Pentingnya Pendekatan Client Centered Therapy dalam Layanan Bimbingan dan Konseling di Sekolah pada Masa Pandemi COVID-19: Literature Review

Siti Fatimatuzzahroh, Abdul Muhid

Abstract


Layanan bimbingan dan konseling di sekolah ialah penunjang keberhasilan pembelajaran, hingga dari itu keberadaannya dinilai sangat berarti untuk menolong siswa menuntaskan masalahnya, terdapat banyak layanan yang dapat digunakan cocok dengan kebutuhan. Salah satu layanan yang kerap digunakan dalam menanggulangi permasalahan sisiwa merupakan layanan konseling orang ataupun kelompok. Pada pemberian layanan ini bermacam pendekatan dapat digunakan, antara lain merupakan pendekeatan Client Centerd Therapy ialah pendekatan yang berpusat pada klien. Dalam pendekatan ini konselor cuma bagaikan fasilitator ataupun pengawas berjalannya proses menyelesaian permasalahan, keberhasilan dalam penyelesaian permasalahan bergantung pada keinginan klien. Dikala situasi pandemi COVID-19 ini layanan bimbingan dan konseling juga diberikan secara online dengan menggnakan media semacam web, zoom serta media yang lain. Riset ini bertujuan buat mengetahui apakah pendekatan Client Centered Therapy efiisien dalam menangani permasalahan sisiwa serta bagaiamana penerapan layanan BK di masa pandemi COVID- 19. Riset ini ialah riset literatur ataupun literatur review dimana peneliti melaksanakan pengkajian terhadap penelitian- penelian yang telah dilakukan sebelumnya.

Keywords


Layanan Bimbingan dan Konseling; Pandemi Covid-19; Pendekatan Client Centered Therapy

Full Text:

PDF

References


Aisa, A. (2020). Layanan cybercounseling pada masa pandemi. Edu Consilium : Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 1(2), 35–47. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.1905/ec.v1i2.3715

Aqib, Z. (2012). Ikhtisar Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Yrama Widya.

Azzahra, D. R., Septyanti, R. N., & Yuliani, W. (2019). Pengaruh clien-centered therapy dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa SMA. Fokus, 2(1), 30–36. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/4174

Cahyono, A. H., & Darminto, E. (2013). Hubungan antara persepsi dan sikap siswa terhadap bimbingan dan konseling dengan minat siswa untuk memanfaatkan layanan bimbingan dan konseling. Unesa, Journal Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 16–25. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/1928/5334

Chasanah, K. R. N., Hidayati, A., & Maynawati, A. F. R. N. (2020). Peran konseling client centered dalam meningkatkan kepercayaan diri siswa. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 2(1), 92–102. https://doi.org/https://doi.org/10.32585/advice.v2i1.710

Desugiharti, R., Yusmansyah, & Utaminingsih, D. (2017). Peningkatan self esteem dalam interaksi sosial dengan menggunakan konseling client centered. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 5(5). http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/14426

Fahyuni, E. F., & Romadlon, D. A. (2020). Model aplikasi cybercounseling islami berbasis website meningkatkan self-regulated learning. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 7(1), 93–104. https://doi.org/10.21831/jitp.v7i1.34225

Fauziyah, F., Iswari, M., & Afdal, A. (2020). Modifikasi guru kelas dalam imbingan karier di SD / MI. Biblio Couns: Jurnal Kajian Konseling Dan Pendidikan, 3(3), 84–93. https://doi.org/https://doi.org/10.30596/bibliocouns.v3i3.4976

Firda, E., & Atikah, J. F. (2020). Layanan bimbingan dan konseling ditengah pandemi COVID-19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 490–494. https://doi.org/https://doi.org/10.1234/pdabkin.v1i1.77

Gibbard, I., & Hanley, T. (2008). A five-year evaluation of the effectiveness of person-centred counselling in routine clinical practice in primary care. Counselling and Psychotherapy Research, 8(4), 215–222. https://doi.org/10.1080/14733140802305440

Gozali, A. (2020). Bimbingan dan konseling berbasis teknologi informasi pada masa PSBB ( Pembatasan Sosial Berskala Besar ). Jurnal Bimbingan Konseling Pendidikan Islam Coution : Journal of Counseling and Education Layanan, 1(2), 36–49. http://journal.bungabangsacirebon.ac.id/index.php/coution/article/view/117

