Penerapan Konseling Kelompok Dalam Aspek Kompetensi Intrapersonal Siswa Kelas X
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran pelaksanaan layanan konseling kelompok dalam meningkatkan kompetensi intrapersonal siswa kelas X disalah satu SMA Negeri di Kota Singkawang. Pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah random cluster sampling. Instrumen pengumpulan data menggunaakan RPL (Rancangan Pelaksanaan Layanan). Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang diberikan perlakuan sebanyak tiga kali pertemuan dengan 4 tahap konseling, yang mana tahap demi tahap siswa mulai menunjukkan sikap percaya diri, mampu untuk memahami diri, menyadari kelemahan dan kelebihan, mampu membuat keputusan, mampu menghadapi kegagalan, disiplin diri, mampu mengendalikan diri, menghargai diri, dan menerima diri sebagai orang yang berharga.
Full Text:
PDFReferences
Cavanagh, ME. 1982. The Counseling Experience : A Theoretical and Practical Approach. Monterey. California : Brooks/Cole Publishing Company.
Erhamwilda. Jurnal Peningkatan Kompetensi Intrapersonal Siswa SMK melalui Model Konseling Sebaya MIMBAR, Vol. XXVII, No. 2 (Desember 2011): 173-182
Furqon. (2011). Statistika Penerapan Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta
https://asrofulkhadafi.wordpress.com/2012/04/22/hakikat-konseling-kelompok/[di unduh 04 Januari 2016]
Istirahayu, Iip dan Yusuf, Syamsu (2015). “ identification the quantity of student’ the effectiveness of theistic spiritual counseling in improving student’ intrapersonal competency”.Global illuminators vol 2. (2015). ( 336-342).
Natawidjaja. (2009). Konseling Kelompok, Konsep Dasar dan Pendekatan. Bandung: Risqi Press
Prayitno. (2004). Layanan Bimbingan Kelompok dan Konseling Kelompok. Padang : Universitas Negeri Padang.
Tohirin, (2007), “Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi)” Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Wibowo, Mungin Eddy. (2005), Konseling Kelompok Perkembangan. Semarang: UNNES Press.
Yusuf Gumelar (2014). Efektifitas Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Kompetensi Intrapersonal Siswa. Universitas Pendidikan Indonesia
Yusuf, S. L.N. & Nurihsan, A J. (2006). Landasan Bimbingan dan Konseling, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jbki.v1i2.108
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2017 JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Published by:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals STKIP Singkawang
JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia)
e-ISSN : 2477-8370
p-ISSN : 2477-5916
Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
Editor in Chief Contact: [email protected] / Wa: +6289614614759
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
JBKI Indexed by:
Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.