ANALISIS BAKAT DAN MINAT REMAJA BERDASARKAN HASIL TES STIFIn MEDAN

Nanda Nur Sakinah, Dika Sahputra

Abstract


Setiap individu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, bakat dan minat tersendiri yang dimiliki, semua hal tersebut dijalani dan diimplementasikan sesuai karakter individu serta dibantu dengan adanya motivasi dalam diri dan support dari lingkungan. Adapun tujuan penelitian ini ialah membahas bagaimana bakat dan minat seseorang melalui hasil tes mesin kecerdasan atau STIFIn serta menganalisa potensi individu sesuai MK nya. Metode penelitian yang digunakan ialah pendekatan deskriptif kualitatif yang menjadikan promotor STIFIn sebagai informan penelitian. Alat instrumen penelitian ialah dari hasil data lapangan serta informan. Keabsahan data diuji menggunakan triangulasi data yang pada umumnya menggabungkan berbagai teori dan data yang ada, sementara teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara mendalam, dan observasi lapangan saat tes berlangsung. Hasil yang pasti dari penelitian ini ialah bakat dan minat remaja tentu berbeda sesuai mesin kecerdasannya, seperti dari segi aktifitas dan cara memotivasinya. Kesimpulan penelitian yang didapat bahwa setiap anak memiliki karakter yang berbeda-beda disebabkan lapisan atau belahan otak dominannya, adanya kesenjangan terjadi diakibatkan pola asuh orangtua, faktor lingkungan, dan golongan darah yang mempengaruhi karakter individu.

Keywords


Bakat dan Minat; Potensi Remaja; Kelebihan Individu; Belahan Otak

Full Text:

PDF

References


Alindra, A. L. (2018). Kajian Aksiologi Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2), 64–73. https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.206

Amri, M., & Rahman, U. (2020). DESCRIPTION OF STRUCTURAL OFFICERS STIFIn TEST RESULTS OF UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Jurnal Lentera Pendidikan, 23(1), 1–8.

Anita, I. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwang, 2(2), 246–251.

Ansar, N., & Baloch, A. (2018). Talent and Talent Management : Definition and Issues. Journal of Business Studies, 14(2), 174–186.

Badaruzaman, B. (2014). Brain Genetic Potensial. PT Mizan Pustaka.

Batubara, J. R. L. (2010). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Jurnal Sari Pediatri, 12(1), 21–29.

Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.

Elvida, S., & Subaidi. (2022). Peran Sekolah dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Kegiatan AKSESI (Aksi Sejuta Kreasi) di MI Al-Jihad Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2020–2026.

Frankenfeld, Bases, J., Espina, V., & Liotta, L. A. (2014). Students Who Demonstrate Strong Talent and Interest in STEM Are Initially Attracted to STEM through Extracurricular Experiences. CBE—Life Sciences Education, 13, 687–697. https://doi.org/10.1187/cbe.13-11-0213

Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (Y. Singgih (ed.); 13th ed.). PT BPK. Gunung Mulia.

Haqq, A. A. (2018). Analisis Sikap Matematis Berdasarkan Golongan Darah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika- II, 202–210.

Iman, K. (2015). Pengembangan Bakat dan Minat Siswa. Jurnal Insania, 20(2), 263–274.

Jatmikowati, E. T. (2018). EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP KEPRIBADIAN INTRAPERSONAL ANAK. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–15.

Johnson, C. (2021). Acceptability and Effectiveness of an 8-week Mindfulness Program in Early- and Mid-adolescent School Students : a Randomised Controlled Trial (Issue September). https://doi.org/10.1007/s12671-021-01716-3

Kiftiyah, M. S. (2019). Pengaruh bakat dan minat terhadap hasil belajar menggambar pada siswa kelas v sd se-dabin v kecamatan tegal timur kota tegal. FAkultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 50.

Marie, H. (2021). Fenotipik: pengaruh golongan darah terhadap kepribadian pada mahasiswa piaud a1 tahun 2019 di uin sunan kalijaga yogyakarta 2019. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 73–81.

Mujiyono, Haryanto, E., & Gunadi. (2021). Peran Guru dalam Pengoptimalan Potensi Emosi Anak terhadap Peningkatan Kreativitas Ekspresi pada Pembelajaran Seni Rupa di SD Kota Semarang. Jurnal Mudra, 36(2), 146–152.

Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). Implementasi Metode Stifin Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Stifin Paiton Probolinggo. Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 201–223.

Nursyaidah, & Sari, I. L. (2021). Mengenal Bakat & Minat Siswa Melalui Tes STIFIn. CV. Merdeka Kreasi Group.

Pasmawati, H. (2019). Bimbingan Karir Farid Poniman dan Relevansinya dengan Konsep Islam : Telaah STIFIn Test. JURNAL ILMIAH SYIAR, 19(02), 182–198.

Poniman, F. (2009). STIFIn Personality. Yayasan STIFIn.

Poniman, & Rahman, A. M. (2013). Konsep Palugada STIFIn. STIFIn Insitute.

Pratama, D., & Sari, Y. P. (2021). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN REMAJA. Jurnal Edukasimu.Org, 1(3), 1–9.

Rahmat, S. P. (2018). Psikologi Pendidikan (I. Sari (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.

Ramly, N. (2010). Rahasia dan Keajaiban Kekuatan Otak Tengah. Best Media Utama.

Rostiana, & Saraswati, H. K. (2018). Penelusuran Minat-Bakat Untuk Siswa Sma Di Yogyakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 188–193.

Sapara, M. M., Lumintang, J., & Paat, C. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Perempuan Di Desa Ammat Kecamatan Tampan’amma Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Holistik, 13(3), 1–16.

Sefrina, A. (2013). Deteksi Minat dan Bakat Anak. Media Pressindo.

Setiawan, A., Zebua, Y. S., & Sunarti. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Perangkat Kepribadian Genetik STIFIn. Jurnal Obsesi : Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1859–1872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1860

Simanullang, P. (2022). Application Of Introduction To Personality Psychology 5 Genetic Intelligence Through The Concept Of Stifin Test. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Kharisma Putra Utama.

Zaini, M. (2018). Pendidikan Remaja dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 100–115.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i1.4323

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.