Habibah, B. M., Mulyani, S., Nia, N. I., & Nugroho, P. (2020). Konsep layanan responsif bagi siswa yang mengalami kesulitan belajar secara daring dimasa pandemi COVID-19. Konseling Edukasi: Journal of Guidance and Counseling, 4(2), 305–322. https://doi.org/10.21043/konseling.v4i2.7583

Hariko, R. (2016). Ilmu bimbingan dan konseling,nilai dan kesejahteraan individu: studi literatur. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(2), 118–123. https://doi.org/https://doi.org/10.29210/116000

Kamalia, W., Suyati, T., & Maulia, D. (2020). Layanan bimbingan klasikal berbasis daring selama masa pandemik COVID-19. 1(2), 96–106. http://ejournal.undhari.ac.id/index.php/de_journal/article/view/125

Karina, W. (2018). Layanan BK dI sekolah islam dan sekolah khatolik (Studi komparatif pada SMP muhammadiyah 2 Yogyakarta dan SMP stella duce 1 Yogyakarta). Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan Dakwah Islam, 14(2), 78–90. https://doi.org/10.14421/hisbah.2017.142-06

Kemendikbud. (2016). Panduan operasional penyelenggaraan bimbingan dan konseling sekolah menengah atas (SMA). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan. http://eprints.uny.ac.id/54129/1/1. PANDUAN BK SD 2016%2CDITJEN GTK revisi final 21 Des 2016.pdf

Khasanah, D. R. A. U., Pramudibyanto, H., & Widuroyekti, B. (2020). Pendidikan dalam masa pandemi COVID-19. Jurnal Sinestesia, 10(1). https://scholar.googleusercontent.com/scholar?q=cache:J8YOgsQu8XcJ:scholar.google.com/+Pendidikan+Dalam+Masa+Pandemi+COVID-19&hl=id&as_sdt=0,5

Komariyah, S., & Nuryanto, I. L. (2019). Efektifitas layanan konseling kelompok dengan pendekatan client centered untuk meningkatkan kepercayaan diri pada siswa kelas VIII SMPN 16 Yogyakarta tahun ajaran 2018/2019. G-COUNS Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1). https://doi.org/https://doi.org/10.31316/g.couns.v4i1.456

Kurniawan, N. A. (2020). Profesionalitas konselor selama pandemi COVID-19. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 87–91. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/85

KW, S., & S, Budiman, M. A. (2019). Konseling individu melalui cyber counseling terhadap pemebentukan konsep diri peserta didik. 03, 6–10. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26740/bikotetik.v3n1.p6-10

Muallimah, S., & Muhari. (2013). Penerapan layanan informasi mengenai orientasi BK untuk meningkatkan minat dalam memanfaatkan layanan BK siswa kelas XI di SMAN I Balen Bojonegoro. Jurnal BK UNESA, 01(1976), 186–193. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jurnal-bk-unesa/article/view/1943/5349

Mulyadi. (2016). Penerapan Client Centered Therapy terhadap klien “KK” yang mengalami grieving di sekolah luar biasa negeri A kota Bandung. Peksos, 15(1), 16–36. https://doi.org/https://doi.org/10.31595/peksos.v15i1.67

Nidawati, N. (2018). Variasi Individual dalam pembelajaran. Psiko Edukasi, 7(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.22373/pjp.v7i1.3327

Permana, S. A., Syahniar, S., & Daharnis, D. (2016). Pelaksanaan layanan bimbingan dan konseling di sekolah menengah atas negeri (SMAN) 4 Kerinci. Konselor, 3(4), 168–179. https://doi.org/https://doi.org/10.24036/02014345708-0-00

Prasetya, A. D., Sugiyo, S., & Japar, M. (2019). Web-based cyber counseling to improve students’ counseling interests. Jurnal Bimbingan Konseling, 8(4), 144–150. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/jubk/article/view/32147

Putri, S. M. (2019). Kesiapan guru kelas melaksanakan layanan bimbingan dan konseling di sekolah dasar se-kota Padang. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 18(2), 40. https://doi.org/10.24036/fip.100.v18i2.499.000-000

Rachman, A., Rachman, F., Sugianto, A., & Setiawan, M. A. (2020). Sosialisasi layanan BK di sekolah berbasis POP BK bagi anggota PD ABKIN Kalimantan selatan. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 11(3), 282–287. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v11i3.3989

