Pola Asuh Orang Tua dalam Mendidik Anak Penghafal Al-Quran Pada Suku Batak Pakpak
Abstract
Di Indonesia masih banyak orang tua yang tidak mengetahui pola kepengasuhan yang baik itu seperti apa. Orang tua menganggap selama pola asuh yang diberikan membuat anak menjadi penurut maka pola asuh tersebut sudah dianggap baik dan benar. Keberhasilan dan pencapaian anak tidak terlepas dari pola asuh yang diberikan orang tua, termasuk keberhasilan anak dalam menghafal Al-Qur’an di lingkungan minoritas Islam yaitu suku Batak Pakpak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil dan pola asuh orang tua anak penghafal Al-Qur’an di suku Batak Pakpak. Peran orang tua sangat berpengaruh terhadap kepribadian anak, seperti apa anak dimasa depan sedikit banyaknya adalah akibat pengaruh campur tangan orang tua. Subyek penelitian ini adalah orang tua suku Batak Pakpak di Pakpak Bharat yang anaknya menghafal Al-Qur’an. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif dengan metode pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa pola asuh yang diterapkan orang tua pada anak penghafal A-Qur’an di Suku Batak Pakpak adalah pola asuh otoriter. Implikasi BK dalam kondisi ini adalah memberikan pandangan kepada orang tua bahwa pola asuh otoriter memiliki dampak buruk terhadap perkembangan anak. Semoga hasil penelitian ini dapat digunakan oleh peneliti lain sebagai bacaan yang dapat menambah wawasan dan pengatahuan terkait pola asuh orang tua.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Azwar, B. (2023). Kerjasama Guru Bimbingan Konseling Dengan Guru Kelas Dalam Penerapan Teori Kognitif Pada Santri Dalam Menghafal Al-Qur’an Di Sdit Robbi Rodiyah Curup. JBKI: Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 8(1), 15–32.
Inovasi Kreatif Guru Bimbingan Konseling Dalam. 8(September), 127–135.
Bimbingan, J., Indonesia, K., & Yusuf, G. M. (2023). Peran Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Mereduksi Perilaku Bullying Di Smp Al-Islam. 8(September), 112–117.
Cahyati, N., & Kusumah, R. (2020). Peran orang tua dalam menerapkan pembelajaran di rumah saat pandemi Covid 19. Jurnal Golden Age, 4(01), 152–159.
Fadlillah, M., & Fauziah, S. (2022). Analysis of Diana Baumrind’s Parenting Style on Early Childhood Development. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 14(2), 2127–2134.
Faizin, I. (2021). Evaluasi Program Tahfidzul Qur’an Dengan Model CIPP. Al-Miskawaih: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 99–118.
Ghufron, M., Santosa, H., & Sumiyem, S. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Dengan Metode Bimbingan Klasikal Berbasis Media Audio Visual Dalam : Literatur Review. Jurnal Konseling Pendidikan Islam, 3(2), 331–338.
Irwani, T. (2020). Pengaruh Kedisiplinan Terhadap Prestasi Belajar Siswa Di Sma Negeri 6 Banda Aceh. Jurnal Sosial Humaniora Sigli, 3(2), 171–179.
Kamaluddin, K., Siregar, H. S., & Berutu, L. (2022). Potensi Dakwah Di Daerah Minoritas Dalam Penguatan Nilai-Nilai Agama Islam. Studia Sosia Religia, 5(2), 98–105.
Kang, J., & Guo, H. (2022). The effects of authoritative parenting style on young adult children’s prosocial behaviour: the mediating role of emotion-regulation. China Journal of Social Work, 15(2), 162–177.
Komaruddin, K., Jannati, Z., & Herwantoro, H. (2022). Analisis Konseptual Mengenai Mental Hygiene dalam Perspektif Psikologi dan Islam Menurut Syamsu Yusuf. Ghaidan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam Dan Kemasyarakatan, 6(2), 88–95.
Lari, N. (2023). Perceived parenting styles and child personality: A Qatari perspective. Cogent Social Sciences, 9(1), 2203549.
