PERAN GURU BK MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MEREDUKSI PERILAKU BULLYING DI MTSN KABUPATEN DELI SERDANG

Putri Luthfiyah Zahra, Nur Azizah, Sri Wahyuni, Eni Agustina

Abstract


Salah satu dari berbagai masalah yang muncul di tiap sekolah yaitu kasus bullying. Permasalahan perilaku bullying yang terjadi di MTsN di Kabupaten Deli Serdang yaitu bullying verbal, dimana siswa masih banyak yang belum mengetahui bentuk maupun dampak yang dihasilkan dari perilaku bullying verbal. Penelitian ini dilakukan di MTsN Deli Serdang, adapun penelitian ini bertujuan. 1. Mendeskripsikan bagaimana bentuk perilaku bullying yang ada di MTsN Deli Serdang 2. Mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan bimbingan kelompok yang telah dilakukan guru BK terhadap perilaku bullying di MTsN Deli Serdang. 3. Mendeskripsikan apa yang menyebabkan peserta didik melakukan perilaku bullying di MTsN Deli Serdang. Subjek dalam penelitian ini adalah 10 siswa dan guru BK. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif guna mendeskripsikan peran guru BK. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data penelitian yaitu wawancara, observasi, dokumentasi dengan analisis data dari penelitian ini, dilakukan berdasarkan analisis deskriptif, yang mana analisis data terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa peran guru BK terhadap perilaku bullying melalui layanan bimbingan kelompok sangat berpengaruh terhadap perilaku bullying verbal siswa yang dulunya sering menggunakan bahasa yang kurang baik ketika berbicara maupun bercanda kini bisa lebih memperhatikan tutur kata dalam berbicara maupun bercanda dengan teman-teman. Implikasi layanan bimbingan kelompok terhadap perilaku bullying berupa layanan responsive meliputi konseling individu, kolaborasi wali kelas, bimbingan teman sebaya yang diintegrasikan dalam program bimbingan dan konseling di MTsN Deli Serdang

Keywords


Perilaku Bullying; Layanan Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Analiya, T., Rizky & Arifin, R. (2022). PERLINDUNGAN HUKUM BAGI ANAK DALAM KASUS BULLYING MENURUT UNDANG-UNDANG NOMOR 35 TAHUN 2014 TENTANG PERLINDUNGAN ANAK DI INDONESIA. In Journal of Gender And Social Inclusion In Muslim Societies (Vol. 3, Issue 1).

Budhi, S. (2020). KILL BULLYING. : HENTIKAN KEKERASAN DI SEKOLAH. Banjarmasin : Artikata.

Dini, Y., Indah Fajar, Aulia Qadri, R., & Hui, M. (n.d.). Prosiding National Conference for Community Service Project (NaCosPro). http://journal.uib.ac.id/index.php/nacospro

Fatoni, A. (2011). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Harahap, Ade Chita. (2020). Prosedur Kelompok dalam Konseling. Medan: UIN Sumatera Utara.

Henni Syafriana dan Abdillah. (2019). Bimbingan Konseling Konsep, Teori dan Aplikasinya. Medan: LPPPI

KPAI, (2023). “Sejumlah kasus bullying sudah warnai catatan masalah anak di awal 2023, begini kata komisioner KPAI”. https://www.kpai.go.id/.

Lidia, Irma. (2020) “Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental Anak” Artikel Kesehatan. https://jovee.id/.

Prayitno dan Amti. (2013). Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.

Prayitno. (1995). Layanan bimbingan dan konseling kelompok (Dasar dan profil). Jakarta: Ghalia Indonesia

Priyatna, A. (2010). Lets end bullying Jakarta: elex media komputindo

Putri, N., Amalia, A., & Haryati, T. (2023). PENGARUH BULLYING TERHADAP KESEHATAN MENTAL SISWA. In Pengaruh Bullying Terhadap Kesehatan Mental Siswa-1819 JIGE (Vol. 4, Issue 3).

Rachmijati, C. (2018). “Jurnal bullying dalam dunia Pendidikan”. https://dosen.ikipsiliwangi.ac.id/.

Rozi, F. (2021). Pendidikan Anti-Bullying Profetik (L. A. Ma’shumah, Ed.; pertama).

Siswati dan Widayanti. (2009). Fenomena Bullying di Sekolah Dasar Negeri di Semarang: Sebuah Studi Deskriptif. Undip: Jurnal psikologi. 5(2). 2.

Smith, P. K., & Thompson, D. (2018). Practical Approaches To Bullying. 40.

Southeast Asian Publishing.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i3.5037

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.