Kontribusi Nilai-Nilai Al-Islam dan Kemuhamadiyahan Dalam Mendorong Kinerja Guru BK

Asni Asni, Fauzi Nur Ilahi, Siti Hajar, Nurmawati Nurmawati

Abstract


Kinerja yang baik bimbingan dan konseling dalam pendidikan karakter diperlukan karena hakikatnya layanan bimbingan dan konseling berorientasi pada pengembangan karakter siswa sehingga mencapai kemaslahatan siswa. Tujuan penelitian ini untuk menganalisa nilai-nilai al-islam dan kemuhamadiyahan dalam meningkatkan kinerja guru bimbingan dan konseling sebagai praksis pendidikan karakter dipersyarikatan muhammadiyah DKI Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah guru bimbingan dan konseling dipersyarikatan muhammadiyah DKI Jakarta. Jenis instrumen yang digunakan wawancara dan observasi serta instrument pendukung untuk mengukur tingkat kinerja guru bimbingan dan konseling dipersyarikatan muhammadiyah DKI Jakarta menggunakan instrumen berupa angket. Jenis angket yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket tertutup dengan skala likert. Teknik analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan analisis pendukung data kuantitatif melalui deskripsi data kualitatif untuk menggambarkan kinerja guru bimbingan dan konseling diperguruan muhammadiyah yang menjadi subjek penelitian. Berdasarkan presentase tentang kinerja guru bimbingan dan konseling pada hasil penelitian dan skor mean yang ada, diperoleh pengelompokan kinerja guru bimbingan dan konseling yang memberi gambaran bahwa kinerja guru BK dipersyarikatan muhammadiyah DKI Jakarta sebanyak 78% dalam kategori sangat tinggi dan 22% pada kategori tinggi.

Keywords


Nilai-nilai Al-islam dan Kemuhammadiyahan; Kinerja Guru BK; Pendidikan Karakter

Full Text:

PDF

References


Nofriza, F. (2017). Development of training guide johari windows in improving student self-disclosure. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 2(1), 41. https://doi.org/10.23916/008621923-00-0

Rezki. (2017). Peranan Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Membentuk Karakter Melalui Mata Pelajaran Al-Islam Dan Kemuhammadiyahan di SMK Muhammadiyah 3 Banjarmasin. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur : Berbeda, Bermakna, Mulia

Tamrin, M. (2019). Al-Islam dan Kemuhadiyahan (AIK) Pilar Dakwah Islam Rahmatan Lil Alamin (Studi Pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah di NTT). Ta’lim: Jurnal Studi Pendidikan Islam, 2(1), 69–87.

De Vaus, D. A. (2014). Surveys in social research. Sydney, Australia: Allen & Unwin.

Sagita, D. D., Daharnis, D., & Syahniar, S. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik Dan Stres Akademik Mahasiswa. Bikotetik (Bimbingan Dan Konseling: Teori Dan Praktik), 1(2), 43. https://doi.org/10.26740/bikotetik.v1n2.p43-52

Muslihati. (2019). Peran Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Kejuruan. 4(3), 101–108. https://doi.org/10.17977/um001v4i32019p101

Marsinun, & Riswanto. (2020). Perilaku Cyberbullying Remaja di Media Sosial Youth Cyberbullying Behavior in Social Media. 12(2), 98–111.

Arifin, S. (2015). Rekonstruksi Al-Islam-Kemuhammadiyahan (Aik) Perguruan Tinggi Muhammadiyah Sebagai Praksis Pendidikan Nilai. EDUKASI: Jurnal Penelitian Pendidikan Agama Dan Keagamaan, 13(2), 201–221. https://doi.org/10.32729/edukasi.v13i2.239

Ilahi, F. (2019). Pendidikan merupakan usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar , dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan , pengendalian diri , kepribadian , kecerda. 5(2), 211–231.

Nursalim, Mochamad. (2015). Pengembangan Profesi Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Erlangga.

Saswandi, T., & Sari, A. P. (2019). Analisis penerapan nilai-nilai Al Islam dan Kemuhammadiyahan dalam perkuliahan. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(1), 27. https://doi.org/10.29210/120192327

Nihayati, O. P. P. (2020). Internalisasi Nilai-nilai Al-Islam dan Internalization of Muhammadiyah and Islamic. 1(1), 15–19.

Kamaruzzaman. (2016). Analisis Faktor Penghambat Kinerja Guru Bimbingan Dan Konseling Sekolah Menengah Atas. SOSIAL HORIZON: Jurnal Pendidikan Sosial, 3(2), 229–242.

Baidarus, Tasman Hamami, Fitriah M. Suud, A. S. R. (2019). Al-Islam dan kemuhammadiyahan sebagai basis pendidikan karakter a * Baidarus, b1 Tasman Hamami, c2 Fitriah M. Suud, d3 Azam Syukur Rahmatullah. AL-ASASIYYA: Journal Basic Of Education, 4(1), 71–91. http://journal.umpo.ac.id/index.php/al-asasiyya/index.

Ilahi, Fauzi Nur. Tesis Efektifitas Program Pengembangan Karir Untuk Meningkatkan Employability Skills Bagi Calon Pendidik Pada Program Studi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi DKI Jakarta. Jakarta : Universitas Negeri Jakarta (2019)




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i1.2788

Refbacks



Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

SINTA 3 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog  Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management  Submissions explore

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.