Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Implementasi Project Based Learning (PJBL) Berpendekatan Saintifik

Farida Daniel

Abstract


Kemampuan berpikirkritismatematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Soe rendah. Upaya peningkatannya diterapkan model PjBL berpendekatan saintifik. Penelitian bertujuan untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis pada kedua kelas sampelberdasarkan kategori kemampuan awal yaitu kategori atas, menengahdan bawah.Penelitian ini menggunakan metode kuantitatifmodelquasi eksperimen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa pada kelas yang diajarkan model PjBL berpendekatan saintifik lebih baik dari siswa yang diajarkan tanpa model tersebut pada ketiga kategori yaitu kategori atas, menengah dan bawah. Perbedaan yang paling tinggi terdapat pada kategori bawah sehingga model PjBL berpendekatan saintifik paling efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis untuk siswa pada kategori kemampuan awal yang rendah. 


Full Text:

PDF

References


Johnson, E. B. CTL Contextual teaching and Learning; Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikan dan Bermakna. Terjemahan Ibnu Setiawan. Bandung : Kaifa. 2014.

Fatmawati, H. Mardiyana dan Trianto. “Analisis Berpikir Kritis Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematika Berdasarkan Polya Pada Pokok Bahasan Persamaan Kuadrat (Penelitian Pada Siswa Kelas X Smk Muhammadiyah 1 Sragen Tahun Pelajaran 2013/2014)”.Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika.Vol.2. No.9. Hal 899-910. 2014.

Depdiknas. Kurikulum Standar Kompetensi Matematika Sekolah Menengah Pertama dan Madrasah Tsanawiyah. Jakarta: Depdiknas. 2006.

Thomas, J.W. A Review of research On Project Based Learning. Tersedia di http://.ble.org/research/study/reviewofprojectbasedlearning.(diakses 7 Desember 2014). 2000.

Wang, B. T., Teng, C. W. & Lin Y. H. “Let‘s Go Traveling – Project-Based Learning in a Taiwanese Classroom”. International Journal of Information and Education Technology. Vol. 5, No. 2. Hal 84-88. 2015.

Guo, S., & Yang, Y. “Project-Based Learning: an Effective Approach to Link Teacher Professional Development and Students Learning”. Journal of Educational Technology Development and Exchange. Vol.5. No. 2. Hal. 41-56. 2012.

Bagheri M. dkk. “Effects of Project-based Learning Strategy on Self-directed Learning Skills of Educational Technology Students”. Contemporary Educational Technology. Vol. 4. No. 1. Hal. 15-29. 2013.

The George Lucas Educational Foundation. Instructional Project Based Learning. Tersedia di http://www.edutopia.org. (diakses 12 November 2014). 2005.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayan. Pendekatan Scientific (Ilmiah) dalam Pembelajaran. Jakarta: Pusbangprodik. 2013.

Chukwuyenum, A. N. “Impact of Critical thinking on Performance in Mathematics among Senior Secondary School Students in Lagos State”. IOSR Journal of Research & Method in Education. Vol. 3. No. 5. Hal. 18-25. 2013.

Peter, E. E. “Critical thinking: Essence for teaching mathematics and mathematics problem solving skills”.African Journal of Mathematics and Computer Science Research. Vol. 5. No. 3. Hal. 39-43. 2012.

Tiruneh, D. T., Verburgh, An., & Elen, J. “Effectiveness of Critical Thinking Instruction in Higher Education: A Systematic Review of Intervention Studies”. Higher Education Studies. Vol. 4, No. 1. Hal. 1-17. 2014.

Firdaus, dkk.“Developing Critical Thinking Skill of Students in Mathematics Learning”.Journal of Education and Learning. Vol 9.No 3. Hal 226-236. 2015.

Creswell, J. W. Research Design Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed. Terjemahan Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. 2014.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta. 2012.

Suherman, E. dkk. Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: UPI. 2006.

Ozdemir, A. S., Yildiz, F.,Yildiz, S. G. “The Effect of Project Based Learning in “Ratio, Proportion and Percentage” Unit on Mathematics Success and Attitude”. European Journal of Science and Mathematics Education. Vol. 3, No. 1, Hal 1‐13. 2015.

Trianto. Model-Model Pembelajaran Inovatif Berorientasi Konstruktivisme. Surabaya: Prestasi Pustaka. 2007.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/jpmi.v1i1.76

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


 

JPMI Indexed by:

       Google Scholar 

Published by:
Institute for Managing and Publishing of Scientific Journal

JPMI (Jurnal Ilmu Pendidikan Matematika Indonesia)

e-ISSN: 2477-8443

p-ISSN: 2477-5959  

Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan (STKIP) SIngkawang

Address : STKIP SIngkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0342

Email Cordinator: jpmi@stkipsingkawang.ac.id/lp2jistkipsingkawang@gmail.com/Wa : +6285245101122

Plagiarism Tools

     

  

 

Creative Commons License
JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia) is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.