Implementasi Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Berbantuan Alat Peraga Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika

Ella Pranata

Abstract


Beberapa aspek yang perlu dikembangkan dalam pembelajaran matematika, diantaranya adalah pemahaman konsep, pemecahan masalah serta penalaran dan komunikasi.Pemahaman konsep adalah kemampuan untuk memahami, memaknai, mengidentifikasi, serta mampu menjelaskan kembali konsep tersebut secara terperinci. Indikator pemahaman konsep yang akan dikaji dalam penelitian ini untuk menyatakan peserta didik yang telah memahami suatu konsep adalah (1) menyatakan ulang sebuah konsep, (2) mengklasifikasikan objek-objek menurut sifat-sifat tertentu, (3) memberikan contoh dan non contoh suatu konsep, (4) menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematis, (5) mengembangkan syarat perlu dan syarat cukup suatu konsep, (6) menggunakan, memamfaatkan dan memilih prosedur atau operasi tertentu dan (7) mengklasifikasikan konsep atau algoritma pemecahan masalah. Untuk mengembangkan kemampuan pemahaman konsep diperlukan model pembelajaran yang tepat.Salah satu model pembelajaran yang tepat meningkatkan kemampuan pemahaman konsep adalah model pembelajaran Group Investigation(GI).  Model pembelajaran Group Investigation (GI)adalah model pembelajaran berkelompok yang melibatkan peserta didik  secara aktif melakukan penyelidikan. Dalam model pembelajaran ini, peserta didik diharapkan dapat memahami kajian materi yang bersifat abstrak, sehingga dapat membantu peserta didik memahami suatu konsep. Selain itu alat peraga dalam mengajar memegang peranan penting sebagai alat bantu untuk menciptakan proses belajar mengajar yang efektif. Alat peraga dalam pembelajaran adalah segala benda yang dirancang sedemikian rupa dan sengaja dipersiapkan untuk digunakan untuk memahami sebuah konsep. Dengan mengimplementasikan model pembelajaran Group Investigation berbantuan alat peraga, kemampuan pemahaman peserta didik akan meningkat.

Full Text:

PDF

References


Arjangga.(2012). Peningkatan Motivasi Dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penerapan Metode Demonstrasi Berbantuan Alat Peraga Bangun Ruang pada Pembelajaran Matematika.Skripsi Fakultas Kejuruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tanjung Pura.

Artini, dkk.(2015). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tife Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA pada Siswa Kelas VI SD Impres 1 Tondo. Universitas Tadulako.e-Jurnal Mitra Sains Vol. 3. No. 1, Januari 2015.

Haffidianti, Yunita. (2011). Penerapan Pembelajaran Group Investigation (GI) dalam Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Pokok Bangun Ruang Kelas VIII F MTS Negeri 1 Semarang. Skripsi Fakultas Tarbiyah. Institusi Agama Islam Negeri Walisongo.

Putri M, Padma Mike, dkk. (2012). Pemahaman Konsep Matematika pada Materi Turunan Melalui Pembelajaran Teknik Probing.FMIPA Universitas Negeri Padang.Jurnal Pendidikan Matematika, Vol. 1.No. 1.

Prihanto, Y. Danni, dkk. (2013). Penerapan Pembelajaran Kooperatif Tife Group Investigation (GI) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pokok Bahasan Teorema Phytagoras pada Siswa Kelas VIII D Semester Ganjil SMPN 1 Pakusari Tahun ajaran 2012/2013. Universitas Jember. Vol. 4. No 3,Desember 2013.

Robiatun.(2015). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Melalui Model Pembelajaran Investigasi Kelompok pada Materi Pecahan Kelas VII SMP.Skripsi Program Studi Pendidikan Matematika.Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) Singkawang. Tidak Diterbitkan.

Rokhayati, Nuri. (2010). Peningkatan Penguasaan Konsep Matematika Melalui Pembelajaran Guide Discovery Inguiry Pada Siswa Kelas VII SMP N 1 Sleman.Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Yogyakarta.

Sri Fajarwati, Munifah. (2010). Penerapan Reciprocal Teaching sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematika siswa kelas XI Akutansi RSBI.Skripsi Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.Universitas Negeri Yogyakarta.

Wahyuni, Sri dkk. (2013). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.Universitas Lampung. Jurnal Pendidikan Matematika Vol. 2. No 2.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.80

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar

 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: journal@stkipsingkawang.ac.id / soehartostkipsingkawang@gmail.com /Wa : +6289636659622

Plagiarism Tools

     

  

 

Creative Commons License
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.