Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Suhu dan Kalor

Muhammad Nizam, Tomo Djudin, Hamdani Hamdani, Haratua Tiur Maria Silitonga, Firdaus Firdaus

Abstract


Mendeskripsikan profil kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam menyelesaikan soal suhu dan kalor berdasarkan aspek kemandirian belajar (rendah, sedang, dan tinggi) merupakan tujuan dari penelitian ini. Jenis penelitian ini yaitu penelitian survei tanpa kelompok pembanding. Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan angket kemandirian belajar dan tes kemampuan berpikir tingkat tinggi kepada 126 peserta didik kelas XI MIA di SMA Negeri 1 Sungai Raya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik dalam menyelesaikan soal suhu dan kalor tergolong rendah dengan rata-rata 34,08. Profil kemampuan berpikir tinggi peserta didik pada level menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), mencipta (C6) berturut-turut  33,6%, 34,0%, 34,4% dari skor ideal. Uji One-Way ANOVA menunjukkan ada perbedaan kemampuan berpikir tingkat tinggi peserta didik antara kelompok kemandirian belajar rendah, sedang, dan tinggi karena nilai Fhitung > Ftabel (9,98 > 3,07). Kesimpulan penelitian ini yaitu kemandirian belajar yang dimiliki peserta didik berpengaruh positif terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi.

Kata Kunci:

Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi; Suhu dan Kalor; Kemandirian Belajar

 

Analysis of Student’s Higher Order Thinking Ability in Solving Temperature and Heat Problems

ABSTRACT

To describe the higher-order thinking ability profile of students in solving temperature and heat problems based on aspects of learning independence (low, medium, and high) was the aim of this study. This research was survey research without a comparison group. The data was collected through a learning independence questionnaire and a higher-order thinking ability test on 126 students of class XI MIA at SMA Negeri 1 Sungai Raya. The results of this study indicated that the higher-order thinking ability of students in solving temperature and heat problems was low with an average of 34.08. The higher-order thinking ability profile of students at the level of analyzing (C4), evaluating (C5), and creating (C6) were respectively 33.6%, 34.0%, 34.4% from the ideal score. The One-Way ANOVA test showed that there was a difference in the higher-order thinking ability profile of students in the low learning independence group, the medium learning independence group, and the high learning independence groups because the value of Fvalue > Fdistribution (9.98 > 3.07). It was concluded that the learning independence of students had a positive effect on higher order thinking ability.


Keywords


Higher Order Thinking Skills; Temperature and Heat; Learning Independence

Full Text:

PDF

References


Afriani, W., Judyanto, S., & Erwina, O., (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP Pada Materi Gerak Lurus. Jurnal Education and development, 10(3), 408-413.

Agusta, S. (2019). Pengembangan Tes HOTS (Higher Order Thinking Skill) pada Materi Suhu dan Kalor di SMA Kristen Immanuel Pontianak. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Akmala, N.F., Wayan, S., & Feriansyah, S. (2019). Analisis Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA pada Materi Hukum Newton Tentang Gerak. Titian Ilmu: Jurnal Ilmiah Multi Sciences, 11(2), 67-72, DOI: https://doi.org/10.30599/jti.v11i2.472.

Anderson, L.W., & Krathwohl, D.R. (2001). A Taxonomy for Learning, Teaching, and Assesing: A Revision of Bloom’s Taxonomy of Educatioanl Objectives. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Annuuru, T. A., Johan, R. C., & Ali, M. (2017). Peningkatan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi dalam Pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Peserta Didik Sekolah Dasar Melalui Model Pembelajaran Treffinger. Eduthecnologica, 3(2), 136–144.

Asmar, A., & Hafizah, D. (2020). Hubungan Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Penggunaan Software Geogebra. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(2), 221-230, DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i2.2758.

Ayumniyya, A., & Woro, S. (2021). Profil Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMA dalam Pemecahan Masalah pada Materi Hukum Newton. Inovasi Pendidika Fisika, 10(10), 50-58.

Early, O.A., Endang, R.W., & Supriyono. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Kemandirian Siswa Kelas VIII melalui Pembelajaran Model PBL Pendekatan Saintifik Berbantuan Fun Pict. Prosiding Seminar Nasional Matematika 1, 388-399.

