Pengembangan Perangkat Penilaian Hasil Belajar dalam Pembelajaran Tematik Integratif dengan Pendekatan Saintifik di Kelas V Sekolah Dasar

Maria Angelina Fransiska Mbari, Desi Maria El Puang, Elisabeth Gleko

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan perangkat penilaian yang layak untuk pembelajaran tematik-integratif kelas V SD, (2) mengetahui kepraktisan perangkat penilaian yang dikembangkan, dan (3) mengetahui keefektifan perangkat penilaian di kelas V SD pada subtema Komponen Ekosistem. Prosedur pengembangan perangkat penilaian didasari oleh penelitian dan pengembangan (Research and Development) model ADDIE. Tahapan model ADDIE merupakan Analysis, Design, Develop, Impelentation, dan Evaluation. Subjek penelitian ini adalah guru dan peserta didik SDK Bhaktyarsa Maumere, SDK Maria Ferrari, SDI Iligetang, SDI Wailiti. Jumlah responden guru berjumlah 5 orang dan siswa berjumlah 127 orang. Teknik Pengumpulan data yang digunakan adalah angket, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) perangkat penilaian hasil belajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria layak digunakan dengan skor maskimal yang diperoleh adalah 95, (2) perangkat penilaian hasil belajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria praktis berdasarkan respon guru dan peserta didik dengan skor maksimum 27, (3) perangkat penilaian hasil belajar yang dikembangkan telah memenuhi kriteria efektif berdasarkan ketuntasan hasil belajar siswa yaitu > 60%.

Kata Kunci:

Perangkat Penilaian; Pembelajaran Tematik Integratif; Sekolah Dasar


Development of Learning Outcomes Assessment Tool in Integrative Thematic Learning with a Scientific Approach in Grade V Elementary School

ABSTRACT

This study aims to: (1) produce appropriate assessment tools for thematic-integrative learning for fifth grade elementary school, (2) determine the practicality of the assessment tools developed, and (3) determine the effectiveness of assessment tools in fifth grade elementary school on the sub-theme of Ecosystem Components. The procedure for developing the assessment tool was based on the ADDIE Research and Development model. The stages of the ADDIE model were Analysis, Design, Develop, Implementation, and Evaluation. The subjects of this study were teachers and students of SDK Bhaktyarsa Maumere, SDK Maria Ferrari, SDI Iligetang, SDI Wailiti. The number of teacher respondents amounted to 5 people and students amounted to 127 people. Data collection techniques used were questionnaires, observations, and interviews. The data analysis technique used was descriptive analysis. The results showed that (1) the learning outcome assessment tool developed had met the criteria for proper use with the maximum score obtained was 95, (2) the developed learning outcome assessment tool had met the practical criteria based on teacher and student responses with a maximum score of 27, (3) the learning outcomes assessment tool developed has met the effective criteria based on the completeness of student learning outcomes > 60%.


Keywords


Assessment Toolkit; Integrative Thematic Learning; Elementary School

Full Text:

PDF

References


Adnyana, I. G. M. & Suyanto, W. (2013). Penggunaan EFI scanner sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan minat, motivasi, dan prestasi belajar siswa. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 192-209.

Apriani, A. & Wangid, M. (2015). Pengaruh SSP Tematik-Integratif terhadap Karakter Disiplin dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD. Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12- 25. Retrieved from http://journal.uny.ac.id/index.php/jp e/article/view/4061/3516.

Earl, K. & Giles, D. (2011). An-other Look at Assessment: Assessment in Learning. New Zealand Journal of Teachers’ Work, 8(1), 11-20.

Hamid, S. M. (2017). Standar Mutu Penilaian Dalam Kelas: Sebuah Panduan Lengkap dan Praktis. Jakarta: Diva Press.

Hosnan, M. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21. Bogor: Ghalia Indonesia.

Karar, E. E. & Yenice, N. (2012). The investigation of scientific process skill level of elementary education 8th grade students in view of demographic features. Procedia Social and Behavioral Sciences, 46, 3885–3889.

Majid, A. (2014). Perencanaan Pembelajaran dalam Mengembangkan Standar Kompetensi Guru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mardapi, D. (2012). Pengukuran, penilaian, dan evaluasi pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Mustopa, A., Jasim., Basri, H., & Barlian, U. (2021). Analisis Standar Penilaian Pendidikan. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(1). DOI: https://doi.org/10.33751/jmp.v9i1.3364.

Nitko, A. & Brookhart, S. M. (2011). Educational assessment of students 6th edition. Boston, Mass.: Pearson Education.

Nuraini, S. (2015). Pengembangan Perangkat Pembelajaran (RPP) DAI (LKS) pada Materi rumus-rumus segitiga menggunakaii model penemuan terbimbing untuk siswa SMA IGLAS XI. http://eprints.uny.ac.id/id/eprint/26551.

Prasetyono, R. N. & Trisnawati, E. (2018). Pengaruh pembelajaran IPA berbasis empat pilar pendidikan terhadap kemampuan berpikir kritis. JIPVA (Jurnal Pendidikan IPA Veteran), 2(2), 162–173. https://doi.org/10.31331/jipva.v2i2.679.

Prastowo, A. (2014). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press.

Subali, B. (2012). Prinsip asesmen & evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v5i1.2880

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.