Pengembangan Video Animasi Modeling Simbolik Untuk Memahami Konsep Diri Siswa

Emmy Haryati, Indri Astuti, Fadillah Fadillah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan video animasi modeling simbolik untuk memahami konsep diri siswa. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and development (R & D). Model pengembangan menggunakan ASSURE. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa desain pengembangan   video animasi modeling simbolik untuk memahami konsep diri siswa dengan model pengemabnagn yang digunakan adalah memodifikasi langkah pengembangan ASSURE, meliputi analyze learners, state objectives, select methods, media and materials, utilize materials, requires learner participation  dan  evaluate and revise. Profil pengembangan ideo animasi modeling simbolik untuk memahami konsep diri siswa berisi langkah-langkah storyboard yang terdiri dari tahap pra pengembangan, pelaksanaan pengembangan, dan evaluasi dan revisi. Analisis data perubahan pemahaman konsep diri siswa terhadap pengembangan video animasi modeling simbolik untuk memahami konsep diri siswa pada kelas sampel yang berjumlah 32 orang diketahui rata-rata angket perubahan pemahaman konsep diri siswa terhadap pengembangan video animasi modeling simbolik untuk memahami konsep diri siswa sebesar 88,8% dari 32 siswa mengalami perubahan pemahaman konsep diri, dengan nilai minimum 85,8% dari 32 siswa mengalami perubahan konsep diri dan nilai maksimumnya 96,13% dari 32 siswa mengalami perubahan konsep diri.

Keywords


Video Animasi; Modeling Simbolik; Konsep Diri

Full Text:

PDF

References


Arsyad, Azhar. 2011. Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grasindo Persada

Aunnurahman. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Alfabeta. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keisilaman Vol. 03 No. 2 Desember 2017

........................2019. Buku Ajar Penelitian Kualitatif & Pengembangan Memuat Konsep-Konsep Praktis untuk Dosen dan Mahasiswa. Pontianak : Publishe Fahruna Bahagia

Beny A. Pribadi. 2011. Model ASSURE untuk Mendesain Pembelajaran Sukses. Jakarta : PT Dian Rakyat

Deni, Darmawan. 2012. Inovasi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Falahudin, Iwan, 2014. Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran. Jurnal Lingkar Widyaiswara, 4 (1), 104-117

Hendrawansyah, R. Y. Tyas Catur Pamudi, 2009 Multimedia Pembelajaran Lithosfer Untuk SMA Kelas X , Jurnal Teknologi Informasi, Volume 5 Nomor 2 Oktober 2009. ISSN 1414 -9999

Henry. 2005. Pandaun Praktis Membuat Game 3D. Yogyakarta: Graha Ilmu

Mahnun, Nunu. (2012). Media Pembelajaran (Kajian terhadap Langkah-langkah Pemilihan Media dan Implementasinya dalam Pembelajaran). E-jurnal, 1 (37). 28. Diakses dari halaman web: http://webcache.googleusercontent. com/search?q=cache:vJRB3Vf55WoJ:ejournal.uin-suska.ac.id/index.php/ Anida/article/download/310/293+&cd=1&hl=id&ct =clnk&gl=id.

Putri, Dianingtyas Murtanti. Pembentukan Konsep Diri Anak Usia Dini di One Earth School Bali, Ilmu Komunikasi Journal of Communication Science vol.2 no.1 Februari- Juli 2012, p. 100-117 (ISSN: 2087-8850

Rahmat, Jalaludin. 2005. Psikologi Komunikasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Rusman. 2013. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada

Shertzer,B & Stone, S. C. 1981. Fundamentals Of Guidance. Boston: Houghton Mifflin Company

Sagala, Sayiful. 2015. Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : ALFABETA

Susiana, Rudi dan Riyana. Cepi. 2009. Media Pembelajaran Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan dan Penilaian. Bandung: CV. Wacana Prima

Surya, Hendra. 2007. Percaya Diri itu Penting: Peran Orangtua dalam Menumbuhkan Percaya Diri Anak. Jakarta: Elex Media Komputindo.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i1.2561

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.