Self Regulated Learning dan Percaya Diri Siswa Ditingkatkan Melalui Layanan Bimbingan Kelompok
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah, untuk mengetahui hasil implementasi layanan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-regulated learning dan kepercayaan diri kelas VII.1 SMP Negeri (SMPN) 1 Metro, kelompok layanan bimbingan dapat meningkatkan self-regulated learning dan percaya diri kelas VII. 1 Sekolah Menengah Pertama (SMPN) 1 Metro. Desain penelitian menggunakan penelitian tindakan. Subjek dalam penelitian ini, peneliti mengambil siswa kelas VII.1 SMPN 1 Metro. Dengan sampel 10 siswa dari 30 siswa. Metode yang digunakan dalam mengumpulkan data dengan observasi dan catatan lapangan. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa hasil yang diperoleh melalui pelaksanaan bimbingan kelompok untuk meningkatkan self-regulated learning dan percaya diri siswa, Dampak dari perubahan belajar dan kemampuan peserta didik untuk memahami materi pelajaran, (1) Perencanaan, (2) Self Monitoring, dan (3) Refleksi Diri / Evaluasi dalam pembelajaran. Melalui layanan bimbingan kelompok yang disediakan oleh konseling, guru dapat meningkatkan pembelajaran mandiri siswa kelas VII.1 SMPN 1 Metro. Ada peningkatan belajar mandiri siswa pada siklus pertama dapat dilihat dari persentase rata-rata adalah 2,7% dan siklus kedua sebesar 75%, yang mengarah ke peningkatan pembelajaran self-regulated dan percaya diri sebesar 47,8%.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Apranadyanti, N. (2010). Hubungan Antara Regulasi Diri Dengan Motivasi Berprestasi Pada Siswa Kelas X SMK Ibu Kartini Semarang. Available at Eprints.undip.ac.id/10962/I/INTISARI.pdf.
Aqib, Z. (2006), Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rineka Cipta.
Arikunto, S. (2011). Penilaian dan Penelitian Bidang Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta : Aditya Media.
Gibson, R. L. & Marianne, H. M. (2011). Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Montalvo, F. T. & Maria C. G. T. (2004). Self-regulated learning: Current and Future Direction. Journal of research in Educational Psychology. 2(1), 1-34. ISSN: 1969-2095. Available at http: //www.investigationpsicodagogica.org/revista/articuols/3/english/art-3-27.pdf.{accessed
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian LPPM UM Metro, 1(1), 100-111.
Pranoto, H. & Wibowo, A. (2018). Identifikasi Nilai Kearifan Lokal (Local Wisdom) Piil Pesenggiri dan Perannya dalam dalam Pelayanan Konseling Lintas Budaya. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 3(2).
Pranoto, H., Wibowo, A., & Atieka, N. (2020). Layanan Informasi Melalui Youtube Counsfit Untuk Memberikan Self Awareness Tentang Bahaya Covid-19. Available at repository.ummetro.ac.id
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Program Pendidikan Profesi Konselor Jurusan Bimbingan dan Konseling FIP UNP.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madarasah. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Wibowo, M. E. (2010). Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.
Wibowo, M. E. (2015). BK Kelompok Perkembangan. Semarang: Unnes Press.
Wolters, C. A., Printich, P. R., & Karabenik, S. A. (2003). Assesing Academic Self-regulated learning. Paper prepared for the Conference on Indicator of potive Developnemt: Definition, Measures, and Prospective Validity, National Institute of Health, March 2003. Available at http: //www.childtrends.org/files/childtrends2003_03_12_pdconfwpk.pdf.
Zimmerman, B. J. (2009). A Social Cognitive View of Self Regulated Learning. Journal of Educational Psychology, 81 (3), 1-23.
Zimmerman, B. J. (2008). Investigating Self-Regulation And Motivation: Historical Background, Methodological Developments, And Future Prospects. American Educational Research Journal, 45(1), pp. 166-183.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i3.3854
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.