Pengembangan Media Powtoon Submateri Peranan Bakteri

Eni Eka Sari, Laili Fitri Yeni, Eko Sri Wahyuni

Abstract


Penelitian ini bertujuan membuat media pembelajaran yang interaktif pada submateri peranan bakteri SMA kelas X dengan informasi tambahan berupa uji antibakteri ekstrak daun salam pada bakteri Shigella sonnei. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) model 4D yang direduksi menjadi 3D, yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Media divalidasi oleh lima orang ahli menggunakan angket validasi dan analisis validasi diadaptasi dari Aiken’s V. Selanjutnya dilakkan uji reliabilitas dilakukan menggunakan ICC (Intraclass Correlation Coefficient) menggunakan aplikasi SPSS. Media animasi PowToon dinyatakan layak digunakan dengan nilai minimum Aiken’s V yang diperoleh sebesar 0,87 dan nilai ICC sebesar 0,799 dengan kategori baik. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat kesepakatan antar validator dalam menilai video animasi PowToon.

Kata kunci:

Aiken’s V; Media Pembelajaran; Metode R&D; PowToon; Bakteri


Development of Powtoon Media for Sub Material Role of Bacterial

ABSTRACT

The research aimed to create interactive learning media the sub-material of the role of bacteria on the tenth grade of Senior High School with additional information in the form of antibacterial test of the bayleaf on bacteria Shigella sonnei. The research used the qualitative and quantitative approach. The method that was used was Research and Development (R&D), the 4D model that was reduced to 3D which was define, design, and develop. The media was validated by 5 experts using the validation checklist and the analysis of the validation was adapted from Aiken’s V. Futthermore, the reliability test was carried out using ICC (Intraclass Correlation Coefficient) by SPSS software. The PowToon animation media was claimed to be usable with the minimum score of Aiken’s V obtained was 0,87, and the ICC score was 0,799 which was categorized as good. It was showed that there was an agreement among the validators in assessing the PowToon animation video.


Keywords


Aiken’s V; Learning Media; PowToon; R&D Method; Bacterial

Full Text:

PDF

References


Aiken, L. R. (2009). Three coeffciens for analyzing the reability and validity of ratings. Educational and Psychological Measurement, 41(1), 131-142. doi:10.1177/0013164485451012.

Arif, S. & Muthoharoh, A. N. (2021). Pengembangan media pembelajaran berbasis Powtoon dalam meningkatkan kemampuan representasi IPA di tengah pandemi covid 19. Jurnal IPA dan Pembelajaran IPA, 5(1), 112-124. doi:https://doi.org/10.24815/jipi.v5i1.19779.

Arsyad, A. (2014). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Awalia, I., Pamungkas, S. & Alamsyah, T. P. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Powtoon pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas IV SD. Kreano: Jurnal Matematika kreatif dan inovatif, 10(1), 49-56. DOI: http://dx.doi.org/10.15294/kreano.v10i1.18534

Azwar, S. (2012). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dewi, F. F. & Handayani, S. L. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi En-Alter Sources Berbasis Aplikasi Powtoon Materi Sumber Energi Alternatif Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 2530-2540. DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i4.1229

Fajar, S., Riyana, C., & Hanoum, N. (2017). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pata Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Jurnal Eduthenologia, 3(2), 101-114.

Holman, T. (2010). Sound for Film and Television Third Edition. Elsevier B.V.

Ketut. (2009). Pembuatan media presentasi. Jakarta: Pustekkom Kemdikbud.

Koo, T. K., & Li, M. Y. (2016). A Guideline of Selecting and Reporting Intraclass Correlation Coefficients for Reliability Research. Journal of Chiropractic Medicine, 15(2), 155–163. doi: 10.1016/j.jcm.2016.02.012

Kurniawan, D. T. (2016). Pengaruh penggunaan media video pembelajaran terhadap prestasi belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD se-kecamatan Gendangsari Gunungkidul tahun ajaran 2015/2016. Jurnal Pendidikan Ke-SD-an, 2(1), 21-26.

Kustiawan, U. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Anak Usia Dini. Malang: Gunung Samudra.

Nurdiansyah, E., Faisal, E. E., & Sulkipani. (2018). Pengembangan media pembelajaran based video learning media for five grade students of elementary school berbasis PowToon pada perkuliahan Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Civics: Media Kajian Kewarganegaraan, 15(1), 1-8. doi:10.21831/jc.v15i1.16875

Puspitarini, Y. D., Akhyar, M., & Djono. (2018). Developing Powtoon. advances in social science, education and humanities research, 165, 173-177, DOI: 10.2991/iccsr-18.2018.37.

Sadiman, A. S., Raharjo & Haryano, A. (2014). Media pendidikan, pengertian, pengembangan dan pemanfaatannya. Jakarta: Rajawali Pers.

Suartama, I. K. (2012). Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43(3), 253-262. doi: 10.23887/jppudiksha.v43i3.130

Sudjana, N. (2013). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Susilana, R. & Riyana, C. (2017). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: Wacana Prima.

Thiagarajan, S. dkk. (1947). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Ulyana, A., Abidin, Z. & Husna, A. (2019). Pengembangan Video Pembelajaran Kalor Untuk Siswa Kelas VII. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 5(2). doi:10.17977/um031v5i22019p081

Werdiantoro. (2017). Pedoman Umum EBI Ejaan Bahasa Indonesia Edisi Terlengkap dan Terbaru. Yogyakarta: Bright Publisher.

Wulandari, Y., Ruhiyat, Y. & Nulhakim, L. (2020). Pengembangan Media Video Berbasis Powtoon pada Mata Pelajaran Ipa di Kelas V. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia (Indonesian Journal of Science Education), 8(2), 269-179. doi:10.24815/jpsi.v8i2.1




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v6i2.4531

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.