PENGEMBANGAN APLIKASI ANDROID BANTUAN DIRI (SELF HELP) DALAM PERENCANAAN PENDIDIKAN LANJUTAN SISWA

Rizki Iswar Annas, Budi Purwoko, Tamsil Muis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengembangan dan kelayakan aplikasi android swadaya dalam perencanaan pendidikan lanjutan untuk siswa. Penggunaan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) terdiri dari sepuluh tahapan, yaitu pengumpulan informasi dan kajian penelitian dan permasalahan di lapangan, perencanaan, pengembangan produk awal atau bentuk media, validasi tahapan produk atau media awal, revisi tahapan produk atau media, pengujian produk, perbaikan produk operasional, tahap pengujian operasional, tahap perbaikan produk atau media akhir, distribusi dan pelaporan. Hasil penelitian pengembangan ini telah menghasilkan aplikasi android swadaya (self help) dalam perencanaan pendidikan lanjutan untuk siswa (kelas IX MTSN 8 Banyuwangi) dengan kelayakan menurut hasil penelitian ahli media memperoleh Sangat Baik. kualitas (SB) dengan skor 46 dan persentase 92%, penilaian dari ahli materi memperoleh kualitas Sangat Baik (SB) dengan skor 46 dan persentase 92%, penilaian guru (kelompok kecil) memperoleh Kualitas baik (SB) dengan skor rata-rata 64,67 dan persentase 92,3%, penilaian guru (kelompok besar) diperoleh kualitas sangat baik (SB) dengan skor rata-rata 64,4 dan persentase 92,28%. Jika diterapkan pada siswa dalam kelompok kecil, skor rata-rata adalah 35,8 dengan persentase 89,5%. Sedangkan hasil penilaian siswa dalam kelompok besar diperoleh nilai rata-rata 36,7 dengan persentase 91,75%. Dengan demikian, adanya aplikasi android swadaya (swadaya) dalam perencanaan pendidikan lanjutan siswa.

Full Text:

PDF

References


Hurlock, E.B. (2014). Psikologi Perkembangan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Barack, A., Britt K., & Judith G. P. (2009). Defining Internet-Supported Therapeutic Interventions. The Society of Behavioral Medicine, 3.

Borg, W.R. & Gall, M.D. Gall. (1983). Educational Research: An Introduction, Fifth Edition. New York: Longman.

Borg, W.R. dan Gall, M.D. (1989). Educational Research: An Introduction, Fifthy Edition. New York: Longman.

Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidikan dan Tenaga Kependidikan. (2007). Rambu-Rambu Penyelenggaraan Bimbingan dan Konseling dalam Jalur Pendidikan Formal. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Kusuma, J. W., & Hamidah. (2020). Perbandingan Hasil Belajar Matematika dengan Penggunaan Platform Whatsapp Group dan Webinar ZOOM Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemik COVID 19. Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 5(1), 97–106.

Lawrence Elbraum Associates. (2008). Handbook of SelfHelp Therapies. Ed. Patti Lou Watkins dan George A. Clum. USA: Taylor & Francis Group.

Nabilah. (2010). Pengembangan Media Layanan Konseling di Perguruan Tinggi. Tesis. Bandung: Program Studi Bimbingan Konseling Sekolah Pascasarjana Universitas Pendidikan Indonesia.

Oetomo, B.S.D, dkk. (2007). Pengantar Teknologi Informasi Internet Konsep dan Aplikasi. Yogyakarta: CV Andi Offset.

Pitter, K., dkk. (1995). Every Student’s Guide to the Internet: Windows Version. Singapura: The McGrawHill Companies, Inc.

Rahmawati. (2016). Seminar Hasil TIMMS 2015. http://puspendik.kemdikbud.go.id/seminar/upload/RahmawatiSeminar-Hasil-TIMSS-2015.pdf

Sabri, M. A. (1997). Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Sarwono, S.W. (2002). Psikologi Remaja. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Watkins, K.E. and V.J. Marsick. (1993). Sculpting the Learning Organization. Jossey-Baas, San Fransisco.

Winkel, W. S., dan M. M. Sri Hastuti. (2007). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yogyakarta: Media Abadi.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v6i2.2373

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.