Lubis, A. M., & Ismet, S. (2019). Metode Menghafal Alquran Pada Anak Usia Dini di Tahfidz Center Darul Hufadz kota Padang. Aulad : Journal on Early Childhood, 2(2), 8–14.
Mardiana, N. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Interaksi Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 22.
Muthohharoh, M., & Karneli, Y. (2020). Layanan Konseling Perorangan Dengan Teknik Kursi Kosong Untuk Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal. Guidance, 17(01), 14–19.
Nurul, T. K., Beringin, D., M, D. P. S., & Atika, N. (2023). Jurnal Pendidikan dan Konseling. 5, 253–264.
Risal, H. G., & Alam, F. A. (2021). Upaya Meningkatkan Hubungan Sosial Antar Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 1(1), 1–10.
Rohana, T., Mushafanah, Q., & Rahmawati, I. (2020). Analisis Pola Asuh Orang Tua Terhadap Prestasi Siswa Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3), 501–511.
Saliani, P. (2020). Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Volume 1, Nomor 2, Desember 2020. 2, 74–77.
Sandra Vučković, S. R., & Ajduković, M. (2021). Parenting style and practices and children’s externalizing behaviour problems: Mediating role of children’s executive functions. European Journal of Developmental Psychology, 18(3), 313–329.
Saragi, M. P. D., Tasmara, L., Berutu, R., & Ihsan, M. (2022). Pengaruh layanan konseling kelompok (role playing) dalam mengatasi bullying di yayasan penyantunan anak yatim piatu. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 8(3), 270–274.
Satrianingrum, A. P., & Setyawati, F. A. (2021). Perbedaan pola pengasuhan orang tua pada anak usia dini ditinjau dari berbagai suku di indonesia: Kajian literatur. JIV-Jurnal Ilmiah Visi, 16(1), 25–34.
Sholeh, N. S. M., & Suhendi, H. (2021). Pola Asuh Orang Tua Membentuk Anak Cinta Al-Quran melalui Hafalan Al-Quran Sejak Usia Dini. Aulad: Journal on Early Childhood, 4(1), 53–58.
Siregar, A. K. (2022). Peran Pengasuhan Ayah Terhadap Motivasi Menghafal Alquran Pada Anak Di Tk Aba 2 Kota Padansidimpuan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan …, 6(2), 346–352.
Siregar, Z. (2020). Sejarah Suku Mandailing Di Kecamatan Bandar Kabupaten Simalungun. Jurnal Berbasis Sosial, 1(1), 10–16.
Sofiani, I. K., & Sumarni, T. (2020). Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Bias Gender dalam Pola Asuh Orangtua pada Anak Usia Dini Abstrak. 4(2), 766–777.
Sukamto, R. N., & Fauziah, P. (2020). Identifikasi Pola Asuh di Kota Pontianak. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 923–930.
Tambunan, N., & Panggabean, H. S. (2022). Faktor Pendukung dan Penghambat Komunikasi Orang Tua dalam Memotivasi Anaknya Mengikuti Pembelajaran di Rumah Tahfidz Khaizerani Kapas III Klambir V …. Jurnal Kewarganegaraan, 6(3), 5570–5576.
Tumangger, N. (2023). Arsitektur Tradisional Rumah Adat Sapo Jojong Suku Pakpak di Kabupaten Pakpak Bharat. 35–46.
Wei-Wen Chen, X. Y., & Jiao, Z. (2022). Authoritarian parenting, perfectionism, and academic procrastination. Educational Psychology, 42(9), 1145–1159.
Yanti, D., & Al‘Afuw, N. F. (2022). Smart Parenting Dalam Mengasah Hafalan Al-Quran Anak Usia Dini. E-Jurnal Aksioma Al-Asas, 3(1).
Yee, A. Z. H. (2021). Examining the Moderating Effect of Parenting Style and Parental Guidance on Children’s Beliefs about Food: A Test of the Parenting Style-as-Context Model. Journal of Health Communication, 26(8), 553–565.
Zaini, A., Dianto, M., & Mulyani, R. R. (2020). Pentingnya penggunaan media bimbingan dan konseling dalam layanan informasi. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan Dan Konseling Universitas Negeri Malang, 126–131.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v9i1.5317
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2024 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.