PENGEMBANGAN MODEL BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI METODE PROBLEM SOLVING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA

Novi Andriati, Rustam Rustam

Abstract


Tujuan penelitian yaitu menghasilkan model bimbingan kelompok dengan metode problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Dari hasil uji coba lapangan, kemampuan motivasi belajar siswa SMA mengalami perkembangan setelah mengikuti kegiatan bimbingan kelompok dengan metode problem solving. Keseluruhan nilai asymp sig 0,028 < 0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan metode problem solving efektif untuk meningkatkan motivasi belajar siswa. Saran: penggunaan model bimbingan kelompok dengan metode problem solving sebaiknya dapat dimulai dengan mendiagnosa secara cermat kondisi objektif siswa yang akan dijadikan sebagai anggota kelompok, metode problem solving yang digunakan sebagai dasar perlakuan mengandung nilai kebermanfaatan dan kebermaknaan bagi siswa SMA serta guru dapat menggunakan model bimbingan kelompok dengan metode problem solving untuk meningkatkan motivasi belajar siswa SMA.

Keywords


Model Bimbingan Kelompok; Metode Problem Solving; Motivasi Belajar Siswa SMA

Full Text:

PDF

References


Juntika, A. (2008). Bimbingan & Konseling dalam Berbagai Latar Kehidupan. Bandung: PT Refika Aditama.

Aunurrahman. (2009). Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Prayitno. (2009). Pedoman Pengawasan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Aydin, D. (2009). Efectiveness Of A Group Guidance Program On Realistic Study Field Choice Among First Year High School Students. Jurnal of Education, 5 (1), 67-84.

Driessens, K. (2004). Integrating Guidance into Relational Reinforcement Learning. Jurnal of Education, 34(57), 271-304.

Hoifodt, S.O. & Talseth, G.A. (2006). A Qualitative Study Of The Learning Processes In Young Physician Streating Suicidal Patients: From Insecurity To Personal Pattern Knowledge and Self-Confidence. Jurnal of Education, 10 (23), 134-143.

Hellen, C. & Kuruvilla, J. (2011). Effectiveness Of Group Counseling On The Level Of Self-Esteem Of Adolescent School Girls. Jurnal of Education, 2 (3), 28-32.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i1.523

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

SINTA 3 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog  Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Abstracting / Indexing - Textile & Leather Review Submissions explore

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.