Pengembangan Tes Diagnostik Menggunakan Model Teslet untuk Mengidentifikasi Kesulitan Belajar Peserta didik SMA pada Materi Momentum dan Impuls

Fenny Trinovitasari, Haratua Tiur Maria S., Muhammad Musa Syarif Hidayatullah

Abstract


Penelitian ini bertujuan menghasilkan tes diagnostik menggunakan model teslet pada materi momentum dan impuls untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik SMA Negeri di Pontianak. Secara khusus bertujuan untuk: (1) mengidentifikasi karakteristik butir tes diagnostik menggunakan model teslet disusun pada materi momentum dan impuls. (2) mengetahui kelayakan tes diagnostik menggunakan model teslet pada materi momentum dan impuls. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dikembangkan dengan model Four-D menggunakan 9 langkah pengembangan tes diagnostik menurut Mardapi. Tes tediri dari 12 soal pokok yang masing-masing terdiri dari 3 subsoal, total keseluruhan 36 soal. Data kualitatif didapatkan dari validasi tim ahli yang merupakan guru mata pelajaran fisika dan dosen Pendidikan Fisika FKIP UNTAN. Uji skala kecil dengan subjek peserta didik kelas XI IPA 6 SMA Negeri 3 melibatkan 23 peserta didik, dan uji skala besar di kelas XI IPA 3 SMA Negeri 3, XI IPA 1 SMA Negeri 7, dan XI IPA 1 SMA Negeri 5 melibatkan 98 peserta didik. Karakteristik yang digunakan adalah karakteristik menurut Sutrisno. Berdasarkan analisis data, didapat tes diagnostik yang dikembangkan dengan model teslet dapat digunakan untuk mengidentifikasi kesulitan belajar peserta didik, yaitu: (1) tingkat validitas isi tinggi sebesar 0,94, (2) validitas butir soal lebih dari 0,413 dan 0,195 dengan jumlah soal valid sebanyak 36 soal, (3) reliabilitas tinggi sebesar 0,893, (4) tingkat kesukaran soal kategori sedang, (5) soal dibuat dengan bahasa yang sederhana dengan tingkat keterbacaan 7,05, sehingga soal yang dapat digunakan sebanyak 36 soal.

Kata Kunci:

Kesulitan Belajar; Tes Diagnostik; Teslet; Momentum dan Impuls


Development of Diagnostic Tests Using Teslet Models to Identify High School Students' Learning Difficulties on Momentum and Impulse

ABSTRACT

This study aims to produce diagnostic tests using a teslet model on momentum and impulse to identify learning difficulties for state high school students in Pontianak. It specifically aims to: (1) identify the characteristics of diagnostic test items using a teslet model composed on momentum and impulse materials. (2) knowing the feasibility of diagnostic tests using a teslet model on momentum and impulse materials. This research was a research and development developed with the Four-D model using 9 steps of diagnostic test development according to Mardapi. The test consisted of 12 main questions, each consisting of 3 sub-questions, a total of 36 questions. Qualitative data was obtained from the validation of a team of experts who are physics teachers and lecturers of Physics Education FKIP UNTAN. The small-scale test with the subjects of class XI science 6 SMA Negeri 3 students involved 23 students, and the large-scale test in class XI IPA 3 SMA Negeri 3, XI IPA 1 SMA Negeri 7, and XI IPA 1 SMA Negeri 5 involved 98 students. The characteristics used were those according to Sutrisno. Based on data analysis, diagnostic tests developed with a teslet model could be used to identify students' learning difficulties, namely: (1) a high content validity level of 0.94, (2) the validity of question items of more than 0.413 and 0.195 with a total of 36 valid questions, (3) high reliability of 0.893, (4) difficulty level of medium category questions, (5) questions made in simple language with a readability level of 7.05, so that the questions that could be used were as many as 36 questions.


Keywords


Learning Difficulties; Diagnostic Tests; Teslet; Momentum and Impulse

Full Text:

PDF

References


Andriyani, Ni Luh Yesi., dkk. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Gerak Lurus. Jurnal Pendidikan Fisika Tandulako (JPFT), 4(3), 36-41.

Azwar, S. (2009). Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Depdiknas. (2007). Tes Diagnostik. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Jihad, Asep & Haris. (2013). Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.

Lee, G., Dunbar, S. B., & Frisbie, D. A. (2001). The Relative Appropriateness of Eight Measurement Models for Analyzing Scores From Tests Composed of Testlets. Educational and Psychological Measurement, 61(6), 958-975. https://doi.org/10.1177/00131640121971590.

Mahmudah, Diah. (2011). Secondary Analysis Tentang Tes Diagnostik Skripsi-Skripsi Mahasiswa Pendidika FKIP Untan Tahun 2007-2009 pada Materi Mekanika. Skripsi. Pontianak: FKIP Untan.

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian dan Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Murti, Wiyanto, & Hartono. (2018). Studi Komparasi Tes Testlet Dan Uraian Dalam Mengukur Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas XI SMA Negeri 1 Gombong. Unnes Physiscs Education Journal, 7(1).

Purwanto, N. (2013). Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, A. (2009). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Gafindo Persada.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Sutrisno. (2006). Fisika dan Pembelajarannya. Bandung: Universitas Pendidika Indonesia.

Thissen, D., & Wainer, H. (2001). On Reability of Testlet-Based Test. Journal of Educational Measurement, 28(3), 237-247. (https://doi.org/10.1111/j.1745-3984.2001.tb00356.x)

Wahyuni, I. T., Yamtinah, S., & Budi, T. (2015). Pengembangan Instrumen Pendeteksi Kesulitan Belajar Kimia Kelas X Menggunakan Model Testlet. Jurnal Pendidikan Kimia, 4(4).

Wang, S., He, W., & Jiao, H. (2013). Estimation Methode for One-Parameter Testlet Models. Journal of Education Measurement, 50(2), 186-203.

Yamtinah, S., Haryono., & Martini, K. S. (2014). Profil Individu Pelengkap Tes Jenis Teslet Sebagai Alternatif Pendeteksi Kesulitan Belajar Kimia. Jurnal Profesi Pendidik, 1(1), 1-10.

Yulfiana. (2015). Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal-Soal Volume Bangun Ruang Sisi Lengkung pada Siswa Kelas IX SMP Muhammadiyah 9 Ngemplak Tahun Ajaran 2015/2016. Skripsi. Surakarta: Program Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v5i2.3091

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.