PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF REGULATED LEARNING

Hijrah Eko Putro, Sugiyadi Sugiyadi, Hadi Pranoto

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan: (1) Mengetahui pelaksanaan layanan bimbingan kelompok di MTs Al Iman Kota Magelang, (2) Mengetahui kondisi obyektif motivasi belajar siswa, (3) menghasilkan model layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning untuk meningkatkan motivasi belajar siswa, (4) mengetahui efektivitas layanan layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning untuk peningkatan motivasi belajar siswa MTs Al Iman Kota Magelang. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTs Al Iman Kota Magelang yang berjumlah 29 siswa dan digunakan sebagai sampel 8 siswa. Desain penelitian menggunakan pre-experimental: one group pretest-posttest design dengan purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Paired sample t-Test dengan pertimbangan dalam penelitian ini menggunakan satu variabel bebas (Independent Variabel). Hasil uji efektivitas dari penelitian ini adalah adanya peningkatan motivasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning. Tingkat motivasi belajar siswa mengalami peningkatan setelah mengikuti layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning. Hal ini dilihat dari peningkatan hasil skala motivasi belajar sebelum dan sesudah diberi layanan bimbingan kelompok dengan teknik self regulated learning sebesar 22,73 % dan diperkuat melalui uji efektivitas menggunakan t-test yang menunjukan -t hitung < -t tabel, yaitu -5,857 < -2,365 atau data Sig (0,001) < 0,05.


Keywords


Bimbingan Kelompok; Motivasi Belajar; Self Regulated Learning

Full Text:

PDF

References


Surya, M. (2000). Pengantanr Psikologi. Pengaruh Faktor Non Intelektual Terhadap Gejala Berprestasi Kurang (Studi Terhadap Siswa SPG) IKIP Bandung. Bandung: IKIP Bandung.

Schunk & Barry, Z.( 2009). Motivation and Self-Regulated Learning: Theory, Research, and Applications. Journal of Higher Education, 80, July-August, 1-4.

Schunk, D.H. (2012). Learning Theories Teori-teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan Edisi Keenam.Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sadirman, A.M. (2005). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Prayitno dan Erma, N. (1994). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Rineka Cipta.

Hartinah, S. (2009). Konsep Dasar Bimbingan Kelompok. Bandung: Refika Aditama.

Pranoto, H., Atieka, N., Fajarwati, R., & Septora, R. (2018). Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self-Regulation untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Indonesian Journal of Educational Counseling, 2(1), 87-112.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v3i1.508

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

SINTA 3 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog  Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Abstracting / Indexing - Textile & Leather Review Submissions explore

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.