PERAN BIMBINGAN DAN KONSELING ISLAM DALAM MEREDUKSI PERILAKU BULLYING DI SMP AL-ISLAM KARTASURA
Abstract
Bullying masih menjadi permasalahan yang sering ditemui para pendidik terhadap peserta didiknya. Permasalahan bullying memerlukan adanya peran dari guru bagian layanan bimbingan dan konseling dalam bentuk tindakan untuk mereduksi perilaku bullying di sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memberikan gambaran mengenai bagaimana peran guru bimbingan dan konseling dalam mereduksi perilaku bullying siswa di SMP Al-Islam Kartasura. Jenis penelitian menggunakan deskriptif kualitatif SMP Al-Islam Kartosuro. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Subyek penelitian ini adalah guru bimbingan konseling dan siswa SMP Al-Islam yang juga sebagai pelaku bullying . Penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa SMP Al-Islam Kartosuro memiliki guru bimbingan dan konseling yang profesional dibidangnya, yang memiliki program yang bersifat prefentif atau pencegahan dan tindakan langsung berupa nasehat islami hingga hukuman tergantung pada tingkatan bullying yang dilakukan siswa, kedua program tersebut terbukti mampu meminimalisir jumlah kasus bullying di SMP Al-Islam kartosuro secara bertahap.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Diannita, A., Salsabela, F., Wijiati, L., & Putri, A. M. S. (2023). Pengaruh Bullying terhadap Pelajar pada Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Journal of Education Research, 4(1), 297–301.
Dini, Y. I. F., Qadri, R. A., Billy, B., Cristina, C., Felycia, F., Gilbert, G., … Thalia, T. (2022). Sosialisasi Pembinaan Kesadaran akan Perilaku Bullying dan Hate Speech di GKPS Batam. National Conference for Community Service Project (NaCosPro), 4(1), 225–229.
Fatchurahman, M. (2018). Problematik pelaksanaan konseling individual. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 3(2), 25–30.
Fatimatuzzahroh, S., & Muhid, A. (2022). Efektivitas Penerapan Bimbingan Konseling Islami Mengatasi Permasalahan Siswa dalam Proses Belajar: Literature Review. PD ABKIN Jatim Open Journal System, 2(2), 27–33.
Halimah, A., Khumas, A., & Zainuddin, K. (2015). Persepsi pada By stander terhadap Intensitas Bullying pada Siswa SMP. Jurnal Psikologi, 42(2), 129–140.
Junindra, A. , H. Fitri. , Desyandri. , M. Irda. (2022). Peran Guru terhadap Perilaku Bullying di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6, 11133–11138.
Kartianti, S. (2017). Peran Konselor Dalam Mengurangi Perilaku Bullying Siswa di Sekolah. Jurnal Hibualamo: Seri Ilmu-Ilmu Sosial Dan Kependidikan, 1(1), 33–36.
Novitasari, D. I., & Setyowati, R. N. (2020). PENERAPAN STRATEGI GURU DALAM MENANGANI SCHOOL BULLYING SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA TAMAN SISWA KOTA MOJOKERTO (STUDI KASUS DI SMP TAMAN SISWA KOTA MOJOKERTO). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1104–1116.
Nur, M., Yasriuddin, Y., & Azijah, N. (2022). Identifikasi Perilaku Bullying Di Sekolah (Sebuah Upaya Preventif). Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 685–691.
Nurdin, M. (2019). Praktek Konselor dalam Layanan Bimbingan dan Konseling Islami di MAS Kuta Makmur Aceh Utara. Jurnal Al-Fikrah, 8(1), 52–81.
Putri, A. E. (2019). Evaluasi program bimbingan dan konseling: sebuah studi pustaka. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 4(2), 39–42.
Rahayu, N. P., Santosa, B., Kamal, M., & Rahmi, A. (2022). Efektivitas Bimbingan dan Konseling Islam untuk Meningkatkan Self Control Korban Penyalahgunaan Narkotika di Lembaga Permasyarakatan Kelas II A Rantauprapat. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4520–4527.
Syakur, M., & Budianto, A. A. (2021). Profesionalisme Guru Bimbingan dan Konseling di Masa Pandemi Covid-19. Maddah: Jurnal Komunikasi Dan Konseling Islam, 3(2), 133–139.
Tumon, M. B. A. (2014). Studi deskriptif perilaku bullying pada remaja. Calyptra, 3(1), 1–17.
Ulviani, T., Syukur, Y., & Ahmad, R. (2023). STRATEGI PENYUSUNAN PROGRAM BK DI MADRASAH. Dharmas Education Journal (DE_Journal), 4(2), 595–600.
Yenes, I. (2016). Perilaku Bullying dan Peranan Guru BK/Konselor dalam Pengentasannya (Studi Deskriptif terhadap Siswa SMP Negeri 3 Lubuk Basung). Konselor, 5(2), 116–123.
Yuliandri, M. (2017). Pembelajaran Inovatif di Sekolah Berdasarkan Paradigma Teori Belajar Humanistik. Journal of Moral and Civic Education, 1(2), 101–115.
Yuliyatun. (2013). Peranan Bimbingan dan Konseling Islam di Sekolah. Jurnal Bimbingan Konseling Islam, vol 4, 343–370.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i3.4852
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.