INOVASI KREATIF GURU BIMBINGAN KONSELING DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA DI SMA AL FIRDAUS SUKOHARJO

Zulaiha Nurul Insani, Muh. Nur Rochim Maksum

Abstract


Penelitian ini dilakukan dalam rangka mengetahui bagaimana inovasi kreatif guru bimbingan konseling dalam memotivasi peningkatan belajar peserta didik dan mengetahaui peningkatan minat belajar siswa sebelum dan sesuadah adanya motivasi belajar. Peran guru bimbingan konseling sangat berpengaruh bagi peserta didik agar tercapainya hasil belajar yang maksimal, dan dibutuhkan dorongan dari wali kelas, orang tua, lingkungan, dalam memotivasi belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini agar guru bimbingan konseling memiliki gambaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik dan langkah apa yang seharusnya diambil agar bimbingan konseling itu berjalan dengan maksimal. Data dikumpulkan melalui penelitian deskriptif kualitatif. Metode yang digunakan deskriptif kualitatif. Penelitian ini meggunakan teknik pengumpulan data, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa ketercapaiannya hasil belajar peserta didik tergantung pada motivasi belajar yang diterima peserta didik baik dari lingkungan keluarga, sekolah serta masyarakat. Guru bimbingan konseling sebagai konselor memiliki peran dan fungsi yang sangat besar dalam perkembangan hasil belajar peserta didik demi mencapai hasil belajar yang optimal. Dalam peningkatan hasil belajar peserta didik peran guru bimbingan konseling atau konselor harus memfasilitasi peserta didik di era fundamental atau disrupsi ini.

Keywords


Inovasi Kreatif; Guru Bimbingan Konseling; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Amani. (2018). Peran Guru Bimbingan Konseling dalam Memotivasi Belajar Siswa SMP N 15 Yogyakarta. HISBAH: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam,15(1)

Arrahmil, H., Asmidir,I., Afdal. (2018). Kreativitas Siswa dan Upaya Guru Bimbingan dan Konseling/Konselor dalam Pengembangannya. Jurnal, UNPAD. doi: https://doi.org/10.21009/insight.071.01

Azhar Haq. (2012). Motivasii Belajarb dalamb Meraihm Prestasii. Jurnal Victina. 3 (1):197.

Djamarah, Syaiful Bahri. (2011). Psikologi Belajar. Jakarta, Rineka Cipta.

Doni Putra. (2017). Prosesn Berfikirm Kreatif Guru BK dalamn Memunculkann Minat Siswa Mengikuti Layanan Bimbingan Kelompok di SMAN 1 Sungayan. Skripsi, IAIN Batusangkat.

Eka Dewi Sri Wahyuni. (2022). Bimbingan dan Konseling di Era disrupsi. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 1(2)

Eldi, M., Almasdi., S, Suarman. (2022). Faktor Penentu Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri Kecamatan Tambang. Jurnal PAJAR. doi: http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v6i2.8664

Farozin. (2019). Pengembangan Model Bimbingan Klasik Untuk Meningkatkan Motivasi belajar siswa SMP. Cakrawala Pendidikan, hal.2, 50-57

Hadi Pranoto, Muhammad Saidun JN. (2021). Dukungan Kepala Sekolah dalam Peningkatan Layana oleh Guru Bimbingan dan Konseling. Counseling Milenial (CM)

Ifni Oktiani. (2017). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Jurnal Kependidikan, 5(2). 216-232. doi: https:doi.org/10.24090/jk.v5i2.1939

Irsyad Nur Hamid. (2018). Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling yang Ideal Bagi Siswa SMA se Kecamatan Gombong. Jurnal Riset Mahasiswa dan Bimbingan Konseling,4(1).

Monika, M., & Adman, A. (2017). Peran Efikasi Diri dan Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 1(1), 110-117

Nurfatimah, S. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Sains. Jurnal UNY, 19(2), 121-138.

Resti Riyanti. (2019). Peran Guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan Motivasi Peserta Didik Kelas VII MTS Masyariqul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. Redrieved From http://repository.radenintan.ac.id

Sardiman A.M. (2016). Intraksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada

Siti Fatimah. (2020). Urgensi Kompetensi Penilaian dan Pengambilan Keputusan Bagi Guru. INSANIA: Jurnal Pemikiran Alternatif Kependidikan

Solihah. (2010, September 5). Pengaruh Pembelajaran PAKEM dan Motivasi Belajar terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI. Retrieved From bismillah-abie.blogspot.com

Sudirman AM. (2016). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Press; Jakarta

Syamsu Yusuf . (2005). Landasan Bimbingan dan Konseling. Bandung, Remaja Rosdakarya

Tri Rumhadi. (2017). Urgensi Motivasi dalam Proses Pembelajaran The Urgent Of Motivasion In Learning Proses. Jurnal Diklat Keagamaan, 11(1)

Tyas Ben Ilham. (2014). Pengaruh Media Pohon Pintar Pancasila Terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Pada Masa Pelajaran PPkn di SMK Negeri 2 Magelang. Jurnal; ePrintsUNY

Wahyuni, F. (2013). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Mind Mapping Untuk Mengemvbangkan Kreativitas Siswa. Jurnal bimbingan konseling, 2(2). 105-110




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i3.4902

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.