PENERAPAN BIMBINGAN KELOMPOK TEKNIK ROLE PLAYING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 3 PALOPO
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui 1) Gambaran kepercayaan diri sebelum dan sesudah pemberian teknik role playing siswa SMP Negeri 3 Palopo, 2) Pelaksanaan penerapan teknik role playing dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMP Negeri 3 Palopo, 3) Apakah penerapan teknik role playing berpengaruh untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 3 Palopo. Penelitian ini menerapkan desain eksperimen true experimental design. Populasi yang diteliti adalah 40 siswa kelas VIII dengan rendahnya tingkat kepercayaan diri. Sampel berjumlah 20 siswa terbagi dalam kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing 10 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui skala kepercayaan diri dan panduan observasi. Analisis data melibatkan analisis statistik deskriptif dan inferensial dengan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Tingkat kepercayaan diri siswa sebelum intervensi (pretest) berada pada kategori rendah di kedua kelompok, namun setelah intervensi (posttest), tingkat kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen meningkat menjadi tinggi sementara kelompok kontrol tetap rendah, 2) Implementasi bimbingan kelompok dengan teknik role playing dilaksanakan sesuai langkah-langkah yang telah direncanakan, dan 3) Penggunaan bimbingan kelompok dengan teknik role playing memiliki dampak signifikan terhadap peningkatan kepercayaan diri siswa di SMP Negeri 3 Palopo.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Andayani, M. & Zubaidah, A. 2019. “Membangun Self-Confidence Siswa Melalui Pembelajaran Matematika.” Desimal: Jurnal Matematika 2(2):147–53.
Anggrawati, D., & Kasih, F. 2022. “Model Bimbingan Kelompok Dalam Menggunakan Metode Role playing Untuk Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Peserta Didik.” Journal of Education Research 2(4)
Astuti, F. H, & Mustakim, I. 2022. “Keefektifan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Role playing Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar.” Realita : Jurnal Bimbingan Dan Konseling 6(2).
Dewi, Y. S., Fatimah, S., & Pahlevi, R. 2021. “Penerapan Teknik Role playing Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Perilaku Prososial Siswa Di Masa Pandemi Covid-19.” Fokus (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4(4):269.
Handayani, Y. 2019. “Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Bimbingan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas X Ips1 Sma Negeri 1 Weleri Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018.” JCOSE Jurnal Bimbingan Dan Konseling 1(2):6–15.
Imriani. 2020. “Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik Dengan Layanan Bimbingan Kelompok ( Role playing ) Di SMPN 4 Kota Bima.” Guiding World Jurnal Bimbingan Dan Konseling 03(02).
Khairun, D. Y., Hakim, I. A., & Solihah,N. 2020. “Teknik Role playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling 4(2):196–202.
Marlina, L., Fatimah, S., & Siddik, R. R. 2022. “Profil Siswa Yang Mempunyai Kepercayaan Diri Rendah Di Sma Negeri 4 Cimahi.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 5(2):154.
Miranda, Ira., Hakim, I. A., & Wibowo, B. Y. 2019. “Efektifitas Teknik Role playing Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa Sma.” Edusentris 4(1):1.
Ningtiyas, A., & Wahyudi. 2020. “Layanan Konseling Kelompok Dalam Upaya Meningkatkan Percaya Diri Peserta Didik.” IJoCE: Indonesian Journal of Counseling and Education 1(1):13–16.
Nurlaela, S., Hendriana, H., & Alawiyah, T. 2022. “Gambaran Kepercayaan Diri Siswa Smp Kelas Vii.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 5(4):277.
Pandang, A., & Anas, M. 2019. Penelitian Eksperimen Dalam Bimbingan Dan Konseling: Konsep Dasar Dan Aplikasinya Tahap Demi Tahap. Makassar: Badan Penerbit UNM.
Puri, P. R., Samsudin, A., & Siddik, R. R. 2021. “Layanan Bimbingan Kelompok Pada Siswa Mi Muslimin Yang Memiliki Kepercayaan Diri Rendah.” FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan) 4(3):191.
Rahayu, C. N., & Naqiyah, N. 2022. “Indonesian Journal of Guidance and Counseling : Theory and Application Studi Kepustakaan Teknik Role playing Untuk Komunikasi Interpersonal Peserta Didik.” Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application 11(3):105–18
Rahman, Abdu. 2019. “Pengaruh Teknik Role playing Pada Bimbingan Kelompok Terhadap Berkurangnya Perilaku Bullying Siswa Bermasalah Di Smk Negeri 1 Barru.” Bimbingan Dan Konseling 6(2):55–65.
Rufaidah, A., Renata, D., & Tobing, C. M. H. 2019. “Efektivitas Teknik Bermain Peran Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa.” TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 3(2):41–46.
Zulaikah, F., & Ismanto, S. H. 2023. “Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Role playing Terhadap Resiliensi Pada Siswa.” Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling 7(1).
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i3.4800
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.