Efektivitas Model Positive Parenting Program (Triple P) Untuk Meningkatkan Regulasi Emosi Orang Tua

Linda Dwi Sholikhah, Novela Nadia Fardah

Abstract


Regulasi emosi merupakan kemapuan untuk mengatur kondisi emosi. Orang tua seharusnya mampu untuk mengatur emosinya sehingga tenang saat menghadapi anak. Tujuan penelitian adalah menguji efektivitas konseling kelompok model Triple P efektif dalam meningkatkan regulasi emosi pada orangtua.  Pada penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksperimen. Studi pendahuluan didapat informasi dari 25 responden diperoleh: 3 orang (12%) kategori rendah, 18 orang (72%) kategori sedang:, dan 4 orang (16%) kategori tinggi. Berdasarkan hasil studi awal maka dapat disimpulkan bahwa pada umumnya kondisi regulasi emosi orang tua termasuk dalam katagorri sedang. Berdasarkan hasil studi awal maka dilakukan kegiatan konseing individu untuk meningkatkan regualsi emosi orang tua dengan mengambil 7 subjek untuk mengikuti kegiatan konseling kelompok. Kegiatan konseling kelompok dilakukant 6 kali pertemuan. Setelah dilakukan konseling kelompok mengalami peningkatan sebesar 24,12%. Kemudian dianalsisi menggunakan SPSS 26 menggunakan uji Wilcoxson maka diperoleh hasil nilai Z -2,371 dan Asymp Sig. (2-Tailed) adalah 0,018. Maka dapat disimpulkan nilai  0,018 < 2 sehingga dapat disimpulkan hasilnya efektif.

Keywords


Konseling Kelompok; Model Triple P; Regulasi Emosi; Orang Tua

Full Text:

PDF

References


Emzir. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuatintatif dan Kualitatif. Depok: PT. Rajagrafindo Persada

Gina, F., & Fitriani, Y. (2020). Regulasi emosi dan parenting stress pada ibu bekerja. Jurnal Psikologi Terapan dan Pendidikan, 96-102.

Groos. (2014). Handbook of Emotion Regulation. New York: The Guildford Press..

Hasibuan, M. (2004). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Indrawati, T. (2020). Efektivitas Program Positif Parenting dalam Mengurangi Stres Pengasuhan pada Ibu Muda. Al Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 201-215.

J.J, G. (2014). Handbook of Emotion Regulation. New York: The Guildford Press.

Mas , I. R., & Suryanto. (2018). Pola Regulasi Emosi Orang Tua Dengan Anak Temper Tantrum. Conference Call For Paper. Surabaya: Universitas Katolik Widya Mandala.

Mubarok, P. P. ( 2016). Program Pengasuhan Positif Untuk Meningkatkan Keterampilan Mindful Parenting Orangtua Remaja. Psympathic. Jurnal Ilmiah Psikologi , Vol. 3, No. 1, Hal: 35 - 50.

Myrick, R. (2011). Developmental Guidance and Counseling. Minneapolis: Educational Media Corporation.

Prastuti, E., Tairas, M. M., & Hartini, N. (2020). Adaptation and Validation of Cognitive Emotion Regulation Questionnaire (CERQ) in Indonesian Version. Journal of Educational, Health and Community Psychology, Vol 9, No 2.

Putri, A. A., & Chusairi, A. (2021). Efektivitas Positive Parenting Program (Tripel-P) Dalam Meningkatkan Ketrampilan Regulasi DIri Orang Tua Remaja: Systematic Review. Jurnal Penelitian Ipteks, 171-179.

Salari, R., Ralph, A., & Sanders, M. (2014). An efficacy trial: positive parenting program for parents of teenagers. . Behaviour Change. , 31. 34-52. 10.1017/bec.2013.31.

Suárez, A., Byrne, S., & Rodrigo, M. J. (2018). Effectiveness of a Universal Web-based Parenting Program to Promote Positive Parenting: Patterns and Predictors on Program Satisfaction. Journal of Child and Family Studies, 27:3345–3357.

Supriatna, E., Alawiyah, T., & Yuliani, W. (2019). Seminar Parenting Program (Triple P) Pada Ibu-Ibu Dharma Wanita Persatuan Garut. Jurnal Pengandian Masyarakat (Abdimas IKIP Semarang), V0l.02. No.02.

Sutanto, A. V., & Andriani, A. (2020). Positive Parenting Membangun Karakter Positif Anak. Yogyakarta: PT. Pustaka Baru.

Taggart, P. M., & Sanders, M. R. (2007). Mediators and moderators of change in dysfunctional parenting in a school-based universal application of the Triple-P Positive Parenting Programme. Journal of Children’s Services, Volume 2 .

Usman, H., & Akbar, P. S. (2012). Pengantar Statistik. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Widuri, E. (2012). Regulasi Emosi dan Reliensi Pada Mahasiswa Tahun Pertama. jurnal humanitas, 147-156.

Winkel, W., & Hastuti, S. (2015). Bimb ingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.

Wulandari, S., & Afiatin, T. (2020). Positive Parenting Program to Improve Mother Efficacy in Parenting Teenagers. Jurnal Psikologi, Volume 47, Nomor 1, 2020: 30 – 42.

Zimmermann, P., & Thomson, R. A. (2014). New Direction in Develpomental Emotion Regulation Research Across The Life Span: Introductiob To Thr Special Section. International Journal Of Behavioral Development, 38(2) 139-141.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i1.2713

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.