Penerapan Modul Elektronik Sigil Berbasis Saintifik pada Materi Teori Kinetik Gas untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ranah Kognitif dan Motivasi Belajar Siswa

Aprilia Maorin, Ahmad Fauzi, Elvin Yusliana Ekawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar ranah kognitif siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2021/2022 melalui penerapan modul elektronik Sigil, (2) Mendeskripsikan peningkatan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2021/2022 melalui penerapan modul elektronik Sigil. Desain penelitian yang digunakan yakni penelitian tindakan kelas (PTK) menggunakan model Kemmis dan Mc. Taggart. Subjek penelitian yaitu siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta tahun pelajaran 2021/2022 yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik tes, angket, wawancara dan kajian dokumen. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul elektronik Sigil berbasis Saintifik pada materi Teori Kinetik Gas dapat meningkatkan hasil belajar ranah kognitif dan motivasi belajar siswa kelas XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta tahun ajaran 2021/2022. Persentase ketuntasan siswa pada hasil belajar ranah kognitif meningkat dari 61,29% pada tahap pra siklus, menjadi 74,19 pada siklus I, dan mencapai 90,32% pada siklus II. Persentase ketercapaian motivasi belajar siswa mengalami peningkatan. Pada pra siklus persentase kelima indikator motivasi belajar siswa berada di bawah 76%. Pada siklus I terdapat tiga indikator motivasi belajar yang mampu mencapai target penelitian, dan pada siklus II semua indikator mampu mencapai target penelitian yaitu memenuhi motivasi belajar kategori tinggi dengan persentase 76%.

Kata Kunci:

Modul Elektronik; Perangkat Lunak Sigil; Teori Kinetik Gas; Pendekatan Saintifik

 

Application of Scientific-Based Sigil Electronic Modules on Gas Kinetic Theory to Improve Cognitive Learning Outcomes and Learning Motivation of Students

ABSTRACT

This research aims to: (1) describe the increase in cognitive learning outcomes of class XI MIPA 3 students at SMA Negeri 7 Surakarta in the 2021/2022 academic year through the application of the Sigil electronic module, and (2) describe the increase in learning motivation of students in class XI MIPA 3 at SMA Negeri 7 Surakarta in the 2021/2022 academic year through the implementation of the Sigil electronic module. The research design used was classroom action research (PTK) using the Kemmis and Mc. Taggart models. The subjects of this study were 31 students of class XI MIPA 3 SMA Negeri 7 Surakarta for the 2021/2022 academic year. Data collection techniques included test techniques, questionnaires, interviews, and document reviews. Data analysis techniques used qualitative and quantitative analysis. The results of the study showed that the application of the scientific-based Sigil electronic module on gas kinetic theory can increase the cognitive learning outcomes and learning motivation of class XI MIPA 3 students at SMA Negeri 7 Surakarta in the academic year 2021/2022. The percentage of students' completeness on cognitive learning outcomes in the pre-cycle stage was 61.29%, then increased in the first and the second cycle as much as 74.19%, and 90.32% respectively. The percentage of students' learning motivation achievement had also increased. In the pre-cycle, the percentage of all indicators of student motivation was below 76%. In cycle I, there was only 3 indicators of learning motivation that were able to achieve the research target, while in cycle II, all indicators were able to achieve the research target, namely fulfilling the high category of learning motivation with a percentage of ≥ 76%.


Keywords


Electronic Module; Sigil Software; Gas Kinetic Theory; Scientific Approach

Full Text:

PDF

References


Agustina, M., Yushardi, & Lesmono, A. D. (2018). Analisis Penguasaan Konsep - Konsep Teori Kinetik Gas Menggunakan Taksonomi Bloom Berbasis HOTS pada Siswa Kelas XI IPA di MAN Jember. Jurnal Pembelajaran Fisika, 7(4), 334–340.

Amri, S. (2018). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Prestasi Belajar Matematika Siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–168.

Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80. https://doi.org/10.17509/jpm.v4i1.14958

Anggereni, S., Rismawati, & Ashar, H. (2019). Perbandingan Pengetahuan Prosedural Menggunakan Model Discovery Terbimbing dengan Model Inquiry Terbimbing. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 156–161.

