Konseling Islami Dalam Pembentukan Akhlak Santri Di Madrasah Aliyah Pondok Pesantren Zakiyun Najah

Nurussakinah Daulay, Azizah Hanum, Muhammad Dzaky Siregar

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mendeskripsikan langkah-langkah juga strategi yang akan diimplementasikan oleh para konselor dalam Pembentukan Akhlak  santri di pesantren Zakiyun Najah; 2) Mendeskripsikan langkah-langkah juga strategi yang akan diimplementasikan oleh para konselor dalam Pembentukan Akhlak  santri di pesantren Zakiyun Najah; 3) Mengetahui fenomena-fenomana kecil yang menjadi latar belakang dibutuhkannya bimbingan konseling akhlak bagi santri Zakiyun Najah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode Fenomenologi. Teknik analisis datanya menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwasannya Bimbingan dan Konseling Islam dapat membantu untuk membangun akhlak yang mulia yang menjadi karakter dan sikap peserta didik dalam kehidupan sehari-harinya, tujuan pendidikan akhlak ialah menjadikan insan yang sholeh dan beriman, baik dalam pergaulannya, bertawakkal kepada Allah, menjaga silaturahmi dan persaudaraan, berdakwah dan menyiarkan agama Allah, dan yang terakhir ialah melakukan tugasa yang berkaitan dengan kemaslahatan ummat.

Keywords


Konseling; Islami; Akhlak; Santri; Pesantren

Full Text:

PDF

References


Creswell, J. W. (2005). Educational Research, Planning, Conduction and Evaluating Quantitative dan Qualitative Research. International Edition. By New Jersey. Pearson Education, Inc, Upper Saddle River

Jannah, M. (2019). Peranan Guru Dalam Pembinaan Akhlak Mulia Peserta Didik (Studi Kasus Di Mis Darul Ulum, Madin Sulamul Ulum Dan Tpa Az-Zahra Desa Papuyuan). Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 137-165

Lapalu. E. S. U. (2013). Societas Indonesia Masa Kini: Diskursus Fenomenologi Tentang Agama, Politik, Hukum, Budaya dan Postmodernitas, Jurnal Nasional Edukasi, 7(4), 461-475.

Moleong, L J. (2001). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung, Remaja Rosdakarya.

Mulyadi, A. (2003). Dasar–Dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta, Departemen Pendidikan Nasional.

Murtafiah, A. & Sahara. O. A. (2019). Pelaksanaan Bimbingan Pribadi Sosial Dalam Mengembangkan Keterampilan Sosial Siswa Terisolir Di SMP Negeri 5 Banguntapan. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 03(2), 1-29

Nahar, S. (2017). Standar Kompetensi Kepribadian Guru, Kajian Berbasis Data Penelitian Lapangan. Yogyakarta, Atap Buku,.

Nurchaili. (2010), Membentuk Karakter Siswa Melalui Keteladanan Guru, Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 16(III), 233-244

Nurihsan, J. A. (2005). Strategi Layanan Bimbingan dan Konseling. Bandung, Refika Aditama.

Prayitno dan Amti, E. (1999). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta, Rineka Cipta.

Ramlah. (2018). Pentingnya Layanan Bimbingan Konseling Bagi Peserta Didik. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(1), 70-77.

Riduan. (2004). Belajar Mudah Penelitian untuk Guru Karyawan dan Peneliti Pemula. Bandung, Alpabeta.

Ridwan, A. (2018). Peran Guru Agama Dalam Bimbingan Konseling Siswa Sekolah Dasar, Risâlah, Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 4(1), 1-13

Sawaty, I. (2018). Strategi Pembentukan Akhlak Santri di Pondok Pesantren. Jurnal Al-Mau’izhah, 1(1), 31-46.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Administrasi. Bandung, Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung, Alfabeta.

Sungkowo, (2014). Konsep Pendidikan Akhlak (Komparasi Pemikiran Al-Ghazali Dan Barat), Nur El-Islam, 1(1), 33-62

Sutrisno. (1981). Metodologi Research, Yogyakarta, Andi Offset.

Tafsir, A. (2007). Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam. Bandung, Remaja Rosda Karya.

Taslima. (2018). Pemberian Hukuman Positif Guru Bimbingan Konseling Di SMPN 1 Kalasan Yogyakarta. Jurnal Transformatif, 2(2), 187-202




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i2.2971

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / lp2jistkipsingk[email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

SINTA 3 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog  Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management  Submissions explore

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.