ANALISIS KINERJA KOMPETENSI PRIBADI DOSEN PROGRAM STUDI BIMBINGAN DAN KONSELING FKIP ULM

Sulistiyana Sulistiyana, Muhammad Andri Setiawan, Maretha Dwi Dwi Yani

Abstract


Kompetensi Dosen terdiri dari kompetensi pedagogik, profesional, sosial dan kepribadian. Penilaian keempat kompetensi tersebut dilakukan dengan mendeskripsikan persepsi dari atasan, sejawat, mahasiswa dan diri sendiri. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan kinerja dosen Program Studi Bimbingan dan Konseling berdasarkan kompetensi kepribadian, dengan responden mahasiswa aktif. Secara metodologis, penelitian ini didasarkan pada penelitian analisis deskriptif metode survei sesuai dengan tujuan penelitian yaitu menganalisis kinerja dosen kompetensi pribadi dosen. Adapun jumlah dosen tetap yang dinilai ada 9 orang dan sebagai responden terdapat 346 orang mahasiswa aktif dari rentang angkatan 2012-2018. Hasil penelitian menunjukkan menjadi contoh dalam bersikap berperilaku menempati peringkat utama disusul dengan kewibawaan sebagai pribadi dan terakhir adil dalam memperlakukan mahasiswa. Meskipun tingkat pilihan yang berarti sangat rendah tidak besar, tetap saja perlu mendapat perhatian bersama yakni terutama pada poin kearifan dalam mengambil keputusan. Disarankan agar pimpinan fakultas dapat mengembangkan program yang bertajuk pada pengembangan pelatihana manajemen kepribadian.


Keywords


Kinerja Kompetensi Dosen; Kompetensi Kepribadian; Mahasiswa; Program Studi Bimbingan dan Konseling

Full Text:

PDF

References


Nomor, U. U. R. I. (14). Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Dirjend. PI Kemenag. (2011). Petunjuk Teknis ‘workshop’ peningkatan kompetensi dosen Perguruan Tinggi Agama Islam. Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Direktorat Pendidikan Tinggi Islam Kementerian Agama RI.

Peraturan, P. (2009). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 37 Tahun 2009 Tentang Dosen.

Taufiq, R. (2012). Penilaian Kinerja Dosen dalam Bidang Belajar-Mengajar di Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Tangerang. Faktor Exacta, 5(1), 77-85.

Fathorrahman. (2017). Kompetensi Pedagogik, Profesional, Kepribadian dan Kompetensi Sosial Dosen. AKADEMIKA, 15(1), 1-6.

Harisantoso J. (2012). Pengukuran Kinerja Dosen melalui EKD (Evaluasi Kinerja Dosen) STKIP PGRI Situbondo berdasarkan Persepsi Mahasiswa. Sainteks, 9(2), 64-71.

Yulianingrum, K. (2014). Kompetensi Profesionalisme Guru Pendidikan Kewarganegaraan Ditinjau dari Latar Belakang Pendidikan (Studi Kasus Guru PKn di SMP Muhammadiyah 1 Surakarta). Skripsi Sarjana Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta: tidak diterbitkan.

Yahya, Z., & Hidayati, F. (2014). Analisis Kompetensi terhadap Penilaian Kinerja Dosen (Studi Kasus Dosen UIN Sultan Syarif Kasim Riau). Kutubkhanah: Jurnal Penelitian Sosial Keagamaan, 17(1), 104-126.

Fathiah, A., Ru’fah, A.N., & Ulfa, K. (2017/208). Kompetensi Kepribadian. Makalah dalam Rangka Memenuhi Tugas Matakuliah Pengembangan Profesi Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah Institut Ilmu Al-Qur’an Jakarta.

Rozia, E. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru dan Kontribusinya terhadap Pembentukan Akhlak Siswa pada Pembelajaran Tematik di Kelas 3 SD Islam Harapan Ibu. Skripsi Sarja Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta: tidak diterbitkan.

Ahmadi, R. (2016). Manajemen Pengembangan Kompetensi Dosen STAI Luqman Al Hakim Surabaya. Tesis Magister Program Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga; tidak diterbitkan.

Ayuning, T., & Murni, M. (2018). Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kompetensi Dosen pada Politeknik LP3I Medan. Jurnal Konsep Bisnis dan Manajemen, 4(2), 120-131.