Gunawan, G., Kartono, K., Wardono, W., & Kharisudin, I. (2021). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa SMP Negeri 3 Kalibagor. Prosiding Seminar Nasional Pascasarjana, 136-140.

Hastuti, I., Surantoro, & Dwi, T.R. (2012). Analisis Kesalahan dalam Menyelesaikan Soal Materi Pokok Kalor Pada Siswa Kelas X SMA. Surakarta : Universitas.

Heong, Y.M., Widad, B.O., Jailani, B.M.Y., Tee, T.K., Razali, B.H., & Mimi, M.B.M. (2011). The level of Marzano Higher Order Thinking Skills among Technical Education Students. International Journal of Social Science and Humanity, 1(2), 121-125.

Hodiyanto, & Muhamad, F. (2020). The Self Regulated Learning, Habit of Mind, And Creativity as High Order Thinking Skills Predictors. Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 9(1), 21-30. DOI: https://doi.org/10.24127/ajpm.v9i1.2589.

Istiyono, E. (2014). Pengembangan Tes Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Fisika (PysTHOTS) Peserta Didik SMA. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 1(4), 1-12.

Krejcie, R.V. & Morgan, D.W. (1970). Determining Sample Size for Research Activties. Educational and Psychological Measurement, 607-610.

Kurniati, D., Romi, H., & Nur, A.J. (2016). Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa SMP di Kabupaten Jember dalam Menyelesaikan Soal Berstandar Pisa. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, 20(2), 142-155. Diunduh di http://journal.uny.ac.id/index.php/jpep.

Kusdianti, I., Stepanus, S.S., & Diah, M. (2019). Analisis Kemampuan Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal HOTS Kelas XI SMAN 2 Sungai Raya. Pontianak: Universitas Tanjungpura.

Melyana, A., & Pujiastuti, H. (2020). Pengaruh Kepercayaan Diri terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMP. Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif, 3(3), 239-246.

Mukhlisuddin. (2016). Pengembangan Berpikir Kritis pada Siswa Melalui Pemberian Tugas dengan Tingkat Kesukaran Berjenjang. Edumatica, 6(2), 70-80.

Nurjanah, S., Tomo, D., & Hamdani. (2022). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Topik Fluida Dinamis. Jurnal Education and development, 10(3), 111-116.

Payadnya, I.P.A.A. & I Gusti, A.N.T.J. (2018). Panduan Penelitian Eksperimen Beserta Analisis Statistik Dengan SPSS. Yogyakarta: Budi Utama.

Pramana, W.D. & Novi, R.D. (2014). Pengembangan E-Book IPA Terpadu Tema Suhu dan Pengukuran untuk Menumbuhkan Kemandirian Belajar Siswa. Unnes Science Education Journal, 3(3), 602-608. Diunduh di http://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/usej.

Safitri, S., Dede, S., & Halini. (2020). Pemahaman Konsep Persamaan Nilai Mutlak Ditinjau dari Kemandirian Belajar Siswa Kelas X SMA. Pontianak: FKIP UNTAN.

Setiaji, K., Serdiyah, M., & Nina, F. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Diintervening Motivasi Belajar E-learning Ekonomi. JEKPEND (Jurnal Ekonomi dan Pendidikan), 4(1), 56-63.

Siagian, R.E.F., Novi, M., & Ezrani, M.L. (2021). Pengaruh Kemandirian Belajar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Siswa Sekolah Menengah Atas. Jurnal Educatio, 7(4), 1798-1805. DOI: 10.31949/educatio.v7i4.1597.

Suparman, U. (2021). Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS) Peserta Didik. Bandar Lampung: Pusaka Media.

Zainwal. (2019). Kategorisasi Tingkat Kemandirian Belajar Siswa Madrasah Aliyah. Educatio, 14(1), 56-63. Diunduh di https://e-journal.hamzanwadi.ac.id/index.php/edc/article/download/1407/pdf_27.

Zamsir & Anwar, B. (2019). Asesmen dalam Mata Pelajaran Matematika dengan Menggunakan Soal Higher Order Thinking Skills. Prosiding SNPMAT II, 48-57.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v6i1.4252

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.