Dewi, M. S. A., & Lestari, N. A. P. (2020). E-Modul Interaktif Berbasis Proyek terhadap Hasil Belajar Siswa. Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran, 4(3), 433–441.

Febnasari, S. D., Arifin, Z., & Setianingsih, E. S. (2019). Efektifitas Penggunaan Metode Pembelajaran Diskusi Kelas dengan Strategi TPS untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 3(3), 310–318.

Maharani, P., Alqodri, F., & Cahya, R. A. D. (2015). Pemanfaatan Software Sigil sebagai Media Pembelajaran E-Learning yang Mudah, Murah dan User Friendly dengan Format Epub sebagai Sumber Materi. Seminar Nasional Teknologi Informasi Dan Multimedia, 6(8), 25–30.

Maisarah, T. A. L. S. S. (2022). Urgensi Pengembangan Media Berbasis Digital pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. EUNOIA: Jurnal Pendidikan Bahasa Indonesia, 2(1), 65–75.

Munandar, R. R., Cahyani, R., & Fadilah, E. (2021). Pengembangan E-Modul Sigil Software untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di Masa Pandemi Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 7(4), 191–202. https://doi.org/10.22437/bio.v7i4.15204

Pinilih, F. W., Masykuri, M., & Suparmi, S. (2016). Pengembangan Modul Elektronik Fisika Berbasis Salingtemas Materi Pemanasan Global Untuk Siswa SMA/MA Kelas XI. Inkuiri, 5(2), 143-155.

Pralisaputri K. R., Soegiyanto, H., & Muryani, C. (2016). Pengembangan Media Booklet Berbasis Sets pada Materi Pokok Mitigasi dan Adaptasi Bencana Alam Untuk Kelas X SMA. Jurnal GeoEco, 2(2), 147–154.

Putri, I. S., Juliani, R., & Lestari, I. N. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning terhadap Hasil Belajar Siswa dan Aktivitas Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika, 6(2), 94.

Putri, M. A., & Purmady, A. (2020). Pengaruh Media Pembelajaran E-Modul Berbasis Sigil Terhadap Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Desain Grafis. Jurnal Teknologi Pendidikan: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), 174–180.

Rigusti, W., & Pujiastusi, H. (2020). Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Ditinjau dari Motivasi Belajar Matematika Siswa. Prima: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 1–10.

Rustaman, A. H., Iqbal, M., & Amelia, W. (2019). Pengembangan Modul Digital Praktikum Komputer Grafis 1 dalam Format Elektonik Publication (Epub) untuk Meningkatkan Pemahaman Teknik Grafis Mahasiswa Desain Komunikasi Visual (Topik: Digital Imaging). Jurnal Ilmu Sosial dan Pendidikan, 3(1), 224–229.

Sari, A. S. (2016). Pengembangan Buku Digital Melalui Aplikasi Sigil pada Mata Kuliah Cookies dan Candys. Jurnal Science Tech, 1(2), 46–54. https://jurnal.ustjogja.ac.id/index.php/sciencetech/article/view/1226

Selvia, D. (2021). Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 4(2), 47–55. https://doi.org/10.31539/spej.v4i2.1899

Ulfa, M., & Sucahyo, I. (2022). Development Of HOTS-Based E-Modules Using Sigil Applications on Circular Motion Materials. Jurnal Pendidikan Fisika, 10(2), 130–143. https://doi.org/10.26618/jpf.v10i2.7411

Wati, R. Y., Ningrat, H. K., & Didik, L. A. (2021). Pembelajaran Fisika Berbasis CTL Melalui Metode Eksperimen untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Materi Tata Surya. Edu Sains: Jurnal Pendidikan Sains dan Matematika, 9(1), 40-49.

Yolanda, Y., Amin, A., & Sari, R. (2018). Efektivitas Pendekatan Scientific pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Perspektif Pendidikan, 12(2), 21–30.

Yulando, S., Sutopo, S., & Franklin Chi, T. (2019). Electronic Module Design and Development: An Interactive Learning. American Journal of Educational Research, 7(10), 694–698. https://doi.org/10.12691/education-7-10-4.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v6i1.4151

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.