Model Empathy Training berbantuan Teknik Biblioterapi untuk Calon Konselor

Dwi Sri Rahayu, Chaterina Yeni Susilaningsih

Abstract


Pentingnya empati untuk konselor tidak diragukan lagi. Sehingga calon konselor perlu dibekali keterampilan empati. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) bagaimana profil empati calon konselor?, (2) bagaimana pelaksanaan empathy training untuk calon konselor?, (3) bagaimana keefektifan model empathy training berbantuan teknik bibliotherapy untuk calon konselor?. Tujuan dilaksanakannya penelitian in iadalah (1) mendeskripsikan profil calon konselor dalam aspek empati, (2) mendeskripsikan pelaksanaan empathy training yang diberikan kepada calon konselor, (3) mendeskripsikan keefetktifan model empathy training berbantuan teknik bibliotherapy untuk calon konselor. Metode  dalam penelitian ini adalah R&D yang dimodifikasi hanya sampai 6 langkah. Sampel terdiri dari 27 mahasiswa Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Katolik Widya Mandala Madiun. Hasil penelitian menyatakan bahwa (1) profil empati calon konselor sebelum diberi treatment adalah 5 mahasiswa berada pada kategori sedang, 19 mahasiswa dengan kategori rendah, dan 3 mahasiswa lainnya berada pada kategori sangat rendah, (2) pelaksanaan empathy training berbantuan teknik biblioterapi dilaksanakan dalam 4 tahap yaitu identifikasi, pemilihan referensi, presentasi dan tindak lanjut, (3) model empathy training berbantuan teknik biblioterapi efektif untuk meningkatkan empati calon konselor. Hal ini diketahui dari hasil uji statistik paired sample t test yang memperoleh hasil taraf siginifikansi = 0 <  maka H0 ditolak. Jadi rata-rata nilai posttest lebih baik dari pada pretest. Data pre  tes menunjukan 19% mahasiswa dengan kategori sedang, 70% dengan kategori rendah, dan 11% nya menempati kategori sangat rendah. Sementara data hasil posttest menunjukan bahwa terdapat 98% mahasiswa berada pada kategori tinggi dan 2% berada pada kategori sedang.


Keywords


Empathy training; calon konslelor, teknik biblioterapi

Full Text:

PDF

References


Corey, G. (2005). Teori dan Praktik Konseling dan Psikoterapi. Bandung: PT. Rafika Aditama.

Taufik. (2012). Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Susilaningsih, C. (2015). Pengembangan Model Bimbingan Kelompok Berbantuan Film Edukasi untuk Meningkatkan Empati Siswa SMA. Widya Warta, 1(39), 13-24.

Vanlaere, L., Coucke, T., & Gastmans, C. (2010). Experiential learning of empathy in a care-ethics lab. Nursing Ethics, 17(3), 325-336.

Ballon, B. C., Silver, I., & Fidler, D. (2007). Headspace theater: an innovative method for experiential learning of psychiatric symptomatology using modified role-playing and improvisational theater techniques. Academic Psychiatry, 31(5), 380-387.

Perdeck, J.T. (1995). Bibliotherapy: An Innovative Approach for Helping Children. Journal of Early Childhood Development and Care, 110(1), 83-88.

Sclabassi, S. H. (1973). Literature as a Therapeutic Tool: A Review of The Literature on Bibliotherapy. American journal of psychotherapy, 27(1), 70-77.

Erford, B. T. (2017). 40 Teknik yang Harus Diketahui Setiap Konselor, Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Floyd, M. (2003). Bibliotherapy as an Adjunct to Psychotherapy for Depression in Older Adults. Journal of Psychotherapy in Practice, 59(2), 187-195.

Apodaca, T. R., & Miller, W. R. (2003). A Meta-Analysis of The Effectiveness of Bibliotherapy For Alcohol Problems. Journal of clinical psychology, 59(3), 289-304.

Gall, Meredith D., Joice P. Gall, & Walter R. Borg. (2003). Educational Research an Introduction (4Ed). New York: Pearson Education, Inc.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik Edisi Revisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Hadi, S. (2004). Metodologi Research. Yogyakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada.

Davis, M. (1980). A Multidimensional Approach to Individual Differences in Empathy. Texas: JSAS Catalog of Selected Documents in Psychology,1980,10, p. 85.

Scechtman, Z. (1999). Bibliotherapy: An Indirect Approach to Treatment of Childhood Aggression. Journal of Child Psychiatry and Human Development, 30(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i1.1218

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.