catatan lapangan untuk melihat kegiatan setiap siklusnya dan persentase kegiatan layanan klasikal berlangsung di kelas. Hasil implementasi layanan informasi teknik AT terhadap pemanfaatan internet tiap siklusnya terjadi meningkat dengan baik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Corey, M. S., Corey, G., & Corey, C. (2013). Groups: Process and practice. Cengage Learning.
Alyusi, S. D. (2016). Media Sosial. Jakarta: Prenada Media Group.
Kadir, A. (2003). Pengenalan Teknologi Informasi. Jakarta: ANDI.
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.
Hidayat, D. R., & Badrujaman, A. (2012). Penelitian Tindakan dalam Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Indeks.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 100-111.
Arikunto, S. (2011). Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Aditya Media.
Pranoto, H. (2013). Efforts to Improve Learning Motivation of Student with Content Mastery in SMP Negeri 1 Metro. GUIDENA: Jurnal Ilmu Pendidikan, Psikologi, Bimbingan dan Konseling, 3(1), 31-41.
Tohirin. (2009). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Bebasis Intergrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v4i1.795
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.