Ratwulan, A. A. (2020). Peningkatan motivasi belajar siswa kelas X APHP melalui layanan konseling kelompok dengan metode client centered therapy. 1(1), 39–47. https://jurnal.ciptamediaharmoni.id/index.php/ptk/article/view/4

Ridha, A. A., & Idham, A. F. (2020). Efektivitas konseling dengan pendekatan client centred therapy untuk meningkatkan kemandirian siswa dalam belajar. Jurnal Insight Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Jember, 16(2), 265–279. https://doi.org/10.32528/ins.v%vi%i.1984

Rosada, U. D. (2016). Model pendekatan konseling client centered dan penerapannya dalam praktik. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(1), 14–25. https://doi.org/http://doi.org/10.25273/counsellia.v6i1.454

Safitri, N. E. (2019). Implementasi metode experiential learning dalam layanan bimbingan dan konseling di sekolah. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa, 2((2)), 77-84. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31100/jurkam.v2i2.65 Implementasi

Salam, T. M., & Aulia, V. (2018). Meningkatkan konsep diri siswa melalui konseling client centered. FOKUS, 1(5), 200–206. https://www.journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/fokus/article/view/2969/1486

Saputra, N. M. A., & Muharammah, N. W. (2020). Peran layanan bimbingan dan konseling sebagai internalisasi kemampuan adaptasi peserta didik pada era new normal. In Prosiding Seminar Bimbingan Dan Konseling, 75–79. http://conference.um.ac.id/index.php/bk2/article/view/83

Sari, M., & Asmendri, A. (2020). Penelitian kepustakaan (Library research) dalam penelitian pendidikan IPA. NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA Dan Pendidikan IPA, 6(1), 41–53. https://ejournal.uinib.ac.id/jurnal/index.php/naturalscience/index

Setyawati, S. (2017). Konseling kelompok dengan teknik client centered therapy dalam meningkatkan ketaatan terhadap tata tertib sekolah. G-COUNS Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(2). http://ojs.upy.ac.id/ojs/index.php/gjbk/article/view/904/817

Sholihah, I. N. M., & Handayani, T. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam layanan bimbingan dan konseling di tengah pandemi covid 19. PD ABKIN JATIM Open Journal System, 1(1), 477–482. https://ojs.abkinjatim.org/index.php/ojspdabkin/article/view/75

Subekti, L. (2015). Model problem based learning dalam layanan BK untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Jurnal Penelitian Tindakan Kelas, 16(3), 60–67. http://i-rpp.com/index.php/didaktikum/article/view/164

Sudirman. (2020). Optimalisasi peran konselor sekolah dengan implementasi aplikasi layanan bimbingan & konseling (e - konseling) pada sekolah menengah atas. Jurnal Mahajana Informasi, 5(1), 85–93. http://e-journal.sari-mutiara.ac.id/index.php/7/article/view/1220

Sutisna, T., & Andriyanto, R. E. (2018). Meningkatkan kecerdasan emosi dengan menggunakan konseling client centered improving emotional intelligence by using client centered counseling. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 1. http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/ALIB/article/view/15105

Syarqawi, A. (2020). Bimbingan konseling pada masa pandemi COVID-19. Al-Mursyid: Jurnal Ikatan Alumni Bimbingan Dan Konseling Islam (IKABKI), 2(2), 280–294. http://jurnaltarbiyah.uinsu.ac.id/index.php/almursyid/article/view/840

Tanod, M. J. (2018). Upaya guru bimbingan dan konseling dalam meningkatkan sikap sosial siswa melalui pendekatan client centered therapi pada siswa SMP. KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 05(2), 85–96. https://doi.org/https://doi.org/10.24042/kons.v5i2.2686

Willis, S. (2014). Konseling individual teori dan praktek. Alfabetta.

Zamroni, E., & Raharjo, S. (2015). Manajemen bimbingan dan konseling berbasis permendikbud nomor 111 tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1). https://doi.org/https://dx.doi.org/10.24176/jkg.v1i1.256




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v7i1.2166

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Published by:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759

Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 Indexing | Journal of Tourism and Creativity google scholar – SISTEK How to Submit Metadata to Crossref: A Step by Step Guide | by Shanu Kumar |  Typeset Blog Neliti - Indonesia's Research Repository Onesearch Id, HD Png Download , Transparent Png Image - PNGitem Member In - Scilit Logo Transparent PNG - 1655x767 - Free Download on  NicePNG Announcements | Marine Fisheries : Journal of Marine Fisheries Technology  and Management Submissions Submissions 

Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.