Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa

Indah Febriani, Kurnia Islamy, Rika Wahyuni, Nindy Citroresmi Prihartiningtyas

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif yang diberikan dengan model pembelajaran Problem Based Iinstruction (PBI) dan model langsung, mengidentifikasi pengaruh model pembelajaran PBI terhadap kemampuan komunikasi matematis dan berpikir kreatif, dan mengindentifikasi motivasi siswa terhadap model pembelajaran PBI terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif. Jenis penelitian ini adalah quasi eksperimental design dengan rancangan nonequivalent posstest-only control group design. Intsrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif, angket motivasi belajar siswa. Teknik analisis data menggunakan uji-t independent, effect size, dan skala Likert. Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif antara yang diajarkan melalui model PBI dengan model pembelajaran langsung berbeda, model PBI memberikan pengaruh yang besar terhadap kemampuan komunikasi matematis dan kemampuan berpikir kreatif, dan motivasi belajar siswa tinggi melalui model pembelajaran PBI.

Keywords


Problem Based Instruction; Kemampuan Komunikasi Matematis; Kemampuan Berpikir Kreatif; Motivasi Belajar

Full Text:

PDF

References


Arif, A., & Herlina, H. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Instruction (PBI) Berorientasi Model Pembelajaran Think Pair-Share (TPS) dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Evolusi. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS, 3.

Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389-398.

Firman, Mariyam, & Wahyuni, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 79–86.

Habibah, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap Siswa MTs N Kelas VII. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 2(1), 46-51.

Husnidar. (2014). Penerapan model pembelajaranberbasis masalah untuk meningkatkankemampuan berfikir kritis siswa dan disposisi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika,1(1), 71-82.

Jayanti, M., & Wiratomo, Y. (2017). Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1722

Marsinia, W., & Rahmi, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 153-160.

Noviarti, Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Dengan Kemampuan Numerik Siswa pada Materi Aljabar. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 92–99.

Novriansyah, F., Harlin, H., & Syofii, I. (2018). Perbedaan Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Model Pembelajaran Langsung pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI di SMK Negeri 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 125-132.

Pratiwi, A. A., & Rizal, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Collaboration, Communication, Creativity and Critical Thinking terhadap Hasil Belajar Rangkaian Elektonika. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 61-68.

Saputra, H. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, pp. 521-526.

Sefrinal, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.34125/kp.v4i2.417.

Soraya, S., Rosmaiyadi, R., & Wahyuni, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 28-34.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.




DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i2.2716

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.

Publisher:

Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang

Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp.   : +62562 420 0344
No. Fax.    : +62562 420 0584

VARIABEL

e-ISSN : 2599-3038

p-ISSN : 2599-302X

Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312

Publisher Contact[email protected][email protected] / Wa: +6282142072788

Management Tools

     

VARIABEL IS INDEXED BY

           


Creative Commons License

Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.