Efektivitas Teknik Sosiodrama melalui Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Penyesuaian Sosial Siswa

Maria Ulfa, Wa Ode Husniah

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mendeskripsikan efektivitas teknik sosiodrama untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Pasarwajo. Pendekatan penelitian yang digunakan dengan pendekatan kuantitatif pre-experimental dengan one group pretest posttest design. Penentuan sampel melalui teknik sampling purpossive dengan jumlah sampel 8 siswa. Berdasarkan hasil uji penelitian, tingkat penyesuaian sosial siswa setelah diberikan teknik sosiodrama melalui layanan bimbingan kelompok mengalami peningkatan. Hal tersebut terlihat pada perubahan peningkatan skor penyesuaian sosial siswa sebelum diberikan treatment/perlakuan pretest dan posttest sebesar 237 atau 11.8%. Diperkuat dengan hasil analisis uji test statistik uji wilcoxon dengan masing-masing pretest posttest yang menunjukkan nilai hitung sebesar 0.012, sehingga dapat disimpulkan bahwa teknik sosiodrama efektif untuk meningkatkan penyesuaian sosial pada siswa.


Keywords


Sosiodrama; Penyesuaian sosial; Bimbingan Kelompok

Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto, M. P. (2018). Bimbingan dan Konseling di Sekolah: Konsep, Teori, dan Aplikasinya. Jakarta: Kencana.

Pratiwi, E. P., Hanim, W., & Badrujaman, A. (2017). Pengaruh Teknik Role Playing Dalam Bimbingan Kelompok Terhadap Toleransi Pada Peserta Didik Kelas X Smk Negeri 26 Jakarta. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(2), 114-129.

Sari, N. W., Yusmansyah, Y., & Utaminingsih, D. (2014). Pengaruh Teknik Sosiodrama untuk Peningkatan Perilaku Asertif Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 3(4), 1–10.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kauntitatif, Kualitatif, R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Azwar, S. (2012). Penyusunan Skala Psikologi, in Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rangkuti, A. A. (2017). Statistika Inferensial untuk Psikologi dan Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Endra, F. (2017). Pedoman Metodologi Penelitian (Statistika Praktis). Sidoarjo: Zifatama Jawara.

Ulfa, M. (2017). Hubungan Pola Asuh Demokratis Orang Tua, Konsep Diri, dan Penyesuaian Sosial Dengan Perilaku Asertif Siswa SMK Muhammadiyah 1 Sleman Yogyakarta. Sang Pencerah, 3(1), 71–81.

Amaliah, R., & Nasution, I. K. (2014). Gambaran Penyesuaian Sosial pada Remaja Penderita Sinusitis Kronis. Psikologia: Jurnal Pemikiran dan Penelitian Psikologi, 9(2).

Hurlock, E. B. (2014). Perkembangan Anak Edisi Keenam Jilid I. Jakarta: Penerbit Erlangga.

Bahri Djamarah, S., & Zain, A. (2010). Guru dan Anak Didik dalam Interaksi Edukatif Suatu Pendekatan Teoritis Psikologis. Jakarta: Rineka Cipta.

Hasibuan, R. E. (2018). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Sosiodrama Terhadap Peningkatan Interaksi Sosial Oleh Siswa Kelas VIII MTS Amin Darussalam TA 2017/2018. Doctoral Dissertation UNIMED.

Devine, K. A., Holmbeck, G. N., Gayes, L., & Purnell, J. Q. (2011). Friendships of Children and Adolescents With Spina Bifida: Social Adjustment, Social Performance, And Social Skills. Journal of pediatric psychology, 37(2), 220-231.

Lumongga, N. (2017). Konseling Kelompok. Jakarta: Kencana.

Krissandi, A. D. S., Widharyanto, B., & Dewi, R. P. (2018) Pembelajaran Bahasa Indonesia untuk SD: Pendekatan dan Teknis. T. Diman, Ed. Jakarta: Media Maxima.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i1.1155

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.