Pemahaman Konsep Kesehatan Jiwa Menurut Hamka dengan Layanan Bimbingan Klasikal pada SMA Daarul Qur’an

Suryanto Suryanto, Nur Hermatasiyah, Desi Setiyadi

Abstract


Penelitian ini adalah hasil sebuah gambaran dua pertemuan bimbingan klasikal pada SMA Daarul Qur’an Kelas XII A IPS, dasar utama dari bimbingan klasikal yang dilakukan ini adalah memberikan pemahaman kepada para santri tentang konsep kesehatan jiwa yang ditulis oleh Hamka. Penelitian ini juga berdasar pada hasil asesmen dengan instrumen BK yaitu Inventori Tugas Perkembangan (ITP) yang menghasilkan butir terendah yang berkaitan dengan bergaul dengan teman sebaya dan landasan hidup religius, maka dari hasil tersebut dibentuk topik untuk dua pertemuan yaitu (1) Bergaul dengan orang Budiman, (2) Tadbir, menimbang kepentingan dan belajar dengan teratur. Riset ini menggunakan metodologi penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang berfokus pada (1) Hasil pengelolaan angket, (2) Hasil aspek dua butir tingkat perkembangan terendah, (3) Deskripsi pemahaman konsep kesehatan jiwa menurut Hamka dengan layanan bimbingan klasikal, (4) dan deskripsi hasil lembar refleksi/evaluasi untuk mengetahui tingkat kepahaman santri. Hasil pertemuan kalsikal menunjukkan bahwa tingkat pemahaman para santri lebih banyak, disbanding yang tidak, terdapat lebih banyak juga para santri yang merasa topik BK ini telah sesuai


Keywords


Kesehatan Jiwa, Hamka, Bimbingan Klasikal

Full Text:

PDF

References


Alhani, A. A. (2023). MODIFIKASI PERILAKU DENGAN POSITIVE REINSFORCEMENT UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL QURAN SANTRI TPQ DARUSSALAM. Ibtidaiyyah: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 2(1), 15–30.

ALINI, A., & MEISYALLA, L. N. (2022). GAMBARAN KESEHATAN MENTAL REMAJA SMPN 2 BANGKINANG KOTA KABUPATEN KAMPAR. Jurnal Ners, 6(1), 80–85.

Asmadin, A., & Silvianetri, S. (2022). Need Asesmen Non Tes Bimbingan Dan Konseling Dalam Layanan Penempatan Dan Penyaluran Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(5), 4654–4660.

Ayuna, R. S. Q., & Herdi, H. (2023). PENGEMBANGAN PROGRAM BK UNTUK MENGATASI PROKRASTINASI AKADEMIK. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 9(2), 79–90.

Azizah, N., & Jannah, M. (2022). Spiritualitas Masyarakat Modern dalam Tasawuf Buya Hamka. Academic Journal of Islamic Principles and Philosophy, 3(1), 85–108.

Bakri, M. (2020). Konsep al-Nafs Dalam Filsafat Islam. Al Asas, 5(2), 29–43.

Dongoran, D., & Boiliu, F. M. (2020). Pergaulan teman sebaya dalam pembentukan konsep diri siswa. Jurnal Educatio FKIP Unma, 6(2), 381–388.

Fadli, M., & Elihami, E. (2022). Konsep Pendidikan Islam Ahsani Taqwin terhadap Pembentukan Kepribadian Manusia. Al-Mirah: Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 86–105.

Febrianto, T., PH, L., & Indrayati, N. (2019). Peningkatan Pengetahuan Kader tentang Deteksi Dini Kesehatan Jiwa melalui Pendidikan Kesehatan Jiwa. Jurnal Penelitian Perawat Profesional, 1(1), 33–40. https://doi.org/10.37287/jppp.v1i1.17

Hamka. (2018). Tasawuf Modern. Republika Penerbit.

Hamka. (2022). Tasawuf Modern (XIV). Republika Penerbit.

Hariansyah, N. (2021). Segmentasi Pasar Dalam Komunikasi Pemasaran Islam. Al-Hikmah, 19(2), 127–138.

Ihsan, N. H., & Alfiansyah, I. M. (2021). Konsep Kebahagiaan dalam buku Tasawuf Modern karya Hamka. Analisis: Jurnal Studi Keislaman, 21(2), 279–298.

Istitha’a, A. (2020). STUDI PENAFSIRAN LAFADZ MUTHMAINNAH DALAM TAFSIR AL-AZHAR. Al Karima: Jurnal Studi Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 3(1), 58–72.

Iswari, M., & others. (n.d.). Pelayanan Bimbingan dan Konseling Guru Kelas Terhadap Siswa di Sekolah Dasar Islam Terpadu. El-Ibtidaiy: Journal of Primary Education, 5(1), 79–89.

Juarman, J., Susanto, H., & Kurnianto, R. (2021). Konsep Pendidikan Akhlak menurut Buya Hamka dan Ibnu Miskawaih serta Relevansinya terhadap Pengembangan Pendidikan Islam. JMP: Jurnal Mahasiswa Pascasarjana, 1(1), 37–74.

