INTENSITAS PENGGUNAAN MEDIA SOSIAL TIKTOK TERHADAP KECENDERUNGAN PERILAKU NARSISTIK
Abstract
Tiktok adalah media sosial yang saat ini disukai oleh berbagai kalangan dari anak-anak hingga dewasa, dan penggunaannya meningkat akhir-akhir ini. Penelitian ini bertujuan menjelaskan hubungan antara penggunaan media sosial tiktok dengan kecenderungan narsistik. Metode Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif korelasional, Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa yang terdaftar pada Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palopo. Sampel berjumlah 165 mahasiswa. Purposive sumpling digunakan dalam proses pengambilan sampel dengan kriteria subjek adalah mahasiswa Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Palopo yang memilki akun tiktok saat ini. Peneliti menggunakan kuesioner (angket) untuk pengumpulan data yang dibuat sendiri yang telah melalui uji plot, skala yang mengukur tingkat penggunaan media sosial tiktok dan narsis digunakan untuk mengumpulkan data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikansi pada uji korelasi intensitas penggunaan media sosial tiktok dan kecenderungan perilaku narsistik sebesar 0,000. Hal tersebut menunjukkan bahwa nilai signifikansi < 0,05 sehingga disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara intensitas penggunaan media sosial tiktok terhadap kecenderungan perilaku narsistik.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abidah, A., Aziz, A., Psikologi, P. S., Pendidikan, F. I., & Yogyakarta, U. N. (2020). Acta Psychologia. 2, 92–107. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.21831/ap.v2i2.35100
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Aprilian, D., Elita, Y., & Afriyati, V. (2020). Hubungan Antara Penggunaan Aplikasi Tiktok Dengan Perilaku Narsisme Siswa Kelas VIII Di SMP Negeri 8 Kota Bengkulu. Consilia : Jurnal Ilmiah Bimbingan Dan Konseling, 2(3), 220–228. https://doi.org/10.33369/consilia.2.3.220-228
Astuti, E., & Andrini, S. (2021). Intensitas Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Perilaku Imitasi Remaja. Komunikologi : Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 18(2), 134–142.
Dewa, C. B., & Safitri, L. A. (2021). Pemanfaatan Media Sosial Tiktok Sebagai Media Promosi Industri Kuliner Di Yogyakarta Pada Masa Pandemi Covid-19 (Studi Kasus Akun TikTok Javafoodie). Khasanah Ilmu - Jurnal Pariwisata Dan Budaya, 12(1), 65–71. https://doi.org/10.31294/khi.v12i1.10132
Dewi, C. M., Putri, A. S., Zamzam Nugraha, M. P., & Haq, A. H. B. (2021). Kepercayaan diri dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial TikTok di Masa Pandemi : Studi Korelasi. Fenomena, 29(2). https://doi.org/10.30996/fn.v29i2.4653
Elmansyah, T. (2017). Upaya Mencegah Dampak Negatif Sosial Media Dengan Layanan Informasi Melalui Media Visual Pada Siswa Kelas Xi Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Pemangkat Kabupaten Sambas. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 2(2), 47. https://doi.org/10.26737/jbki.v2i2.256
Engkus, E., Hikmat, H., & Saminnurahmat, K. (2017). Perilaku Narsis pada Media Sosial di Kalangan Remaja dan Upaya Penanggulangannya. Jurnal Penelitian Komunikasi, 20(2), 121–134. https://doi.org/10.20422/jpk.v20i2.220
Hardika, J., Noviekayati, I., & Saragih, S. (2019). Hubungan Self-Esteem Dan Kesepian Dengan Kecenderungan Gangguan Kepribadian Narsistik Pada Remaja Pengguna Sosial Media Instagram. PSIKOSAINS (Jurnal Penelitian Dan Pemikiran Psikologi), 14(1), 1. https://doi.org/10.30587/psikosains.v14i1.928
Kurniati, K. (2022). a Journal Analisis Perilaku Narsistik Remaja Buddhis Pengguna Aplikasi Tiktok Di Desa Mojorejo, Kecamatan Junrejo. Jurnal Agama Buddha Dan Ilmu Pengetahuan, 7(2), 140–145. https://doi.org/10.53565/abip.v4i2.306
Najah, D. H., Putra, A. A., & Aiyuda, N. (2021). Kecenderungan Narsistik dengan Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok pada Mahasiswa. Psychopolytan : Jurnal Psikologi, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.36341/psi.v5i1.1914
Nurdiana, R. Y. W. (2018). Hubungan Narsisme dan Perilaku Selfie (Self-Potrait Sharing) Pada Mahasiswa. Universitas Muhammadiyah Malang, 1–61. http://eprints.umm.ac.id/38263/1/SKRIPSI.pdf
Sakinah, U., Zatrahadi, M. F., & Darmawati, D. (2020). Fenomena Narsistik di Media Sosial Sebagai Bentuk Pengakuan Diri. Al-Ittizaan: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 34. https://doi.org/10.24014/0.8710544
Solikhah, N. I., & Aesthetika, N. M. (2022). Pengaruh Intensitas Penggunaan Aplikasi Tiktok dan Media Sosial terhadap Kecenderungan Phubbing. Warta ISKI, 5(1), 113–119. https://doi.org/10.25008/wartaiski.v5i1.140
Sugiyono. (2016). metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif,kualitatif,dan r&d (Alfabeta (ed.); 24th ed.).
Utami, A. D. V. (2021). Aplikasi Tiktok Menjadi Media Hiburan Bagi Masyarakat Dan Memunculkan Dampak Ditengah Pandemi Covid-19. MEDIALOG: Jurnal Ilmu Komunikasi, 4(1), 40–47. https://doi.org/10.35326/medialog.v4i1.962
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v8i1.3807
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.