Pentingnya Pendekatan Client Centered Therapy dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisa, A. (2020). Layanan cybercounseling pada masa pandemi. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 35–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1905/ec.v1i2.3715
Aqib, Z. (2012). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yrama Widya.
Azzahra, D. R., Septyanti, R. N., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh clien-centered therapy dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA. Fokus, 2(1), 30–36. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/4174
Cahyono, A. H., & Darminto, E. (2013). Hubungan antara persepsi dan sikap siswa terhadap bimbingan dan konseling dengan minat siswa untuk memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Unesa, Journal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 16–25. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/1928/5334
Chasanah, K. R. N., Hidayati, A., & Maynawati, A. F. R. N. (2020). Peran konseling client centered dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 92–102. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.710
Desugiharti, R., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2017). Peningkatan self esteem dalam interaksi sosial dengan menggunakan konseling client centered. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(5). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14426
Fahyuni, E. F., & Romadlon, D. A. (2020). Model aplikasi cybercounseling islami berbasis website meningkatkan self-regulated learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 93–104. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.34225
Fauziyah, F., Iswari, M., & Afdal, A. (2020). Modifikasi guru kelas dalam imbingan karier di SD / MI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(3), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i3.4976
Firda, E., & Atikah, J. F. (2020). Layanan bimbingan dan konseling ditengah pandemi COVID-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 490–494. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.77
Gibbard, I., & Hanley, T. (2008). A five-year evaluation of the effectiveness of person-centred counselling in routine clinical practice in primary care. Counselling and Psychotherapy Research, 8(4), 215–222. https://doi.org/10.1080/14733140802305440
Gozali, A. (2020). Bimbingan dan konseling berbasis teknologi informasi pada masa PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education Layanan, 1(2), 36–49. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/117
Habibah, B. M., Mulyani, S., Nia, N. I., & Nugroho, P. (2020). Konsep layanan responsif bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar secara daring dimasa pandemi COVID-19. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 305–322. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i2.7583
Hariko, R. (2016). Ilmu bimbingan dan konseling,nilai dan kesejahteraan individu: studi literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 118–123. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/116000
Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan bimbingan klasikal berbasis daring selama masa pandemik COVID-19. 1(2), 96–106. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/125
Karina, W. (2018). Layanan BK dI sekolah islam dan sekolah khatolik (Studi komparatif pada SMP muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMP stella duce 1 Yogyakarta). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2), 78–90. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-06
Kemendikbud. (2016). Panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling sekolah menengah atas (SMA). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. http://eprints.uny.ac.id/54129/1/1. PANDUAN BK SD 2016%2CDITJEN GTK revisi final 21 Des 2016.pdf
Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi COVID-19. Jurnal Sinestesia, 10(1). https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:J8YOgsQu8XcJ:scholar.google.com/+Pendidikan+Dalam+Masa+Pandemi+COVID-19&hl=id&as_sdt=0,5
Komariyah, S., & Nuryanto, I. L. (2019). Efektifitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VIII SMPN 16 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. G-COUNS Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.456
Kurniawan, N. A. (2020). Profesionalitas konselor selama pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 87–91. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/85
KW, S., & S, Budiman, M. A. (2019). Konseling individu melalui cyber counseling terhadap pemebentukan konsep diri peserta didik. 03, 6–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/bikotetik.v3n1.p6-10
Muallimah, S., & Muhari. (2013). Penerapan layanan informasi mengenai orientasi BK untuk meningkatkan minat dalam memanfaatkan layanan BK siswa kelas XI di SMAN I Balen Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 01(1976), 186–193. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/1943/5349
Mulyadi. (2016). Penerapan Client Centered Therapy terhadap klien “KK” yang mengalami grieving di sekolah luar biasa negeri A kota Bandung. Peksos, 15(1), 16–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31595/peksos.v15i1.67
Nidawati, N. (2018). Variasi Individual dalam pembelajaran. Psiko Edukasi, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3327
Permana, S. A., Syahniar, S., & Daharnis, D. (2016). Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas negeri (SMAN) 4 Kerinci. Konselor, 3(4), 168–179. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/02014345708-0-00
Prasetya, A. D., Sugiyo, S., & Japar, M. (2019). Web-based cyber counseling to improve students’ counseling interests. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(4), 144–150. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/32147
Putri, S. M. (2019). Kesiapan guru kelas melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar se-kota Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 40. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.499.000-000
Rachman, A., Rachman, F., Sugianto, A., & Setiawan, M. A. (2020). Sosialisasi layanan BK di sekolah berbasis POP BK bagi anggota PD ABKIN Kalimantan selatan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 282–287. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.3989
Ratwulan, A. A. (2020). Peningkatan motivasi belajar siswa kelas X APHP melalui layanan konseling kelompok dengan metode client centered therapy. 1(1), 39–47. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/4
Ridha, A. A., & Idham, A. F. (2020). Efektivitas konseling dengan pendekatan client centred therapy untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 16(2), 265–279. https://doi.org/10.32528/ins.v%vi%i.1984
Rosada, U. D. (2016). Model pendekatan konseling client centered dan penerapannya dalam praktik. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 14–25. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.454
Safitri, N. E. (2019). Implementasi metode experiential learning dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2((2)), 77-84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v2i2.65 Implementasi
Salam, T. M., & Aulia, V. (2018). Meningkatkan konsep diri siswa melalui konseling client centered. FOKUS, 1(5), 200–206. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/2969/1486
Saputra, N. M. A., & Muharammah, N. W. (2020). Peran layanan bimbingan dan konseling sebagai internalisasi kemampuan adaptasi peserta didik pada era new normal. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 75–79. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/83
Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (Library research) dalam penelitian pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/index
Setyawati, S. (2017). Konseling kelompok dengan teknik client centered therapy dalam meningkatkan ketaatan terhadap tata tertib sekolah. G-COUNS Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/gjbk/article/view/904/817
Sholihah, I. N. M., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam layanan bimbingan dan konseling di tengah pandemi covid 19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 477–482. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/75
Subekti, L. (2015). Model problem based learning dalam layanan BK untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(3), 60–67. http://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/164
Sudirman. (2020). Optimalisasi peran konselor sekolah dengan implementasi aplikasi layanan bimbingan & konseling (e - konseling) pada sekolah menengah atas. Jurnal Mahajana Informasi, 5(1), 85–93. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/7/article/view/1220
Sutisna, T., & Andriyanto, R. E. (2018). Meningkatkan kecerdasan emosi dengan menggunakan konseling client centered improving emotional intelligence by using client centered counseling. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 1. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/15105
Syarqawi, A. (2020). Bimbingan konseling pada masa pandemi COVID-19. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 2(2), 280–294. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/840
Tanod, M. J. (2018). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial siswa melalui pendekatan client centered therapi pada siswa SMP. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 05(2), 85–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.2686
Willis, S. (2014). Konseling individual teori dan praktek. Alfabetta.
Zamroni, E., & Raharjo, S. (2015). Manajemen bimbingan dan konseling berbasis permendikbud nomor 111 tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24176/jkg.v1i1.256
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i1.2166
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.