ANALISIS BAKAT DAN MINAT REMAJA BERDASARKAN HASIL TES STIFIn MEDAN
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Alindra, A. L. (2018). Kajian Aksiologi Metode STIFIn dalam Pemetaan Mesin Kecerdasan Manusia. Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 10(2), 64–73. https://doi.org/10.30599/jti.v10i2.206
Amri, M., & Rahman, U. (2020). DESCRIPTION OF STRUCTURAL OFFICERS STIFIn TEST RESULTS OF UIN ALAUDDIN MAKASSAR. Jurnal Lentera Pendidikan, 23(1), 1–8.
Anita, I. W. (2015). Pengaruh motivasi belajar ditinjau dari jenis kelamin terhadap kemampuan berpikir kritis matematis mahasiswa. Jurnal Ilmiah UPT P2M STKIP Siliwang, 2(2), 246–251.
Ansar, N., & Baloch, A. (2018). Talent and Talent Management : Definition and Issues. Journal of Business Studies, 14(2), 174–186.
Badaruzaman, B. (2014). Brain Genetic Potensial. PT Mizan Pustaka.
Batubara, J. R. L. (2010). Adolescent Development (Perkembangan Remaja). Jurnal Sari Pediatri, 12(1), 21–29.
Djaali. (2008). Psikologi Pendidikan. Bumi Aksara.
Elvida, S., & Subaidi. (2022). Peran Sekolah dalam Mengembangkan Bakat Siswa Melalui Kegiatan AKSESI (Aksi Sejuta Kreasi) di MI Al-Jihad Ponorogo. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4(4), 2020–2026.
Frankenfeld, Bases, J., Espina, V., & Liotta, L. A. (2014). Students Who Demonstrate Strong Talent and Interest in STEM Are Initially Attracted to STEM through Extracurricular Experiences. CBE—Life Sciences Education, 13, 687–697. https://doi.org/10.1187/cbe.13-11-0213
Gunarsa, S. D. (2008). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja (Y. Singgih (ed.); 13th ed.). PT BPK. Gunung Mulia.
Haqq, A. A. (2018). Analisis Sikap Matematis Berdasarkan Golongan Darah. Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika- II, 202–210.
Iman, K. (2015). Pengembangan Bakat dan Minat Siswa. Jurnal Insania, 20(2), 263–274.
Jatmikowati, E. T. (2018). EFEKTIFITAS KOMUNIKASI ORANG TUA TERHADAP KEPRIBADIAN INTRAPERSONAL ANAK. PEDAGOGI: Jurnal Anak Usia Dini Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2), 1–15.
Johnson, C. (2021). Acceptability and Effectiveness of an 8-week Mindfulness Program in Early- and Mid-adolescent School Students : a Randomised Controlled Trial (Issue September). https://doi.org/10.1007/s12671-021-01716-3
Kiftiyah, M. S. (2019). Pengaruh bakat dan minat terhadap hasil belajar menggambar pada siswa kelas v sd se-dabin v kecamatan tegal timur kota tegal. FAkultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Semarang, 50.
Marie, H. (2021). Fenotipik: pengaruh golongan darah terhadap kepribadian pada mahasiswa piaud a1 tahun 2019 di uin sunan kalijaga yogyakarta 2019. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 73–81.
Mujiyono, Haryanto, E., & Gunadi. (2021). Peran Guru dalam Pengoptimalan Potensi Emosi Anak terhadap Peningkatan Kreativitas Ekspresi pada Pembelajaran Seni Rupa di SD Kota Semarang. Jurnal Mudra, 36(2), 146–152.
Mundiri, A., & Zahra, I. (2017). Implementasi Metode Stifin Dalam Meningkatkan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an Di Rumah Qur’an Stifin Paiton Probolinggo. Pendidikan Agama Islam (Journal of Islamic Education Studies), 5(2), 201–223.
Nursyaidah, & Sari, I. L. (2021). Mengenal Bakat & Minat Siswa Melalui Tes STIFIn. CV. Merdeka Kreasi Group.
Pasmawati, H. (2019). Bimbingan Karir Farid Poniman dan Relevansinya dengan Konsep Islam : Telaah STIFIn Test. JURNAL ILMIAH SYIAR, 19(02), 182–198.
Poniman, F. (2009). STIFIn Personality. Yayasan STIFIn.
Poniman, & Rahman, A. M. (2013). Konsep Palugada STIFIn. STIFIn Insitute.
Pratama, D., & Sari, Y. P. (2021). KARAKTERISTIK PERKEMBANGAN REMAJA. Jurnal Edukasimu.Org, 1(3), 1–9.
Rahmat, S. P. (2018). Psikologi Pendidikan (I. Sari (ed.); 1st ed.). Bumi Aksara.
Ramly, N. (2010). Rahasia dan Keajaiban Kekuatan Otak Tengah. Best Media Utama.
Rostiana, & Saraswati, H. K. (2018). Penelusuran Minat-Bakat Untuk Siswa Sma Di Yogyakarta. Jurnal Bakti Masyarakat Indonesia, 1(1), 188–193.
Sapara, M. M., Lumintang, J., & Paat, C. (2020). Dampak Lingkungan Sosial Terhadap Perubahan Perilaku Remaja Perempuan Di Desa Ammat Kecamatan Tampan’amma Kabupaten Kepulauan Talaud. Jurnal Holistik, 13(3), 1–16.
Sefrina, A. (2013). Deteksi Minat dan Bakat Anak. Media Pressindo.
Setiawan, A., Zebua, Y. S., & Sunarti. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Menggunakan Perangkat Kepribadian Genetik STIFIn. Jurnal Obsesi : Pendidikan Anak Usia Dini, 6(3), 1859–1872. https://doi.org/10.31004/obsesi.v6i3.1860
Simanullang, P. (2022). Application Of Introduction To Personality Psychology 5 Genetic Intelligence Through The Concept Of Stifin Test. Enggang: Jurnal Pendidikan, Bahasa, Sastra, Seni, Dan Budaya, 3(1).
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Susanto, A. (2013). Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. PT Kharisma Putra Utama.
Zaini, M. (2018). Pendidikan Remaja dalam Perspektif Psikologi Pendidikan. EL-BANAT: Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Islam, 8(1), 100–115.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i1.4323
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.