EFEKTIVITAS LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN BEHAVIORISTIK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA KELAS XI IPS MAN ASAHAN

Rafika Syifa Nirwana Hasibuan, Alfin Siregar

Abstract


Ketidakstabilan emosi seseorang berpotensi menimbulkan perilaku agresif. Kemampuan kekurangan untuk mengenali, memastikan, dan mengelola emosi dengan baik dapat menyebabkan kesulitan individu dalam mengontrol impuls, mengelola konflik, dan menangani secara sehat terhadap situasi emosional yang sulit. Oleh sebab itu diperlukan metode untuk meningkatkan kecerdasan emosional, salah satunya dengan layanan bimbingan kelompok dengan pendekatan behavioristik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kecerdasan emosional siswa XI IPS MAN Asahan. Metode penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design, yaitu penelitian kuantitatif dengan desain pre-test post-test control group design, dengan populasi penelitian 98 siswa X1 IPSS MAN Asahan, sampel dalam penelitian ini adalah 48 siswa. Kuesioner dan observasi digunakan sebagai Teknik pengumpulan data dengan metode analisis data deskriptif dan uji hipotesis t.  Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa efektivitas layanan konseling yang ditawarkan oleh kelompok perilaku dapat meningkatkan stabilitas emosional siswa. Menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara skor pretest dan posttest terhadap tingkat emosi peserta kelompok eksperimen dibandingkan dengan kelompok kontrol yang tidak mengalami perubahan/ Perbedaan Skor Kecerdasan Emosional. Sig 0.000 atau probabilitas yang sedikit di bawah alpha 0.05. (0,000 < 0,05) telah diterima Ho ditolak. Semuanya disini menunjukkan bahwa behavioral support system untuk tim efektif dalam meningkatkan kecerdasan emosional siswa XI IPS MAN Asahan.

Keywords


Bimbingan Kelompok; Kecerdasan Emosional; Kesejahteraan Siswa

Full Text:

PDF

References


Illahi, U., Neviyarni, N., Said, A., & Ardi, Z. (2018). Hubungan antara kecerdasan emosi dengan perilaku agresif remaja dan implikasinya dalam bimbingan dan konseling. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 3(2), 68. https://doi.org/10.29210/3003244000

Maiseptian, F., Marjohan, & Yarmis. (2017). Eketivitas Layanan Bimbingan Kelompok Meningkatkan Kecerdasan Emosional. 60.

Nisa, W., & Muhid, A. (2022). Peran Layanan Bimbingan Dan Konseling Kelompok Dengan Teknik Role Playing Dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional: Literature Review. Shine: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1–13. https://doi.org/10.36379/shine.v3i1.199

Oktarina, V. R. R. M. T. (2022). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Menggunakan Teknik Psikodrama terhadap Kecerdasan Emosional Peserta Didik di SMAN 1 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 6597–6609.

Prasetiya, B. (2019). Analisis Studi Korelasional Kecerdasan Emosional dan Minat Belajar dengan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam. AL-MURABBI: Jurnal Studi Kependidikan Dan Keislaman, 5(2), 165–184. https://doi.org/10.53627/jam.v5i2.3484

Riyanto, P., & Mudian, D. (2019). Pengaruh Aktivitas Fisik Terhadap Peningkatan Kecerdasan Emosi Siswa. Journal Sport Area, 4(2), 339–347. https://doi.org/10.25299/sportarea.2019.vol4(2).3801

Rizky Halfa. (2022). HUBUNGAN ANTARA POLA ASUH DEMOKRATIS DENGAN KECERDASAN EMOSIONAL PADA REMAJA DI SMA SWASTA AL HIKMAH.

Sukmawati, E. (2019a). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN EMOSIONAL SISWA MADRASAH TSANAWIYAH. 17, 80–89.

Sukmawati, E. (2019b). SISWA MADRASAH TSANAWIYAH dirinya dalam bersikap dan berperilaku dengan baik dimanapun berada . Dengan seringkali ingin mencoba-coba , mengkhayal , dan merasa gelisah serta berani perkembangan dirinya dalam berinteraksi sosial . Siswa harus diberikan bimb. 17, 80–89.

Ulandari, Y., & Juliawati, D. (2019). Pemanfaatan Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosi Siswa. Indonesian Journal of Counseling and Development, 1(1), 1–8. https://doi.org/10.32939/ijcd.v1i1.350




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i2.4383

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.