KERJASAMA GURU BIMBINGAN KONSELING DENGAN GURU KELAS DALAM PENERAPAN TEORI COGNITIF PADA SANTRI DALAM MENGHAFAL AL QUR’AN DI SDIT ROBBI RODIYAH CURUP
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abdul Talib, M. N., & Abd Hamid, N. A. (2012). School counselor roles in managing bullying among students in Malaysia: An Islamic perspective. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 59, 434-441, 434–441.
Abidin, Z. (2018). Peran Guru BK dalam Pembinaan Hafizh Al-Qur’an. Jurnal Tarbawi, 1(1), 31–41.
Ahmadi, A. dan W. S. (2015). Psikologi Belajar. Rineka Cipta.
Al-Hashimi, S. S. (2015). The role of school counsellors in promoting emotional intelligence among students: An Islamic perspective. International Journal of Education and Psychological Research (IJEPR), 4(3), 7–13.
Andarini Nurul Hiidayah. (2018). Pengaruh Menghafal dengan Metode Tabarak Al-Qur’an Terhadap Peningkatan Memori Menghafal Al-Qur’an Pada Pada Anak Usia Dini. UIN Malik Ibrahim Malang.
Anisah, Z. (2020). Optimalisasi Otak Kanan Dalam Menghafal Al-Qur’an Juz 30 Melalui Metode Tilawati Di Sekolah Dasar. 4(2), 83–88. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v4i2.93
Azwar, Saifuddin. (2005). Penyusunan Skala Psikologi, Ed (P. P. Offset (ed.)).
Baharuddin, D. (2012). Teori belajar & Pembelajaran. Ar Ruzz Media.
Candra, C., Djaelani, & Ruli, H. (2018). Hubungan Antara Konsentrasi Belajar Dengan Kemampuan Menghafal Al-Quran Pada Kelompok B di PAUD Palma, Banjarsari Surakarta. Jurnal Penelitian Pendidikan Anak Usia Dini, 6(1), 1–7.
Choirunnisa, R., Katni, & Laksana, S. D. (2021). Pengaruh Kemampuan Menghafal al-Qur’anTerhadap Konsentrasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Muhammadiyah 6 Ponorogo. Jurnal Pendidikan Nusantara, 1(1), 11–20. https://doi.org/10.55080/jpn.v1i1.4
Creswell, J. W., & Plano Clark, V. L. (2018). Designing and conducting mixed methods research. Sage Publication.
Dahar, R. (2011). Teori-Teori Belajar & Pembelajaran. Erlangga.
Dharsana, I. K. (2016). Strategi Modivikasi Kognitif. Graha Ilmu dan Undhiksa Press.
Diba, I. F. (2022). Proses kognitif Pada penghafal Al-Qur’an. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 32–43.
Efendi, A. (2005). Revolusi Kecerdasan Abad 21. Afhabeta.
Fahmiatul Izzah, Syamsu Madyan, N. H. (2022). Pengaruh Program tahfidzul Qur’an Terhadap Prestasi Belajar Kognitif Siswa SMP IT As-Syadzili. VICRATINA: Jurnal Pendidikan Islam, 7(8), 138–144.
Fauzi, I., & Himmah, M. A. (2022). Application of Reward and Punishment in Tahfidz Quran Learning. Journal of Islamic Education Research, 3(1), 69–78. https://doi.org/10.35719/jier.v3i1.231
Gagne, R. (1990). The Condition of Learning (Third ed). Holt, Rinehart and Winstone.
Gredler, M. (1994). Belajar dan Pembelajaran. Penerbit PT.Raja Grafindo Persada.
Gredler, M. E. (2009). Learning and instruction: Theory into practice (6th ed.). Upper Saddle River, NJ: Pearson.
Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2012). Developing and managing your school guidance program (5th ed.). Alexandria, VA: American Counseling Association.
Hamdan, A., & Rosli, N. A. (2015). The role of school counsellors in promoting students’ well-being: An Islamic perspective. Journal of Education and Practice, 6(9), 111–115.
Hamdan, A. R. (2016). Psychological and cognitive science in the memorization of the holy Quran. International Journal of Evaluation and Research in Education, 5(1), 35–41.
Hendriawan, D., Pendidikan Sejarah, D., & Pendidikan Guru Sekolah Dasar STKIP Setia Budhi Rangkasbitung, D. (2019). Penerapan Pembelajaran Higher Order Thinking Skills (Hots) Di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Setia Budhi, 2(2), 2019.