Kemendikbud. (2022). Urgensi Penguatan Pemahaman Sekolah dan Kapasitas Guru BK Terkait Penghapusan Jurusan/Peminatan di Jenjang SMA pada Kurikulum Merdeka. PSKP Kemendikbud. https://pskp.kemdikbud.go.id/assets_front/images/produk/1-gtk/kebijakan/Risalah_Kebijakan_PSKP_No__7_September_2022_Urgensi_Penguatan_Pemahaman_Sekolah_dan_Kapasitas_Guru_BK.pdf

Kemenkes. (2023). Menjaga Kesehatan Mental Para Penerus Bangsa. Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. https://sehatnegeriku.kemkes.go.id/baca/rilis-media/20231012/3644025/menjaga-kesehatan-mental-para-penerus-bangsa/

Khairun, D. Y., & Nurmala, M. D. (2020). PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING MAHASISWA FKIP UNTIRTA BERBANTUAN SOFTWARE ANALISIS TUGAS PERKEMBANGAN. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 23. https://doi.org/https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/JPBK/article/view/7915

Kornu, K. (2021). Anatomy of being, metaphysics of death: The case of Avicenna’s logical dissection. Journal of Bioethical Inquiry, 18(4), 655–669.

Lubis, I. (2021). KONSEPSI NAFS MENURUT AL-QUR’AN. HUKUMAH: Jurnal Hukum Islam, 4(2), 44–63.

Malik, A., & Sugiarto, F. (2023). Ilmu Nafs Dan Pemahaman Tentang Manusia Dalam Perspektif Alqur’an. Al Furqan: Jurnal Ilmu Al Quran Dan Tafsir, 6(1), 72–84.

Mutholingah, S., & Qomarudin, A. (2022). Hubungan Psikologi, Tasawuf dan Pendidikan Agama Islam. Journal TA’LIMUNA, 11(2), 170–179.

Nababan, C. W. M. (2023). Cita-cita Indonesia 2045 Terhalang Masalah Kesehatan Mental Remaja. Https://Www.Kompas.Id/. https://www.kompas.id/baca/humaniora/2023/02/01/cita-cita-indonesia-2045-terhalang-masalah-kesehatan-mental-remaja

Nur, M. (2023). INNER BEAUTY WANITA MUSLIMAH Kontruksi Pemikiran Pendidikan Islam Hamka. Didaktika Islamika: Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Muhammadiyah Kendal, 14(1), 61–101.

Nurhadi, N., & Rozi, F. (2020a). Nilai-nilai Pendidikan Jiwa dalam Buku Tasawuf Modern Karya Buya Hamka. Palapa, 8(1), 178–195. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i1.704

Nurhadi, N., & Rozi, F. (2020b). Nilai-nilai Pendidikan Jiwa dalam Buku Tasawuf Modern Karya Buya Hamka. PALAPA, 8(1), 178–195.

Nurina, P., & Hermatasiyah, N. (2022). Kesehatan Mental Remaja Usia SMA Selama Pandemi Covid 19 (Studi Komparatif Pondok Pesantren Dan Sekolah Umum). Jurnal Consulenza: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(2), 171–179.

Osterman, K. F. (2023). Teacher practice and students’ sense of belonging. In Second International Research Handbook on Values Education and Student Wellbeing (pp. 971–993). Springer.

Razak, A. A., Nawi, N. H. M., & others. (2021). Kemiskinan Jiwa: Kajian terhadap Tahap Pengisian Jiwa Semasa Pandemik. International Online Journal of Language, Communication, and Humanities, 121–131.

Retnowuni, A., & others. (2021). Kesiapan psikologis santri baru di era pandemi Covid-19 di Ponpes Darul Ulum Jombang. Borobudur Nursing Review, 1(2), 34–42.

Rohmah, D. S., Wikanengsih, W., & Septian, M. R. (2021). Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Siswa Kelas X Yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah Sma Asshiddiqiyah Garut. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 4(1), 81. https://doi.org/10.22460/fokus.v4i1.6213

Rozali, Y. A., Sitasari, N. W., Lenggogeni, A., Psikologi, F., Esa, U., Arjuna, J., Tol, U., & Kebon, T. (2021). Meningkatkan kesehatan mental di masa pandemic. Jurnal Pengabdian Masyarakat AbdiMas, 7(2), 109–113.

Sapruddin, S. (2023). Meningkatkan Pemahaman Siswa pada Topik Menyontek, Penyebab, dan Solusinya Melalui Bimbingan Klasikal dengan Metode Diskusi Kelompok Homeroom Di SMA Negeri 1 Madapangga Kelas XI IPA-1 Semester 2 Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 3(1), 26–39.

Setiawan, W., Syukroni, A., & others. (2022). PERAN MADRASAH DINIYAH DALAM MEMBINA AKHLAK SANTRI MELALUI PROGRAM BIMBINGAN DAN KONSELING SPIRITUAL. TARBAWI: Journal on Islamic Education, 6(1), 59–71.

Sinne, D., & Santosa, B. (2023). Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Ditinjau dari Kematangan Intelektual di SMP NI Sasak Ranah Pasisia Kabupaten Pasaman Barat. ARZUSIN, 3(3), 269–276.

Syahbudin, A., Jamalie, Z., & Hamdan, H. (2023). Evaluasi Kinerja Hati dalam Pendidikan Islam (Telaah Pemikiran Ab{=u} ‘Al{^i} al-Banjar{^i} al-Nadw{^i} al-Malik{^i}). Al Qalam: Jurnal Ilmiah Keagamaan Dan Kemasyarakatan, 17(2), 1409–1438.

WHO. (2022). Mental Health. World Health Organization. https://www-who-int.translate.goog/news-room/fact-sheets/detail/mental-health-strengthening-our-response?_x_tr_sl=en&_x_tr_tl=id&_x_tr_hl=id&_x_tr_pto=tc




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v9i1.5364

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2024 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.