Self Regulated Learning dan Percaya Diri Siswa Ditingkatkan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok

Hadi Pranoto, Agus Wibowo, Nurul Atieka

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui hasil implementasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-regulated learning dan kepercayaan diri kelas VII.1 SMP Negeri (SMPN) 1 Metro, kelompok layanan bimbingan dapat meningkatkan self-regulated learning dan percaya diri kelas VII. 1 Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 1 Metro. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian ini, peneliti mengambil siswa kelas VII.1 SMPN 1 Metro. Dengan sampel 10 siswa dari 30 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-regulated learning dan percaya diri siswa, Dampak dari perubahan belajar dan kemampuan peserta didik untuk memahami materi pelajaran, (1) Perencanaan, (2) Self Monitoring, dan (3) Refleksi Diri / Evaluasi dalam pembelajaran. Melalui layanan bimbingan kelompok yang disediakan oleh konseling, guru dapat meningkatkan pembelajaran mandiri siswa kelas VII.1 SMPN 1 Metro. Ada peningkatan belajar mandiri siswa pada siklus pertama dapat dilihat dari persentase rata-rata adalah 2,7% dan siklus kedua sebesar 75%, yang mengarah ke peningkatan pembelajaran self-regulated dan percaya diri sebesar 47,8%.


Keywords


Self-Regulated Learning, Percaya Diri, Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Apranadyanti, N. (2010). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X SMK Ibu Kartini Semarang. Available at Eprints.undip.ac.id/10962/I/INTISARI.pdf.

Aqib, Z. (2006), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto, S. (2011). Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Aditya Media.

Gibson, R. L. & Marianne, H. M. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Montalvo, F. T. & Maria C. G. T. (2004). Self-regulated learning: Current and Future Direction. Journal of research in Educational Psychology. 2(1), 1-34. ISSN: 1969-2095. Available at http: //www.investigationpsicodagogica.org/revista/articuols/3/english/art-3-27.pdf.{accessed

Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 100-111.

Pranoto, H. & Wibowo, A. (2018). Identifikasi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Piil Pesenggiri dan Perannya dalam dalam Pelayanan Konseling Lintas Budaya. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(2).

Pranoto, H., Wibowo, A., & Atieka, N. (2020). Layanan Informasi Melalui Youtube Counsfit Untuk Memberikan Self Awareness Tentang Bahaya Covid-19. Available at repository.ummetro.ac.id

Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP.

Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madarasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Wibowo, M. E. (2010). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.

Wibowo, M. E. (2015). BK Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.

Wolters, C. A., Printich, P. R., & Karabenik, S. A. (2003). Assesing Academic Self-regulated learning. Paper prepared for the Conference on Indicator of potive Developnemt: Definition, Measures, and Prospective Validity, National Institute of Health, March 2003. Available at http: //www.childtrends.org/files/childtrends2003_03_12_pdconfwpk.pdf.

Zimmerman, B. J. (2009). A Social Cognitive View of Self Regulated Learning. Journal of Educational Psychology, 81 (3), 1-23.

Zimmerman, B. J. (2008). Investigating Self-Regulation And Motivation: Historical Background, Methodological Developments, And Future Prospects. American Educational Research Journal, 45(1), pp. 166-183.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i3.3854

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.