Icha Fara Diba. (2022). Proses Kognitif Pada Penghafal Al-Qur’an. Jurnal Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 11(1), 32–43.
Jailani, M., Wantini, W., Suyadi, S., & Bustam, B. M. R. (2021). Meneguhkan Pendekatan Neurolinguistik dalam Pembelajaran: Studi Kasus pada Pembelajaran Bahasa Arab Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah, 6(1), 151–167. https://doi.org/10.25299/al-thariqah.2021.vol6(1).6115
Kurniawan, R. S. & B. (2022). Dampak Reward dan Punishment terdahap Kedisiplinan Peserta Didik pada Pembelajaran PAI. Manhajuna: Jurnal Pendidikan Agama Islam Pascasarjana STAI Syamsul ’Ulum Gunungpuyuh, 3(1), 12–21.
Madaniyah, J., Khoiruzzadi, M., & Prasetya, T. (2021). PERKEMBANGAN KOGNITIF DAN IMPLIKASINYA DALAM DUNIA PENDIDIKAN (Ditinjau dari Pemikiran Jean Piaget dan Vygotsky) Muhammad Khoiruzzadi, 1 & Tiyas Prasetya 2. 11, 1–14.
Mohd. Surya. (2003). Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran, Cet. II. Yayasan Bhakti Winaya, 2003,.
Muhibbin, S. (2005). Psikologi Pendidikan, Suatu Pendekatan Baru. PT Remaja Rosdakarya.
Nugraha. (2019). Bimbingan Tahfidz Al-Quran dengan Metode Ritme Otak untuk Meningkatkan Motivasi Santri dalam Menghafal Al-Qur’an. Bimbingan Konseling Islam, 7(September), 371–390. https://doi.org/10.15575/irsyad.v7i3.2120
Nuraeni, N., & Syihabuddin, S. A. (2020). Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa dengan Pendekatan Kognitif. Jurnal BELAINDIKA (Pembelajaran Dan Inovasi Pendidikan), 2(1), 19–20. https://doi.org/10.52005/belaindika.v2i1.24
Oktapiani, M. (2020). Tingkat Kecerdasan Spiritual Dan Kemampuan Menghafal Al-Qur’an. Tadzhib Al-Akhlak, 1(5).
Piaget, Jean. (1988). Antara Tindakan Dan Pikiran, (disunting oleh Agus Cremers). PT. Gramedia.
Putra, E. D., & Amalia, R. (2020). Upaya Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Discovery Learning Berbasis Assessment Learning. Journal of Education and Learning Mathematics Research (JELMaR), 1(1), 57–64. https://doi.org/10.37303/jelmar.v1i1.17
Robert L, Solso, Otto H. Maclin, M. K. M. (2007). Psikologi Kognitif. Erlangga, 2007.
Santrock, J, W. (2011). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup). Erlangga.
Shokhibul Arifin. (2021). Teori Kognitif Dalam Perencanaan Pembelajaran. TADARUS: Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 88–98.
Slavin, R. E. (2008). Psikologi Pendidikan Teori dan Praktik. Indeks.
Syah, M. (2004). Psikologi Pendidikan Dengan Pendekatan Baru. Remaja rosdakarya.
Wahyuningsih, B. Y., & Sunni, M. A. (2020). Efektifitas Penggunaan Otak Kanan dan Otak Kiri terhadap Pencapaian Hasil Belajar Mahasiswa. Palapa, 8(2), 351–368. https://doi.org/10.36088/palapa.v8i2.885
Wahyuningsih, P., Hasanah, H., & Hasibuan, A. T. (2020). Analisis Perkembangan Kognitif Anak Melalui Tahfidz Al-Quran di Abad 21. Al-Aulad: Journal of Islamic Primary Education, 3(1), 10–18. https://doi.org/10.15575/al-aulad.v3i1.4659
Warsita, B. (2018). Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya Pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 12(1).
Wiwik Widiyati. (2014). Belajar Dan Pembelajaran Perspektif Teori Kognitivisme. BIOLOGI SEL, 3(2), 177–187.
Yossita Wisman. (2020). Teori Belajar Kognitif Dan Implementasi Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Kanderang Tingang, 11(1), 209–215.
Yusron Masduki. (2018). Implikasi Psikologis Bagi Penghafal Al-Qur’an. Medina-Te, 18(1), 18–35.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i1.4284
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.