Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa SMP

Puji Rahmawati, Gista Ayu Fatmala

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS). Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini berjumlah 31 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Data kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar IPA siswa di tahap pra siklus memiliki rata-rata 31,5 dengan nilai tertinggi 75 dan nilai terendah 20. Setelah diberi tindakan siklus I mengalami peningkatan dengan rata-rata menjadi 36,5, nilai tertinggi 80, dan nilai terendah 35. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi dengan rata-rata menjadi 41,25, nilai tertinggi 84, dan nilai terendah 45. Hal tersebut menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas VIII A SMP Negeri 1 Entikong.

Kata Kunci:

Think Pair Share; Hasil Belajar; IPA

 

Implementation of the Cooperative Learning Model of the Think Pair Share Type to Improve Science Learning Outcomes for Junior High School Students

ABSTRACT

This study aims to determine the increase in students' science learning outcomes through the implementation of the Think Pair Share (TPS) cooperative learning model. This type of research was Classroom Action Research (CAR). Students who became the subject of this study amounted to 31 people. Data collection techniques used observation and test. The data were then analyzed quantitatively. The results showed that students' science learning outcomes in the pre-cycle stage had an average of 31.5 with the highest score of 75 and the lowest score of 20. After being given the action in cycle I, it increased with an average of 36.5, the highest score of 80, and the the lowest score of 35. In cycle II, it increased again with an average of 41.25, the highest score of 84, and the lowest score of 45. This showed that the TPS type cooperative learning model can improve science learning outcomes for class VIII A students of SMP Negeri 1 Entikong.


Keywords


Think Pair Share; Learning Outcomes; Natural Science

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Halim, M. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Untuk Meningkatan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Komunikasi Kelas X Administrasi Perkantoran di SMP N 4 Klaten Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 27-28.

Idayani, N. P. (2021). Pembelajaran Kooperatif Model TPS (Think Pair Share) Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar IPA. Journal of Education Action Research, 5(3), 416-422.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Rosdakarya.

Najemi, C. (2014). Upaya Peningkatan Minat dan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VII SMP Negeri 12 Tahun Pelajaran 2012/2013. Jurnal Natural, 11(1), 1-8.

Raditya, I. W., Kristiantari, M. R., & Suara, D. I. M. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) Terhadap Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Gugus Letda Made Putra Kecamatan Denpasar Utara Tahun Ajaran 2014/2015. MIMBAR PGSD Undiksha, 3(1).

Rusman. (2015). Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik, dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Sari, M., Habibi, M., & Putri, R. (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pairs-Share dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis dan Pengembangan Karakter Siswa SMA Kota Sungai Penuh. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 1(1), 7–21.

Sumarli, S. (2018). Analisis Model Pembelajaran Tipe Think-Pair-Share Berbasis Pemecahan Masalah Terhadap Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. JIPF (Jurnal Ilmu Pendidikan Fisika), 3(1), 8-13.

Suprijono, A. (2013). Cooperative Learning. Yogyakarta: Balai Pustaka.

Tirza, P., Sinon, I. L. S., & Widyaningsih, S. W. (2016). Penerapan model kooperatif tipe TPS terhadap hasil belajar kognitif dan aktivitas peserta didik pada materi gelombang mekanik kelas XII IPA SMA Negeri 1 Kabupaten Sorong. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni 5(2), 173-182.

Trianto. (2013). Model Pembelajaran Terpadu Konsep, Strategi, dan Implementasinya dalam Kurikulum Tingkat Satuan pendidikan. Jakarta: Kencana.

Widyastuti, F. (2014). Peningkatan Minat Belajar IPA Melalui Penerapan Strategi Word Square Pada Siswa Kelas V SD Negeri Jetis 02 Sukoharjo Tahun 2013/2014. Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2(1), 45-46.

Yuwono, S. (2016). Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Metode Kerja Kelompok di SD Kalilembu Tahun Pelajaran 2015/2016. Jurnal Penelitian Bahasa Indonesia, 2(11), 34-35.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v6i1.4209

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.