Penyelesaian Persamaan Bentuk Kuadrat Berbantuan Aplikasi Photomath Berdasarkan Sistem Bilangan Real

Nadya Febriani Meldi, Ahmad Yani T., Dede Suratman

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan ketidaksesuaian istilah dalam prosedur pengerjaan matematika materi persamaan kuadrat berdasarkan aplikasi photomath yang disesuaikan dalam objek kajian dalam analisis real. Ketidaksesuaian yang dimaksud adalah prosedur pengerjaan yang kurang lengkap serta beberapa penamaan yang tidak dikenal dalam matematika. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif. Deskriptif dilakukan untuk mengungkap temuan ketidaksesuaian dari prosedur pengerjaan persamaan bentuk kuadrat yang dianalisis dari langkah pengerjaan yang tersaji pada aplikasi photomath. Langkah penyelesaian pada aplikasi photomath merupakan objek kajian serta aksioma lapangan yang menjadi dasar utama dalam proses kajian. Teknik analisis yang digunakan adalah tematik analisis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa telah diperoleh empat langkah penyelesaian yang tidak bersesuaian pada disiplin ilmu matematika dalam menyelesaikan persamaan kuadrat pada aplikasi photomath, yaitu “keluarkan faktor”, “pindahkan satu suku ke ruas lainnya dan ubahlah tandanya (pindah ruas)”, ”hasil kali faktor-faktor adalah nol, setidaknya salah satu faktor adalah nol”, “bagi kedua ruas dengan suatu bilangan”.

Kata Kunci:

Penyelesaian Persamaan Bentuk Kuadrat; Aplikasi Photomath; Sistem Bilangan Real

 

Solving Quadratic Shape Equations Assisted Photomath Application Based on Real Number Systems

ABSTRACT

This study aims to describe the discrepancy of terms in the procedure for mathematical work of quadratic equation material based on the application of photomath adjusted in the object of study in real analysis. The discrepancies in question are incomplete workmanship procedures as well as some unknown naming in mathematics. This research was a qualitative research with a descriptive method. Descriptive is carried out to reveal findings of discrepancies from the procedure for working on quadratic shape equations analyzed from the work steps presented in the photomath application. The completion step in the photomath application was the object of study and the field axiom that was the main basis in the study process. The analysis technique used was thematic analysis. The results showed that four non-conforming solution steps have been obtained in the mathematical discipline in solving quadratic equations in the photomath application, namely "issue a factor", "move one tribe to another and change the sign (moving segments)", "the product of factors is zero, at least one of the factors is zero", "divide both fields by a number".


Keywords


Solving Quadratic Shape Equations; Photomath Application; Real Number Systems

Full Text:

PDF

References


Abdillah, Mahsup, Syaharuddin, & P. D. (2021). Pemanfaatan aplikasi matematika berbasis android sebagai media belajar matematika Siswa SMA/SMK. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Berkarakter, 4(1), 17–22.

Ariwahyuni, M., Japa, I. G. N., & Sumantri, M. (2014). Pengaruh Model Pembelajaran Metakognitif Terhadap Pemahaman Konsep Matematika. MIMBAR PGSD Undiksha, 2(1).

Comas-Forgas, R., & Sureda-Negre, J. (2010). Academic plagiarism: explanatory factors from students’ perspective. Journal of Academic Ethics, 8(3), 217–232. https://doi.org/doi:10.1007/s10805- 010-9121-0

Fauziah, U. (2017). Analisis faktor penyebab kesulitan belajar matamatika pada siswa kelas x sma datuk ribandang. Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.

Hadiyanto, Fahrur Rozi, Hery Susanto, and A. Q. (2016). Identifikasi kesalahan siswa kelas vii dalam menyelesaikan soal geometri. UM Conference Paper.

Hamadneh, I. M., & Al-Masaeed, A. (2015). math teachers’ attitudes towards photo math applications in solving mathematical problems using the mobile camera. Educational Research and Reviews, 10(14), 1930–1936. https://doi.org/doi:10.5897/ERR2015.2181

Handayani, S. D., & Solihah, A. (2022). Pemanfaatan Aplikasi PhotoMath dan Aplikasi YHomework pada Pembelajaran Matematika. Kapas: Kumpulan Artikel Pengabdian Masyarakat, 1(1), 1–7.

James, J. and. (1976). Mathematic Dictionary. Van Nostrand Rienhold.

Klára, K., Éva, O. K., & Diána, Z. (2021). photomath : a blessing or a curse. GRADUS, 8(1), 197–204.

NCTM. (2000). Principles and Standards for School Mathematics.

Oktaviani, R. D., Ilmiah, T., Sholihah, N., Apriliyani, R., & Fauzi, I. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Photomath Sebagai Media Pemecahan Masalah Matematis. RANGE: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 40-54.

Oktoviani, V., Wiris, L., W., dan Ferdianto, F. (2019). Analisis kemampuan pemahaman matematis siswa smp pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Edumatica: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(1), 39–46.

Payung, Z., & Kusuma, Y. (2022). Pembelajaran Matematika dengan Bantuan Mathematica dan Photomath Software Untuk Meningkatkan Problem Solving Matematika Mahasiswa Calon Guru Sekolah Dasar. Elementary Journal: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1), 33-39.

Petr, D. W. (2001). session t3a cross-checking and good scores go together : students shrug session T3A. 31st ASEE/IEEE Frontiers in Education Conference, 7–12.

Rahadi, Muhammad Rizky, Kodrat Iman Satoto, and I. P. W. (2016). Perancangan game math adventure sebagai media pembelajaran matematika berbasis android. Jurnal Teknologi Dan Sistem Komputer, 4(1), 44. https://doi.org/10.14710/jtsiskom.4.1.2016.44-49

Rahayu, N. P. (2022). Meminimalkan Ketergantungan Peserta Didik pada Aplikasi Photomath dengan Merubah Soal Matematika Menjadi Bentuk Teks. Action Research Journal, 1(3), 250-255.

Ramadhani. (2015). Analisis kesalahan siswa kelas VIII SMP pada materi aljabar serta proses scaffolding-nya. Jurnal Silogisme: Kajian Ilmu Matematika Dan Pembelajarannya, 1(1), 1. karya-ilmiah.um.ac.id

Spurway, N., & Hickman, L. (2016). Forty years of science and religion, looking back, looking forward. Camridge Scholars.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatn Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (27th ed.). CV. Alfabeta.

Suratman, D. (2018). Pengantar Analisis Real. Jaudar Press.

Williams, R. (2020). The Use of Digital Applications and Websites in Completing Math Assignments. Concordia University - Portland, [email protected]. https://digitalcommons.csp.edu/cup_commons_grad_edd/452 %0D.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v5i2.3224

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.