Penerapan Model Pembelajaran Inquiry pada Materi Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa

Falentina Genoveva Irmina, Rambu Ririnsia Harra Hau, Agustina Elizabeth

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas X dengan menerapkan model pembelajaran Inquiry pada materi pengukuran. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Talibura. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X MIA 2 Tahun Ajaran 2022/2023 yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan observasi. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada pra siklus ketuntasan hasil belajar siswa mencapai 71,42% kriteria cukup, pada siklus I mencapai 78,57% kriteria cukup dengan rata-rata nilai 68,57, dan pada siklus II mencapai 96,42% kriteria baik sekali dengan rata-rata nilai 84,82. Hal ini menunjukkan bahwa hasil belajar siswa kelas X MIA 2 telah melebihi indikator pencapaian persentase ketuntasan klasikal yang memenuhi nilai KKM sebesar 80%. Dengan demikian penerapan model pembelajaran Inquiry dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas X MIA 2 pada materi pengukuran.

Kata Kunci:

Inquiry; Hasil Belajar; Pengukuran


Implementation of the Inquiry Learning Model on Measurement to Improve Students' Learning Outcomes

ABSTRACT

This study aimed to improve the learning outcomes of class X students by applying the inquiry learning model to measurement. The research method used was classroom action research conducted at SMA Negeri 1 Talibura. The subjects of this study were 28 class X MIA 2 students for the 2022/2023 Academic Year. Data collection techniques used in this study were tests and observation. The data analysis technique used was descriptive quantitative. The results showed that in the pre-cycle completeness of student learning outcomes reached 71.42% sufficient criteria, in cycle I, it reached 78.57% sufficient criteria with an average value of 68.57, and in cycle II, it reached 96.42% very good criteria with an average value of 84,82. This showed that the learning outcomes of class X MIA 2 students had exceeded the indicator of achieving the percentage of classical completeness that meets the KKM value of 80%. Thus, the implementation of the Inquiry learning model could improve the learning outcomes of class X MIA 2 students on measurement.


Keywords


Inquiry; Learning Outcomes; Measurement

Full Text:

PDF

References


Alexander, F., & Pono, F. R. (2019). Penerapan Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Examples Non Examples untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa. Jurnal Ilmiah Religiosity Entity Humanity (JIREH), 1(2), 110-126.

Busyairi, A., & Sinaga, P. (2015). Strategi pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) berbasis eksperimen untuk meningkatkan kemampuan kognitif dan keterampilan berpikir kreatif. Jurnal pengajaran MIPA, 20(2), 133-143.

Farhana, H. & Awiria, A. (2019) Penelitian tindakan kelas. In Penelitian Tindakan Kelas. Harapan Cedas, Jakarta, 1-134..

Fitriani, N., Gunawan, G., & Sutrio, S. (2017). Berpikir kreatif dalam fisika dengan pembelajaran conceptual understanding procedures (CUPS) berbantuan LKPD. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(1), 24-33.

Haifaturrahmah., Maryati, Y., & Fujiaturrahman, S. (2018). Efektivitas Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan Sikap Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Ulul Albab, 22(2).

Hidayati, E. W. (2018). Penggunaan media puzzle konstruksi terhadap hasil belajar kognitif siswa SDN Kemangsen II Krian. Indonesian Journal of Islamic Education Studies (IJIES), 1(1), 61-88.

Inah, E. N., & Pertiwi, U. A. (2017). Penerapan collaborative learning melalui permainan mencari gambar untuk meningkatkan hasil belajar ipa kelas V di SDN Tabanggele Kecamatan Anggalomoare Kabupaten Konawe. Al-TA'DIB: Jurnal Kajian Ilmu Kependidikan, 10(1), 19-36.

Istiana, G. A., Saputro, A. N. C., & Sukardjo, D. J. (2015). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning untuk Meningkatkan Aktivitas dan Prestasi Belajar Pokok Bahasan Larutan Penyangga pada Siswa Kelas XI IPA Semester II SMA Negeri 1 Ngemplak Tahun Pelajaran 2013/2014. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(2), 65-73.

Juniati, N. W., & Widiana, I. W. (2017). Penerapan model pembelajaran inkuiri untuk meningkatkan hasil belajar IPA. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 1(1), 20-29.

Kurniawan, Y. (2019). Inovasi Pembelajaran Model dan Metode Pembelajaran Bagi Guru. CV Kekata Group.

Kuswandari, M., Sunarno, W., & Supurwoko, S. (2013). Pengembangan bahan ajar fisika SMA dengan pendekatan kontekstual pada materi pengukuran besaran fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2).

Nugrahaeni, A., Redhana, I. W., & Kartawan, I. M. A. (2017). Penerapan model pembelajaran discovery learning untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis dan hasil belajar kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 1(1), 23-29.

Prasojo, R. J. (2014). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kedisiplinan Belajar Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran IPS. Ekonomi IKIP Veteran Semarang, 2(1), 37082.

Pratiwi, C. O., Atep, S., & Asep, K. J. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V pada Materi Pesawat Sederhana. Sumedang: Jurnal Pena Ilmiah.

Purnomo, H., Mansir, F., Tumin, T., & Suliswiyadi, S. (2020). Pendidikan karakter islami pada online class management di SMA Muhammadiyah 7 Yogyakarta Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Tarbiyatuna, 11(1), 91-100.

Sofyan (2021). Penerapan Model Pembelajaran Discovery Learning dalam Upaya Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Hukum-Hukum Dasar Kimia di Kelas X MMI SMK Negeri 2 Banawa Tahun Pelajaran 2020/2021. Arfak Chem: Chemistry Education Journal, 4(2), 316-326.

Wali, G. N. K., Winarko, W., & Murniasih, T. R. (2020). Peningkatan keaktifan dan hasil belajar siswa dengan penerapan metode tutor sebaya. RAINSTEK: Jurnal Terapan Sains & Teknologi, 2(2), 164-173.

Wulandari, F. (2016). Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa sekolah dasar. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(2), 267-278.

Yance, R. D. (2013). Pengaruh penerapan model Project Based Learning (PBL) terhadap hasil belajar fisika siswa kelas XI IPA SMA Negeri 1 Batipuh Kabupaten Tanah Datar. Pillar of Physics Education, 1(1).




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v6i1.4090

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.