KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU KELAS DALAM PENERAPAN TEORI COGNITIF PADA SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN DI SDIT ROBBI RODIYAH CURUP

Beni Azwar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kerjasama guru bimbingan konseling (BK) dengan Guru Kelas dalam Penerapan Teori Cognitif pada Santri dalam menghafal Al-Qur’an di SDIT Robbi Rodiyah  Curup  (SDIT RR 1, SDIT RR 2, SDIT RR 3). Penelitian ini dilatarbelakangi rasa penasaran pada sekolah ini yang menggunakan 2 kurikulum (Diknas dan Kemenag) dengan fullday school, dengan tambahan program tahfidz dan para santri memiliki karakter religius, serta dapat menikmati kehidupan sehari-hari efektif (KES). Program tahfidz merupakan program unggulan yang butuh keseriusan, ketekunan dan keikhlasan kerja cognitive yang perlu pengkondisian guru di sekolah. Penelitian ini memakai metode mix method (kuantitatif-kualitatif), data akan diungkapkan dengan angket tentang fase kognitif yang hasilnya dipresentasekan secara kuantitatif dan data akan didalami secara kualtitatif dengan wawancara mendalam (depth interview), observasi dan kemudian akan dipaparkan secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukan Pertama; Kerjasama guru BK dan guru kelas sesuai fungsi masing-masing. Guru BK berperan sebagai konsultan dalam memahami permasalahan dari tahapan cognitive santri pmenghafal Al-Qur’an, menjaga semangat santri, pengkondisian dan perlakuan orang tua di rumah. Sedangkan guru kelas sebagai pemegang kendali dalam mengontrol hafalan santri dan kordinasi dengan orang tua santri. Kedua; Bentuk Kerjasama yang melibatkan orang tua adalah; buku kendali hafalan, parenting dan pengajian rutin, konseling, serta orang tua harus berakhlakul khorimah.

Keywords


Teori Kognitif; Menghafal Al Qur’an

Full Text:

PDF

References


Abdul Talib, M. N., & Abd Hamid, N. A. (2012). School counselor roles in managing bullying among students in Malaysia: An Islamic perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 434-441, 434–441.

Abidin, Z. (2018). Peran Guru BK dalam Pembinaan Hafizh Al-Qur’an. Jurnal Tarbawi, 1(1), 31–41.

Ahmadi, A. dan W. S. (2015). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.

Al-Hashimi, S. S. (2015). The role of school counsellors in promoting emotional intelligence among students: An Islamic perspective. International Journal of Education and Psychological Research (IJEPR), 4(3), 7–13.

Andarini Nurul Hiidayah. (2018). Pengaruh Menghafal dengan Metode Tabarak Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Memori Menghafal Al-Qur’an Pada Pada Anak Usia Dini. UIN Malik Ibrahim Malang.

Anisah, Z. (2020). Optimalisasi Otak Kanan Dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Melalui Metode Tilawati Di Sekolah Dasar. 4(2), 83–88. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v4i2.93

Azwar, Saifuddin. (2005). Penyusunan Skala Psikologi, Ed (P. P. Offset (ed.)).

Baharuddin, D. (2012). Teori belajar & Pembelajaran. Ar Ruzz Media.

Candra, C., Djaelani, & Ruli, H. (2018). Hubungan Antara Konsentrasi Belajar Dengan Kemampuan Menghafal Al-Quran Pada Kelompok B di PAUD Palma, Banjarsari Surakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–7.

Choirunnisa, R., Katni, & Laksana, S. D. (2021). Pengaruh Kemampuan Menghafal al-Qur’anTerhadap Konsentrasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 6 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.4

Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and conducting mixed methods research. Sage Publication.

Dahar, R. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga.

Dharsana, I. K. (2016). Strategi Modivikasi Kognitif. Graha Ilmu dan Undhiksa Press.

Diba, I. F. (2022). Proses kognitif Pada penghafal Al-Qur’an. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 32–43.

Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Afhabeta.

Fahmiatul Izzah, Syamsu Madyan, N. H. (2022). Pengaruh Program tahfidzul Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Kognitif Siswa SMP IT As-Syadzili. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(8), 138–144.

Fauzi, I., & Himmah, M. A. (2022). Application of Reward and Punishment in Tahfidz Quran Learning. Journal of Islamic Education Research, 3(1), 69–78. https://doi.org/10.35719/jier.v3i1.231

Gagne, R. (1990). The Condition of Learning (Third ed). Holt, Rinehart and Winstone.

Gredler, M. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.

Gredler, M. E. (2009). Learning and instruction: Theory into practice (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing and managing your school guidance program (5th ed.). Alexandria, VA: American Counseling Association.

Hamdan, A., & Rosli, N. A. (2015). The role of school counsellors in promoting students’ well-being: An Islamic perspective. Journal of Education and Practice, 6(9), 111–115.

Hamdan, A. R. (2016). Psychological and cognitive science in the memorization of the holy Quran. International Journal of Evaluation and Research in Education, 5(1), 35–41.

Hendriawan, D., Pendidikan Sejarah, D., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Setia Budhi Rangkasbitung, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (Hots) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 2(2), 2019.

Icha Fara Diba. (2022). Proses Kognitif Pada Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 32–43.

Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. M. R. (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151–167. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115

Kurniawan, R. S. & B. (2022). Dampak Reward dan Punishment terdahap Kedisiplinan Peserta Didik pada Pembelajaran PAI. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAI Syamsul ’Ulum Gunungpuyuh, 3(1), 12–21.

Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.

Mohd. Surya. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Cet. II. Yayasan Bhakti Winaya, 2003,.

Muhibbin, S. (2005). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.

Nugraha. (2019). Bimbingan Tahfidz Al-Quran dengan Metode Ritme Otak untuk Meningkatkan Motivasi Santri dalam Menghafal Al-Qur’an. Bimbingan Konseling Islam, 7(September), 371–390. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i3.2120

Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24

Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tadzhib Al-Akhlak, 1(5).

Piaget, Jean. (1988). Antara Tindakan Dan Pikiran, (disunting oleh Agus Cremers). PT. Gramedia.

Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.17

Robert L, Solso, Otto H. Maclin, M. K. M. (2007). Psikologi Kognitif. Erlangga, 2007.

Santrock, J, W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Erlangga.

Shokhibul Arifin. (2021). Teori Kognitif Dalam Perencanaan Pembelajaran. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 88–98.

Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indeks.

Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja rosdakarya.

Wahyuningsih, B. Y., & Sunni, M. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Otak Kanan dan Otak Kiri terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Palapa, 8(2), 351–368. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.885

Wahyuningsih, P., Hasanah, H., & Hasibuan, A. T. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran di Abad 21. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.4659

Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 12(1).

Wiwik Widiyati. (2014). Belajar Dan Pembelajaran Perspektif Teori Kognitivisme. BIOLOGI SEL, 3(2), 177–187.

Yossita Wisman. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215.

Yusron Masduki. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te, 18(1), 18–35.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i1.4284

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.