EFEKTIFITAS BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK BRAINSTORMING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PERILAKU ASERTIF SISWA
Abstract
Kemampuan berperilaku asertif sangat penting bagi kelangsungan hidup individu di lingkungan sosial. Kemampuan siswa berperilaku asertif baik di lingkungan sekolah, lingkungan keluarga maupun lingkungan sosial menjadi sebuah proses pendewasaan diri dalam menghadapi tuntutan kemajuan zaman dan perkembangan teknologi, sehingga melalui cara berperilaku asertif akan menjadi karakter positif dalam menyampaikan keinginan demi memenuhi kebutuhan hidup sepanjang masa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dan mengetahui pengaruh layanan bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming untuk meningkatkan perilaku asertif. Penelitian ini menggunakan desain penelitian quasi eksperimen, dengan rancangan pretest-posttest. Para siswa diukur kemampuan perilaku asertif dengan menggunakan skala perilaku asertif. Seluruh subjek penelitian dimasukkan ke dalam satu kelompok yaitu kelompok eksperimen (One Group Pretest-Posttest Design). Hasil penelitian diperoleh bahwa pelaksanaan bimbingan kelompok di SMP Muhammadiyah Alternatif Kota Magelang sudah sesuai dengan tahapan dalam pelaksanaan namun watu pelaksanaan bimbingan kelompok bersifat insidental, hasil uji statistik dengan perhitungan Paired Samples test menunjukkan t-hitung = - 4.640 ≤ t-tabel= - 2.262, sehingga Ho ditolak dan Ha diterima sehingga dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok dengan teknik brainstorming terbukti efektif untuk meningkatkan kemampuan perilaku asertif siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Departemen Agama RI. (2002). Al-Qur’an dan terjemahannya. Jakarta: Al Huda.
Barbara, A. & Freeman, S. (2010). Menjadi Guru Kreatif. Yogjakarta: Golden Book.
Alfiah, K. (2014). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Brainstorming untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa di SMA Bumiayu Jawa Tengah. Tesis. Sekolah Pascasarjana UNNES: Semarang.
Cobra, E.R., Mojtaba, N., Faribaani, H., & Shahla, D. (2013). The Effect of the Using the Brainstorming Method on the Academic Achievement of Student in Grade Five in Tehran Elementary School. Journal Procedia Social and Behavioral Sciences, 83, 230-233.
Cullen, B. (2008). Brainstorming Before Speaking Tasks: The Internet TESL Journal, IV (7) July.
Galassi, M.D., & Galassi, J.P. (1977). Assess Your Self : How to be Your Own Person. New York : Human Sciences Press.
Hurlock, E. (1995). Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang kehidupan. Jakarta: Erlangga.
Najati, M.U. (2003). Psikologi Dalam Tinjauan Hadits Nabi. Jakarta : Mustaqim.
Osborn, A.F. (1963). Applied Imagination : Principles and Procedures of Creative Problem Solving (Third Revised Edition). New York
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan dan Konseling Kelompok, Seri Layanan Konseling. Padang : UNP
Ribha, S. (2017). The Enhancement Of Assertive Behavior Through Psychodrama Techniques Of The Students In Class VII D In Junior High School State 2 Moyudan. E-Journal Bimbingan dan Konseling.
Stein, J.S., & Howard. (2002). Ledakan EQ. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i1.509
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2018 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.