IDENTIFIKASI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT TERHADAP KEMATANGAN KARIR SISWA SMK NEGERI 2 SINGKAWANG
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kematangan karir pada siswa SMK Negeri 2 Singkawang. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian survey. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMK Negeri 2 Singkawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 32 siswa kelas XI jurusan Administrasi 1 SMK Negeri 2 Singkawang yang memiliki tingkat wawasan dan persiapan karir yang lebih rendah. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dengan menggunakan skala psikologis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kematangan karir siswa masuk dalam kriteria tinggi (72,49 %). Saran yang dapat diberikan adalah siswa diharapkan mampu mempertahankan kemampuan dan kemantapan karir yang dimiliki menjadi terbiasa walaupun tanpa penguatan dan konsekuensi yang telah dipelajari selama mendapat layanan bimbingan kelompok dengan self management.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Fuhrmann, B.S. (1990). Adolescence. 2nd ed. Illionis: A Devision of Scott, Foresman and Company.
Gonzalez, M.A. (2008). “Career Maturity: A Priority for Secondary Education”. Electronic Journal of Research in Educational Psychology, 16 (6).
Badan Pusat Statistik Jakarta Pusat. (2009). Pedoman Pendataan Survei Angkatan Kerja Nasional Tahun 2009. Jakarta Pusat : Badan Pusat Statistik.
Prihantoro, S. (2007). “Program Bimbingan untuk Mengembangkan Kemampuan Perencanaan Karir Remaja”. [Online]. http://repository.upi.edu.
Nurbaini, H. (2006). “Kontribusi Layanan Informasi Karir terhadap Penyelesaian Masalah Karir yang Dihadapi Siswa SMK”. [Online]. http://repository.upi.edu.
Santrock, W.J. (2007). Adolescence Perkembangan Remaja Edisi Sebelas Jilid 2. Jakarta: Erlangga.
Hasan, B. (2006). “Career Maturity of Indians Adolescents as A Function of Self Concept, Vocational Aspiration and Gender”. Journal of the Indian Academy of Applied Psychology, 2 (32).
Richard, G. et.al. (2007). “Career Maturity of Student in A Accelerated Versus Traditional Programs”. The Career Development Quarterly,56 (2).
Supriatna, M. (2009). Layanan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah. Bandung: Departemen Pendidikan Nasional Universitas Pendidikan Indonesia.
Shaft, R.S. (1992). Applying Career Development Theory To Counseling. California: Brooks/Cole Publishing Company.
Knowles, M.S. (2003). Self Directing Learning: A guide for learner and teachers. Chicago: Follet Publishing Company.
Gunarsa, D. S. (2004). Konseling dan Psikoterapi. Jakarta: Gunung Mulia.
Cormier, L.J. & Cormier, L.S. (1989). Interviewing For Helpers. 2nd Edition. California: Brooks/Cole Publishing Company.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i1.538
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.