Model Pembelajaran Problem Based Instruction terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis dan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Arif, A., & Herlina, H. (2018). Penerapan Pendekatan Problem Based Instruction (PBI) Berorientasi Model Pembelajaran Think Pair-Share (TPS) dalam Upaya Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Mahasiswa pada Mata Kuliah Evolusi. In Prosiding Seminar Nasional SIMBIOSIS, 3.
Fatwa, V. C., Septian, A., & Inayah, S. (2019). Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Model Pembelajaran Problem Based Instruction. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 389-398.
Firman, Mariyam, & Wahyuni, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Pada Materi Operasi Hitung Bentuk Aljabar Kelas VIII SMP. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 79–86.
Habibah, L. (2016). Peningkatan Kemampuan Komunikasi Siswa Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL) terhadap Siswa MTs N Kelas VII. Jurnal Pembelajaran dan Matematika Sigma (JPMS), 2(1), 46-51.
Husnidar. (2014). Penerapan model pembelajaranberbasis masalah untuk meningkatkankemampuan berfikir kritis siswa dan disposisi matematis siswa. Jurnal Didaktik Matematika,1(1), 71-82.
Jayanti, M., & Wiratomo, Y. (2017). Perancangan Media Siap UN Matematika SMP Berbasis Android. SAP (Susunan Artikel Pendidikan), 2(1), 22–32. https://doi.org/10.30998/sap.v2i1.1722
Marsinia, W., & Rahmi, D. (2018). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Instruction (PBI) terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis berdasarkan Kemandirian Belajar Siswa Sekolah Menengah Atas. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 1(2), 153-160.
Noviarti, Utami, C., & Prihatiningtyas, N. C. (2020). Hubungan Motivasi Belajar Matematika Dengan Kemampuan Numerik Siswa pada Materi Aljabar. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 5(2), 92–99.
Novriansyah, F., Harlin, H., & Syofii, I. (2018). Perbedaan Model Problem Based Instruction (PBI) dengan Model Pembelajaran Langsung pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Kelistrikan Kendaraan Ringan Kelas XI di SMK Negeri 2 Palembang. Jurnal Pendidikan Teknik Mesin, 5(2), 125-132.
Pratiwi, A. A., & Rizal, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Instruction Berbasis Collaboration, Communication, Creativity and Critical Thinking terhadap Hasil Belajar Rangkaian Elektonika. INVOTEK: Jurnal Inovasi Vokasional Dan Teknologi, 20(1), 61-68.
Saputra, H. (2018). Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis. In Prosiding Seminar Nasional Penelitian, pp. 521-526.
Sefrinal, S. (2019). Pengaruh Pendekatan Problem Based Learning terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera. Jurnal Kepemimpinan dan Pengurusan Sekolah, 4(2), 157–168. https://doi.org/10.34125/kp.v4i2.417.
Soraya, S., Rosmaiyadi, R., & Wahyuni, R. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran SQ3R terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa SMP pada Materi Pola Bilangan. JPMI (Jurnal Pendidikan Matematika Indonesia), 6(1), 28-34.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta.
DOI: http://dx.doi.org/10.26737/var.v4i2.2716
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.
Publisher:
Institute of Managing and Publishing of Scientific Journals, STKIP Singkawang
Address : STKIP Singkawang, Jalan STKIP - Kelurahan Naram, Singkawang, Kalimantan Barat, INDONESIA, 79251
No. Telp. : +62562 420 0344
No. Fax. : +62562 420 0584
VARIABEL
e-ISSN : 2599-3038
p-ISSN : 2599-302X
Editor in Chief Contact: [email protected] / [email protected] /Wa : +6285310307312
Publisher Contact: [email protected] / [email protected] / Wa: +6282142072788
Management Tools
VARIABEL IS INDEXED BY
Variabel is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.