S., Oktavianus S., Simanjuntak, V.G., & Yunitaningrum, W. (2016). Survei Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial Guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan Sekolah Menengah Atas. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 5(10), 1-11.

Multazam, M., Samsumar, L.D., & Arwidiyarti, D. (2018). Rancang Bangun Sistem Informasi Evaluasi Kinerja Dosen dalam Perkuliahan untuk Meningkatkan Kualitas Proses Pembelajaran. Jurnal Teknologi Informasi dan Komunikasi, 7(2), 74-87.

Siswanto, V.A., & Wahjuningsih, T.P. (2015). Dampak Sertifikasi Dosen dan Motivasi terhadap Kinerja Dosen dengan Kepuasan sebagai Variabel Intervening di Perguruan Tinggi Kota Pekalongan. Makalah pada Prosiding Seminar Nasional Kebangkitan Teknologi, Kudus, 22 Agustus.

Agung, I (2014). Kajian Pengaruh Kompetensi Kepribadian dan Sosial terhadap Kinerja Guru. Jurnal Ilmiah VISI P2TK PAUDNI, 9(2), 83-92.

Haris, A. (2013). Pengaruh Kompetensi Pedagogik dan Kompetensi Kepribadian Terhadap Kinerja Dosen Fakultas Teknik. Skripsi Sarjana pada Fakultas Teknik, Universitas Negeri Semarang: tidak diterbitkan.

Dirjend. PT Depdiknas. (2009). Lampiran P.I Instrumen Sertifikasi Dosen: Penilaian Mahasiswa, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Sudjana, N. (2000). Dasar-dasar Proses Belajar-Mengajar. Bandung, Indonesia: Sinar Baru Algensindo.

Soraya, N. (2018). Analisis Persepsi Mahasiswa terhadap Kompetensi Dosen dalam Mengajar pada Program Studi Pai Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan UIN Raden Fatah Palembang. Tadrib, 4(1), 183-204.

Nento, S. (2012). Analisis Kompetensi Profesional dan Kinerja Dosen. Jurnal Ilmiah Iqra’, 6(1), 1-17.

Anwar, S. (2011). Studi Realitas Tentang Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Sekolah Menengah Atas di Kabupaten Bandung Barat. Jurnal Pendidikan Agama Islam: Ta’lim, 9(2), 145-159.

Huda, M. (2017). Kompetensi Kepribadian Guru dan Motivasi Belajar Siswa (Studi Korelasi pada Mata Pelajaran PAI). Jurnal Penelitian, 11(2), 237-266.

Dirhamsyah, F. (2008). Dilematika Profesi Guru: Studi tentang Undang-undang Guru dan Dosen. Skripsi Sarjana Jurusan Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Universitas Islam Negeri Malang: tidak diterbitkan.

Murti, R.W., & Prasetio, A.P. (2018). Pengaruh Kompetensi Dosen terhadap Prestasi Akademik Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Telkom University. Jurnal Penelitian Pendidikan, 18(2), 94-102.

Piscayanti, K.S., & Mahayanti, N.W.S. (2015). Pengaruh Sertifikasi Dosen terhadap Kinerja Pengajaran Dosen UNDIKSHA. Jurnal Ilmu Sosial dan Humaniora, 4(1), 534-544.

Martini & Welas (tt). Analisis Kompetensi Dosen dan Kondisi Lingkungan dalam Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Mahasiswa. Makalah pada Portal Kopertis III (diakses pada: http://portal.kopertis3.or.id/handle/123456789/1566 [23 Agustus 2019]).

Yamin, M. & Maisah. (2010). Standarisasi Kinerja Guru. Jakarta, Indonesia: Gaung Persada.

Fachrunnisa, M. (2016). Kompetensi Kepribadian Guru Menurut Pandangan An-Nawawi (Tela’ah Kitab At-Tibyan Fi Adabi Hamalah Al-Qur’an Karya Imam Abu Zakariya Yahya Bin Syaraf An-Nawawi). Skripsi Sarjana Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim: tidak diterbitkan.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v5i1.1148

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Published by:

Institute for Research and Scientific Publications STKIP Singkawang

JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)

e-ISSN : 2477-8370

p-ISSN : 2477-5916

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

Editor in Chief: jbki@journal.stkipsingkawang.ac.id / Wa: +6289693650456

Coordinator: lp2jistkipsingkawang@gmail.com / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

JBKI Indexed by:

 

  Creative Commons License

Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.